4 Tips Sukses Berbisnis Sambil Kuliah

berbisnis sambil kuliah

Mungkin hanya sedikit dari banyak mahasiswa di Indonesia yang tertarik untuk menjalankan bisnis sambil kuliah. Hal tersebut terjadi mungkin dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya faktor waktu yang menurut mereka menjalankan bisnis sambil kuliah akan membuang banyak waktu dan membuat konsentrasi belajar terganggu.

Mindset seperti ini yang harus di perbaiki agar minat berwirausaha tumbuh selagi muda. Bukannya yang muda yang harusnya berkarya? Jadi sebenarnya tidak ada alasan untuk menunda menjalankan bisnis sambil kuliah bukan. Dan sebagai bukti, sudah banyak kog pebisnis yang sukses menjalankannya di bangku perkuliahan.

Mengutip sebuah artikel mengenai seorang pemuda bernama Qyuukun yang gemar memakai costum jepang serta yang berbau anime. Meski masih berapa di bangku kuliah, ia sukses berbisnis dengan menjual pernak-pernik cosplay. Bahkan hobinya terhadap kostum jepang ini membuahkan hasil hingga 5 sampai 7 juta perbulan.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk ragu berbisnis sambil kuliah. Agar upaya tersebut berjalan lancar, berikut telah kami rangkum tips sukses berbisnis sambil kuliah yang bisa rekan-rekan terapkan.

1. Membangun Mental Enterpreneur

Tips untuk memancing minat berbisnis Anda adalah dengan membangun mental pengusaha. Meskipun saat ini Anda masih duduk di bangku kuliah, tapi pemikiran dan minat untuk menjadi pengusaha sukses sudah harus tertanam dari sekarang.

Tidaklah heran, dewasa ini tingkat pengangguran sarjana semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini di karenakan mindset para mahasiswa yang hanya ingin mengejar gelar agar menjadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil atau ingin menjadi karyawan di perusahaan ternama. Hal ini yang harus dirubah terlebih dahulu.

Dengan membangun mental pengusaha, akan dengan mudah memancing minat berwirausaha. Mulailah dengan memperkaya pengetahuan dan kemampuan di bidang yang anda minati. Ini dilakukan untuk merangsang ide kreatif Anda keluar.

Artikel lain: Masa Kuliah Masa Terbaik Untuk Mulai Belajar Berbisnis

2. Tentukan Passion Bisnis Anda

Mulailah membangun usaha yang sesuai dengan hobi atau passion Anda. Jika Anda minat terhadap #fashion maka mulailah untuk menjual aksesoris fashion seperti baju, celana dan sebagainya. Jika masalahnya terbentur masalah modal, Anda bisa siasati dengan menjadi reseller atau dropshiper yang tidak memerlukan banyak modal.

Banyak sekali metode yang dapat Anda manfaatkan untuk tetap berbisnis walaupun terkendala modal. Contohnya yang sudah saya paparkan tadi dengan menjadi reseller atau dropshipper. Mulailah dengan mencari distributor yang membuka keagenan untuk #reseller atau dropshipper. Lalu seleksi dari banyaknya distributor mana yang sekirang potensial untuk dijalankan.




Pilihlah yang produknya sesuai dengan yang Anda minati dan yang Anda kuasi. Pertimbangkan hal-hal seperti sistem reseller/dropshippernya, komisi yang Anda dapatkan, produknya banyak diminati atau tidak, produknya bermanfaat atau tidak dan fasilitas apa saja yang anda dapatkan bila bergabung sebagai agen reseller atau dropshipper.

Artikel terkait: 4 Tips Suskes Menjadi Reseller Dropship, Cobalah!

3. Berbisnis Sambil Kuliah Butuh Time Management yang Baik

Setelah anda memutuskan untuk menjalankan sebuah bisnis, maka konsekuensinya adalah kehilangan waktu untuk bersantai atau bermain. Tentunya hal ini bukanlah masalah jika anda sudah serius ingin menjalankannya.

Aturlah waktu dengan bijak, jangan sampai mengganggu waktu belajar Anda atau aktifitas Anda sebagai mahasiswa. Khususnya bagi yang menjalankan bisnis berbasis online, salah satu alat yang dapat Anda manfaatkan agar waktu Anda lebih efisien adalah dengan memanfaatkan akun #media sosial. Cukup dengan memposting artikel terkait yang Anda jual beberapa jam sekali, setelah itu biarlah sistem yang mengerjakannaya.

Tapi harus diingat, dalam berpromosi lewat media sosial, akun anda harus mencerminkan seorang penjual buka sebagai diri anda. Sebenarnya bisa saja namun kurang efektif jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Di sela-sela waktu bersantai anda, buatlah materi-materi marketing yang akan Anda posting di berbagai akun media sosial milik anda. Tentunya kegiatan ini tidak akan menyita waktu Anda dengan banyak. Sebagai contoh yakni rutin mengupdate fitur Blackberry Messenger Anda. Rutin mengganti display picture atau mengganti status promosi agar aktifitas anda muncul di recent update kontak Anda dan pastikan untuk menyebarluaskan juga pin BBM Anda.

4. Memiliki Mental Pantang Menyerah

Setelah Anda berhasil memasuki dunia berisnis, maka mental pantang menyerah wajib Anda miliki dan terus Anda pelajari. Karena didalam berbisnis pastinya Anda akan mengalami tantangan demi tatangan, halangan yang mungkin baru Anda alami dan mental pantang menyerahlah yang mampu membawa Anda untuk mengejar impian Anda.

Ingatlah selalu tujuan utama Anda untuk berbisnis ketika Anda menemukan halangan yang membuat Anda putus asa. Jadikan alasan Anda berbisnis sebagai acuan untuk memotivasi diri agar selalu memiliki mental pantang menyerah.

Menjalankan dua kegiatan sekaligus memang bukan hal yang mudah. Tapi seiring berjalannya waktu dan kemauan Anda untuk sukses, pastilah hal ini akan lebih mudah untuk Anda lakukan. Penulis tidak bertanggung jawab jika Anda mengambil cuti panjang untuk berkonsentrasi di dalam berbisnis. Karena hal ini penulis alami sendiri ketika menjadi mahasiswa 1 tahun yang lalu.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Magang di Sebuah Startup

Kini saya telah berhasil lulus dari salah satu perguruan tingi di Bekasi dan sampai saat ini saya masih menjalankan kegiatan usaha yang saya rintis ketika duduk di bangku perkuliahan. Tidak saya pungkiri berbisnis ketika masih duduk di bangku perkuliahan memang mendatangkan keuntungan. Selain itu pengalaman yang banyak dan lingkungan sosial yang baik nyatanya juga memudahkan kita bersosialisasi guna meningkatkan image usaha kita.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Mental yang kuat akan membuat diri kita mamapu untuk menajalnkan berbagai macam tantangan , dan bisins salah satunya.. sangat menginpiratif artikelnya dan hal itu terjadi pada keseharian kita

  2. Dulu saat kuliah sangat ingin membangun usaha namun orang tua ingin anaknya jadi pegawai… alhamdulillah di akhir masa kuliah setuju jadi pengusaha.. dan sampai sekarang masih nyaman jadi pengusaha…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud