4 Tips Ringkas Membangun Komunitas Bisnis yang Solid Via Google Plus

Membangun-Komunitas-Bisnis

Tidak pernah ada kata rugi untuk membangun komunitas bisnis yang solid. Dengan membangun komunitas yang sesuai dengan profesi, minat atau hobi, maka kita berkesempatan untuk melakukan eksplorasi terhadap hal-hal baru yang belum kita ketahui.

Kini membangun komunitas tidak hanya bisa dilakukan dengan berkumpul bersama anggota komunitas. Karena kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunitas yang efektif. Salah satu media sosial yang paling tepat untuk membangun interaksi bersama anggota komunitas adalah Google Plus.

Lantas apa saja yang bisa kita lakukan dengan menggunakan Google Plus? Baca ulasan berikut ini.

1. Sharing Konten yang Diposting Orang Lain

Mulailah mengenali pemimpin maupun anggota komunitas. Biasanya setiap orang yang terlibat dalam komunitas memiliki caranya sendiri untuk membagikan suatu informasi baru. Hal yang tepat untuk dilakukan saat membangun komunitas di #Google Plus adalah membagikan konten bermanfaat yang di posting oleh pemimpin maupun anggota komunitas lainnya. Sehingga penyebaran informasi yang up to date bisa berjalan dengan lancar. Tidak akan ada anggota komunitas yang terlambat update informasi.

Cara melakukan share di Google+ juga sangat mudah. Kita tinggal menentukan siapa saja yang akan menjadi tujuan share kita, lalu tinggal mengklik tombol share di bagian bawah dialog box. Kemudahan membagikan informasi kini ada di genggaman tangan kita.

Artikel lain: Membangun Content Strategy yang Matang Via Google Plus

2. Fokus Terhadap Prospek yang Ingin Dicapai

Ketika kita mulai aktif membagikan beragam konten dan informasi melalui Google+, maka kita akan memperoleh beragam respon dan bisa mulai memahaminya. Ada pemimpin dan anggota komunitas yang memberikan respon positif, namun ada juga yang komunitas yang lebih pasif. Dari hal tersebut, kita bisa mulai mengenali pemimpin komunitas mana yang cocok diajak untuk berkolaborasi dan bekerjasama pada bidang tertentu.

Sebagai salah satu contoh, jika kita ingin memfokuskan diri pada penggunaan search result di Google+, maka komunitas yang memberikan respon positif terhadap pengembangan prospek tersebut tentu menjadi salah satu komunitas yang cocok diajak bekerjasama. Fokus tersebut akan mengarahkan kita pada sebuah kerjasama komunitas yang tepat. Kesamaan visi dan misi akan membawa pergerakan komunitas berkembang secara pesat.

3. Ciptakan Sistem Kolaborasi yang Praktis dan Interaktif

Setelah menemukan komunitas yang cocok untuk diajak berkolaborasi, kita bisa mulai menciptakan sistem kolaborasi yang praktis dan interaktif. Kumpulkan anggota komunitas yang akan diajak bekerjasama, misalnya tim copywriting, tim desain dan tim yang memegang kendali programming.

Salah satu cara efektif yang bisa dijalankan untuk menciptakan sistem kolaborasi yang tepat yaitu dengan memulai campaign (kampanye atau promosi di Google Plus). Selain itu, kita juga bisa mengajak rekan-rekan kita untuk mengikuti pelatihan dan training lainnya secara gratis.

Hal ini akan memberikan pengaruh yang positif bagi perkembangan dan kemajuan kolaborasi. Disamping itu, jangan lupa pula untuk ikut serta dalam pengujian baru yang dilakukan oleh rekan-rekan kita, misalnya pengujian versi beta untuk suatu proyek baru.




Baca juga: Meningkatkan Jumlah Pelanggan Bisnis Online Melalui Google Plus

4. Mengatur Pembagian Konten Dengan Seksama

Mencermati aturan pembagian konten juga harus dilakukan secara seksama supaya tidak ada miss communication antar anggota dalam komunitas. Komunitas yang berkolaborasi harus mampu mengatur sistem dokumentasi konten agar arsip-arsip konten bisa disimpan secara rapi.

Kemudahan mengakses dokumentasi konten akan memudahkan komunitas dalam melakukan proses evaluasi. Jadi, siapkan tim khusus untuk melakukan dokumentasi dan pendataan kegiatan secara rapi dan terperinci.

Jadi, kesimpulan yang bisa kita peroleh yaitu bahwa kita harus bersikap fleksibel dalam menggunakan Google+ untuk membangun komunitas. Komunitas yang solid dan interaktif bisa tercipta melalui hubungan yang baik melalui #media sosial. Jadikan Google+ sebagai salah satu media sosial yang tepat untuk mengembangkan komunitas. Mulailah membuka diri untuk berkembang secara positif bersama komunitas yang modern dan solid.




5 total comments on this postSubmit yours
  1. Setuju Mas, Google plus memamng mantab

  2. Kalo menurut saya pribadi membangun komunitas di google plus sama saja seperti membangun sebuah blog,, tentukan niche dulu lalu posting semua hal yang berkaitan dengan niche yang dipilih secara berkala…,, beberapa kali ajukan pertanyaan , atau buat headline dengan kalimat tanya agar intereaktiv dengan followe

  3. Setuju, sepertinya komunitas google + memang oke. Saya ada satu sekarang, semoga makin cepat bertambah jumlah anggotanya

  4. Setuju pak ! Dengan membangun komunitas bisnis kita bisa saling menguntungkan satu sama lain ibarat simbiosis mutualisme. Apakah komunitas bisa dikategorikan sebagai komunitas bisnis ?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud