4 Tips Menjadikan Hobi Jadi Bisnis Yang Sukses

Hobi-Jadi-Bisnis-Yang-Sukses

Memilki sebuah bisnis yang sukses memang sangat menyenangkan. Apalagi jika bisnis itu berasal dari #hobi atau kegemaran kita. Banyak pakar memang menganjurkan orang-orang yang akan terjun ke bisnis untuk memilih bisnis dari apa yang kita suka (hobi). Memang ada apa dibalik bisnis berlatar belakang hobi ini? Menurut beberapa pebisnis, bisnis yang memiliki dasar hobi ini, akan membuat para pelakunya akan melakukan segala aktivitas bisnisnya dengan rasa senang dan segenap hati.

Maka karena bisnis ini dilakukan dengan totalitas dan rasa gembira maka bisnis ini memiliki kelebihan dalam mencapai keuntungan yang besar dengan waktu singkat. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena dengan kesenangan, seringkali pembeli sehobi yang datang tidak lagi sungkan untuk mengeluarkan uangnya dengan jor-joran.

Mereka pembeli yang memiliki hobi yang sama ini akan menilai benda dengan perasaan dan tidak lagi dengan pemikirna harga rasional. Hal ini sering terjadi pada beberapa bisnis misalnya pada bisnis barang antik yang pembelinya rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk memenuhi keinginannya. Dan hal ini umumnya juga terjadi pada bisnis-bisnis lain yang berlatar belakang hobi atau kesenangan. Namun untuk menjadikan hobi sebagai bisnis sukses yang menguntungkan Anda tak bisa sembarang dalam menjalankannya.

Lalu bagaimana menjalankan hobi untuk jadi bisnis yang sukses? Berikut ada 4 Tips yang bisa Anda coba untuk membuat hobi jadi bisnis yang sukses.

Artikel lain: Fotografi ~ Hobi Yang Bisa Jadi Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

1. Buat Batasan Yang Jelas

Tips pertama adalah buatlah batasan yang jelas. Seringkali yang terjadi pada para pebisnis berlatar belakang hobi di lapangan ini adalah mereka tidak membuat batasan yang jelas antara hobi dan bisnis. Mungkin karena saking senangnya menjalankan aktivitasnya, mereka sering lupa kalau mereka juga sedang menjalankan bisnis.

Maka mereka banyak terlihat tidak ingat bahwa mereka harus professional. Akibatnya beberapa hal seperti perencanaan strategi usaha dan juga pembukuan seringkali terlupakan. Maka untuk itu Anda yang akan membuat hobi Anda sebagai bisnis harus selalu ingat batasan antara hobi dan bisnis yang sedang Anda kerjakan.

2. Terima Saran Dan Kritik

Tips kedua yang harus dilakukan untuk menjadikan hobi sebagai bisnis sukses adalah menerima kritik dan saran. Yang juga sering terjadi pada pebisnis berlatar belakang hobi ini mereka kurang bisa menerima saran dan kritik dari luar diri mereka.

Karena bergerak dari kegemaran yang sudah melekat lama pada dirinya, pebisnis ini menganggap dirinya sudah jago dan ahli. Padahal pada bisnis, para pelaku bisnis harus selalu rendah hati dan menerima masukan dari siapapun, terutama dari konsumen agar bisnisnya terus berkualitas dan lebih baik lagi.

3. Luangkan Waktu Lebih Banyak

Tips berikutnya adalah luangkan waktu Anda lebih banyak untuk hobi anda tersebut. Karena kebanyakan hobi sebelum dijalankan sebagai bisnis dilakukan hanya diwaktu senggang atau luang yang berdampak kurang fokus dengan hasil yang setengah-setengah.

Maka saat hobi dijadikan bisnis Anda harus total menjadikan hobi ini sebgai kegiatan utama Anda. Dengan porsi waktu yang lebih besar, maka anda bisa lebih fokus dan menghasilkan sesuatu yang besar dan tidak lagi setengah-setengah.




Baca juga: 6 Buku Bisnis Yang Layak Anda Baca Untuk Jadi Pengusaha Sukses

4. Jangan Cepat Berpuas Diri

Tips keempat adalah jangan cepat berpuas diri. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa para pebisnis yang berawal dari hobi ini umumnya memang mendapat untung besar dengan cepat. Efeknya mereka seringkali merasa sudah nyaman dan puas atas pencapaiannya saat itu.

Namun sebenarnya jika mereka mau berusaha lagi, mereka masih bisa naik level yang jauh lebih tinggi. Dan yang juga harus diingat adalah saat bisnis Anda sudah dikenal dan sukses, maka mau tidak mau bisnis Anda akan mendapatkan pesaing yang juga akan mengkikuti jejak Anda. Ini tentu seharusnya membuat Anda terus berusaha dan bekerja keras untuk terus menjadi yang terbaik.

Anda tentu tidak mau para pelanggan setia Anda kemudian berpaling pada pesaing karena produk atau layanan bisnis Anda yang stagnan? Ingat teori air yang diam yang akan menjadi buruk jika air itu tetap diam dan tak bergerak. Hal ini sama dengan bisnis. Jika bisnis Anda stagnan dan tidak bergerak maka bersiplah untuk menerima kemungkinan yang buruk.

Ini berlaku untuk semua jenis  bisnis, termasuk bisnis yang berlatarbelakang hobi. Maka dari itu Anda tidak boleh cepat berpuas diri. Anda harus terus bergerak agar hobi menjadi bisnis yang bertumbuh dan berjaya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Di bisnis BO sering sekali tidak lama bertahan….apa yang sesungguhnya terjadi ???
    Admin.Pounder Onwer,Leader bisakah jujur ???

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud