4 Tips Meraih Lebih Banyak Pelanggan Bisnis Dari Facebook

4 Tips Meraih Lebih Banyak Pelanggan Bisnis Dari Facebook

Image dari Ineffable-words.com
Image dari Ineffable-words.com

Media sosial Facebook saat ini memang tidak hanya digunakan untuk sarana curhat atau ajang pamer dan eksistensi. Jejaring sosial kreasi Mark Zuckerberg ini kini telah banyak digunakan oleh para pebisnis untuk kegiatan #promosi hingga menciptakan peningkatan penjualan ataupun upaya branding.

Dalam dunia bisnis, ukuran atau tanda yang menjadikan kegiatan promosi dan peningkatan penjualan atau branding ini sukses adalah jumlah pelanggan yang datang. Ya, pelanggan atau orang yang akan membeli produk kita akan menjadi bukti bahwa kegiatan promosi Anda berhasil. Namun sayangnya masih banyak pengusaha yang belum mengetahui hal-hal yang bisa dilakukan untuk bisa meraih lebih banyak pelanggan bisnis dari Facebook.

Padahal penguasaan untuk mendapatkan pelanggan adalah hal yang mutlak diketahui dan dimiliki oleh pebisnis untuk membuat strategi marketingnya berjalan dengan sukses. Untuk Anda yang belum mengetahui cara-cara meraih pelanggan lewat promosi Facebok, berikut ini kita sampaikan hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

1. Optimalkan Halaman Facebook

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meraih pelanggan di Facebook adalah dengan mengoptimalkan halaman Facebook. Untuk mengoptimalkan halaman Facebook ini Anda bisa memulai dari foto cover. Foto cover yang memiliki tampilan gambar yang lebih besar memang akan mendapat perhatian yang lebih dari komponen halaman Facebook lainnya.

Foto cover yang juga menjadi titik poin pertama dari pengunjung ini haruslah dibuat menarik untuk bisa meraih pelanggan. Cara untuk membuat foto cover yang menarik adalah dengan memasukkan tagline pada foto yang menyatakan keuntungan utama bagi para pengunjung yang mau mengklik like atau suka pada halaman Facebook kita.

Artikel lain: 5 Update Fitur Video Facebook Ini Dapat Membantu Upaya Pemasaran Online Bisnis Anda

Selain foto cover, hal berikutnya yang harus dioptimalkan dari halaman Facebook adalah menu “About” atau “Tentang”. Di menu ini, Anda harus menuliskan profil perushaan atau bisnis kita dengan menarik. Jangan lupa untuk menambahkan kata kunci dalam menu ini agar bisa di indeks oleh #Google. Untuk memperkuat tampilan menu about ini Anda bisa memasukkan link ke halaman website tertentu yang ingin ditampilkan atau juga menambahkan beberapa testimonial dari pelanggan.

2. Miliki Strategi Konten

Setelah selesai dengan halaman Facebook, maka langkah berikutnya untuk meraih pelanggan adalah dengan memiliki strategi konten. Namanya juga #media sosial, pasti Anda tak akan lepas dari kegiatan posting. Namun untuk Anda seorang pebisnis, Anda tak bisa sembarangan dalam melakukan postingan. Konten yang akan Anda share pun haruslah menarik dan sesuai dengan tujuan kita dalam menarik pelanggan.

Untuk itu cobalah untuk membuat beberapa variasi post, seperti tentang berita bisnis, tips, foto, links, dan juga lelucon. Kebanyakan orang memang menggunakan Facebook untuk bersosialisasi dan bersenang-senang. Jadi, kita sebagai pebisnis juga harus siap sedia juga dengan konten-konten postingan yang lucu tentang niche bisnis kita.

Dengan adanya konten yang bervariasi ini maka Anda bisa mendapatkan lebih banyak komentar, like, dan share hingga akhirnya mendatangkan pelanggan. Terakhir, hal yang perlu diperhatikan dalam mengoptimalkan konten adalah dengan membuat strategi intensitas posting. Jangan sampai Anda terlalu lama tidak melakukan postingan, usahakan dalam kurun waktu satu hari minimal ada 2 post yang ditampilkan untuk meningkatkan visibilitas.

3. Berinteraksi dengan Halaman Lain

Meskipun Anda memiliki fokus meningkatkan pelanggan lewat akun #Facebook Anda, namun mencapainya Anda tidak bisa kemudian acuh tak acuh pada akun lainnya. Bahkan untuk bisa mencapai target Anda meraih simpati pelanggan, Anda memang diharuskan terus terhubung dan berinteraksi dengan halaman Facebook lainnya.

Jangan ragu untuk memberikan like atau suka dan komentar yang baik pada  halaman Facebook lain menggunakan akun halaman Facebook kita. Dengan kita berinteraksi dengan mereka, maka kita akan memperbesar visibiltas kita dan berpeluang untuk mendapatkan timbal balik yang sama dan bahkan lebih besar.

Baca juga: Cara Ampuh Meningkatkan Bisnis Online via Facebook (Bagi Yang Bermodal Besar)

4. Gunakan Profil Pribadi Jika Memungkinkan

Terakhir, cara untuk bisa meraih pelanggan di Facebook adalah dengan menggunakan profil pribadi Anda jika memang memungkinkan. Perusahaan atau bisnis memang akan mencerminkan pemiliknya dalam hal ini adalah kita sendiri. Jadi jangan ragu untuk menggunakan profil kita untuk keperluan marketing di Facebook ini.

Dengan memakai identitas dan cara berkomunikasi dari diri kita sendiri maka orang mungkin akan terhubung dengan kita secara pribadi. Anda bisa menggunakan cara ini dengan membuat tombol follow dan membuat Facebook list untuk membantu mengelola privasi dengan profil pribadi. Dengan hal ini profil pribadi Anda akan lebih terlihat pada timeline orang daripada halaman bisnis kita dan pelanggan pun akan segera Anda raih.

3 KOMENTAR

  1. saya sudah mencoba trik ini,, tapi entah mengapa kog masih gak maximal ya gan

  2. thank gan atas ilmunya,,, sering ane lakuin gan,,, tapi kenyataan dalam facebook banyak yang nanya2 melulu gan,,,, lama dal hal deal2 an order gan,,, trus di samping itu banyak juga penipu online berkedok facebook

  3. Strategi yang brilian nih mas, Saya sih nggak berbisnis lewat facebook namun jika nanti mencoba rasanya trik ini cocok banget.

    O iya, maaf agak di luar konteks nih. Sekarang kan 95% Pengguna FB membuka situs lewat aplikasi digital android, bkn di browser, jadi ketika kita share ke FB jelas pengguna FB harus beralih ke browser untuk bisa melihat link yang kita share dan kebanyakan tidak dilakukan karena lebih betah di FB.

    Adakah trik khusus untuk mengatasinya selain memosting konten yang mengndung link ini, biar bisa di klik gitu deh?

    Makasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan