4 Tips Menulis Copywriting Untuk Media Periklanan Online

copywriting

Dalam dunia blogger profesional, copywriting merupakan sebuah cara andalan untuk mendapatkan kerjasama atau project afiliasi dengan pihak lain. Namun sayangnya belum semua blogger mengetahui teknik menulis copywriting ini.

Padahal dengan mengaplikasikan jurus copywriting, seorang blogger akan mampu mempengaruhi pembaca melalui tulisannya serta dapat mencuri perhatian advertiser sehingga memperoleh penghasilan lebih. Mengingat pentingnya gaya menulis copywriting ini bagi blogger sejati, maka mereka harus benar-benar mengetahui makna dan teknik penulisan copywriting ini dengan baik dan benar.




Teknik copywriting yang kini juga telah memasuki dunia digital dan online seperti blog dan website merupakan sebuah hal yang wajar karena perkembangan #internet dan teknologi yang semakin pesat. Maka karena pentingnya teknik menulis copywriting saat ini, para blogger harusnya mengerti akan hal ini untuk kemudian mempelajarinya dan menerapkannya pada tulisannya.

Berikut beberapa tips penting dari teknik copywriting yang bisa Anda pelajari dan terapkan untuk kegiatan #blogging sehari-sehari.

Artikel lain: 5 Konsep Judul Artikel Blog Yang Mampu Menarik Perhatian Pembaca

  1. Perhatikan Kualitas Konten

Tips pertama yang perlu diperhatikan dalam menulis copywriting adalah kualitas konten. Kualitas konten dalam tulisan iklan ini bisa berupa gaya bahasa penulisan, gambar pendukung, dan layout artikel. Dalam menulis teknik copywriting, Anda harus mampu menyesuaikan gaya bahasa Anda dengan segmentasi atau target pembaca yang disasar.

Jangan sampai menggunakan kata-kata gaul untuk menulis produk atau jasa untuk orangtua atau sebaliknya menggunakan kata-kata terlalu baku untuk sebuah produk anak muda. Gambar atau video pendukung dalam penulisan copywriting juga harus dibuat menarik agar pembaca tertarik dan tidak merasa bosan saat membaca. Sedangkan layout konten dalam teknik menulis copywriting ini meliputi pemilihan font, ukuran, spacing serta format tulisan tersebut.

  1. Kuasai Materi Produk atau Jasa

Materi merupakan hal utama yang bisa membuat teknik menulis copywriting Anda menjadi berkualitas. Maka dari itu sebelum Anda benar-benar menulis, maka terlebih dahulu Anda harus menguasai materi produk atau jasa yang akan diiklankan tersebut. Mustahil seorang blogger dapat menulis teknik copywriting dengan baik tanpa menguasai materi.

Penguasaan materi ini seperti layaknya guru mempersiapkan mengajarnya atau seorang siswa belajar menghadapi ujiannya. Keduanya membutuhkan penguasaan materi yang baik guna mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk para blogger, penguasaan materi akan lebih baik lagi jika mereka juga memperbanyak membaca referensi seperti buku, majalah, jurnal ilmiah dan karya tulis lainnya.

  1. Pelajari Psikologis Pembaca

Kenapa menulis copywriting harus juga mempelajari psikologis pembaca? Karena dengan hal ini, Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan konversi atau peminat. Memang tidak mudah untuk membuat tulisan yang sesuai dengan psikologis pembaca, namun dengan latihan terus-menerus dan meninggalkan ego pribadi akan mengasah Anda untuk masuk dunia psikologi pembaca.

Tulisan yang melibatkan psikologi pembaca memang teknik yang sulit karena para blogger dituntut untuk membuat tulisan iklan namun tidak nampak seperti beriklan ketika dibaca visitor. Namun sekali lagi, dengan kesungguhan dan latihan yang kontinyu maka menulis dengan melibatkan psikologis pembaca akan mampu kita lakukan dengan baik dan lancar.

Baca juga: Malas Nge-blog? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya

  1. Menulislah Dengan Jujur

Tips terakhir dalam menulis copywriting yang tidak bisa dipandang sebelah mata adalah kejujuran dalam menuliskan deskripsi produk atau jasa. Ini adalah tantangan terbesar yang biasanya dihadapi para blogger yang menulis konten untuk iklan. Bagaimana tidak tuntutan untuk bisa mengasilkan konversi dari pihak advertiser mungkin akan membebani Anda untuk melebih-lebihkan produk atau jasa yang Anda akan tulis.

Namun jangan khawatir, banyak jalan menuju Roma untuk mengatasi hal ini. Anda bisa melakukan pembicaran terlebih dahulu tentang prinsip ini kepada pihak advertiser yang memang merupakan hak Anda.

Selain itu jalan lain juga bisa Anda tempuh dengan memainkan kata-kata persuasif (mengajak/mempengaruhi) yang hebat tanpa Anda harus berbohong. Ingat, kata-kata yang menghasilkan kalimat bisa kita olah dengan seksama dengan makna yang sama untuk meningkatkan kualitas tulisan. Inilah yang seringkali dilakukan oleh para copywriter di perusahaan-perusahaan besar.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Ya ampun Mas, makasi banget ya tulisannya. Gara-gara fokus ama poin no. 2, 3 dan 4 saya jadi melupakan poin 1. Mungkin ini salah satu alasannya website saya susah dapat pengunjung karena bahasanya terlalu formal, huhuhu.

  2. saya baru belajar untuk copywriting iklan,saya punya produk aplikasi menurut anda apa yang bisa saya keemukakan di copywriting saya

  3. Pertama belajar copywriter, saya menggunakan teknik penulisan AIDA. Itu juga karena tugas kuliah. Adakah teknik copywriting yang mudah dipelajari untuk pemula seperti saya? Terima kasih

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud