4 Tips ini Ampuh Agar Toko Online Anda Terlindungi Dari Serangan Hacker

serangan hacking toko online

Image dari Thehackernews.com

Dalam dunia #bisnis online memiliki sebuah website toko online memang sebuah keharusan. Karena nantinya itu akan menjadikan tempat dimana seorang pebisnis melakukan segala aktifitas penjualannya disana. Mungkin bagi sebagian orang yang baru merintis usaha bisnis online berfikir tidak terlalu mementingkan untuk memikirkan hal tersebut. Tapi jika dihadapkan kepada pelaku bisnis yang mulai mengalami perkembangan pesat pasti semua itu menu wajib yang harus ada untuk mendukung kemajuan usahanya. Disisi lain hal yang paling mendasar sebuah keharusan tersebut telah meningkatnya pengguna internet saat ini.

Karena ranah online sangat mudah di jangkau dan dilakukan untuk berbagai kalangan. Namun kemudahan dan kenyamanan ini pula yang memberikan kesempatan bagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab  untuk memberikan kita rasa was-was dan takut akan hal yang tidak di inginkan terjadi terhadap toko onlinenya. Contohnya saja mulai dari kehilangan data-data penting pelanggan anda bahkan hal yang lebih parah lagi ialah tidak bisa mengakses #toko online anda karena pihak yang tidak bertanggung jawab tadi.

Bahaya Serangan Hacker Pada Toko Online

Begitu pentingnya menjaga hal-hal yang menyangkut dengan pelanggan anda. Bayangkan saja jika itu semua terjadi terhadap anda misalnya kehilangan data pelanggan. Terus konsumen komplain kepada anda karena berasa telah menyelesaikan segala bentuk pembayaran yang tertera. Tapi disisi lain anda tidak mau gegabah dalam mengambil sebuah keputusan yang mungkin akan berdampak buruk bagi kemajuan bisnis anda. Hal seperti inilah yang membuat hubungan anda dan pelanggan tidak harmonis lagi, atau mungkin lebih buruknya lagi akan kehilangan para calon pelanggan anda.

Artikel lain: Gunakan Sertifikat SSL Pada Toko Online/ Blog Untuk Menambah Trust

Untuk mencegah dan meminimalisir kejadian tersebut pada kesempatan kali ini akan dibahas secara rinci 4 tips ampuh agar toko online anda terhindar dari serangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.




1. Selalu Lakukan Update

Hal ini mungkin bagi anda terlihat kecil tapi dampak yang ditimbulkan sangat besar. Lakukanlah update pada toko online anda, meskipun tidak setiap saat tapi setidaknya jangan dibiarkan begitu saja. Ibaratkan saja sebuah tempat yang tidak terawat dan dibiarkan terbengkalai begitu saja pasti lama kelamaan pasti akan usang dan kotor.

Nah sama halnya toko online yang anda miliki kalau bukan kita yang merawat dan menjaganya maka sama siapa lagi. Karena dengan melakukan update pula kita bisa terhindar dari ancaman Hacking. Update juga bergantung pada kebutuhan dan pembaruan yang diberikan oleh platform yang kita gunakan. Misalnya saja WordPress biasanya terdapat komponen dan fitur untuk melindungi dari serangan hacker yang menggunakan sistem belum terupdate.

2. Tambahkan Kekuatan pada Kontrol Akses

Dengan melakukan cara ini yaitu meningkatkan kontrol akses admin di toko online kita adalah hal tepat untuk menghindarkan dari serangan hacker. Menggunakan nama pengguna dan sandi yang tidak mudah ditebak. Dan melakukan perubahan pada database dari yang biasanya prefix standar WP6 ke sesuatu yang sulit untuk ditebak.

Juga yang paling penting adalah usahakan batasi jumlah login dalam waktu-waktu tertentu. Setiap anda dan pelanggan yang mengunjungi toko online melakukan login ketika telah selesai melakukan aktifitas berbelanja online seketika itu lakukan reset password. Karena jika tidak kemungkinan besar data seperti nama dan sandi akan masih tersimpan jika tidak dilakukan reset atau penyegaran kembali.

Jangan pernah anda coba-coba menyimpan data penting atau rincian login pada bagian yang rentan di terobos oleh hacker. Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab pasti memanfaatkan peluang sekecil apapun.




3. Update Segala yang Berhubungan Dengan Toko Online Anda

Jika toko online yang anda miliki sudah berkembang pesat dan menjadi lebih besar pastinya akan mengupadate hal-hal kecil sekalipun. Pemilik toko online biasanya melakukan update keseluruhan apabila benar diperlukan. Namun tidak sedikit pula orang yang memiliki toko online tidak pernah melakukan update. Kondisi seperti inilah yang biasanya langsung dimanfaatkan seorang hacker untuk mengambil keuntungan dari apa yang anda punya.

Dalam situasi seperti ini pula biasanya seorang hacker hanya memerlukan waktu satu jam untuk dapat memindai ribuan #website baik itu difungsikan sebagai toko online atau bahkan yang lainnya. Ketika satu hacker bisa masuk ke sistem anda maka ratusan hacker sudah mengetahuinya.

Baca juga: Inilah 6 Keuntungan Memiliki Website Toko Online Sendiri

4. Gunakan Aplikasi Keamanan

Cara seperti ini jangan sampai anda lupakan meskipun belum pernah memakainya tapi hal ini pula dapat menghindarkan toko online anda dari serangan hacker. Ada beberapa aplikasi gratis dan berbayar yang bisa digunakan untuk menjaga keamanan dari serangan hacker. Pada kenyataannya, bahkan beberapa plugin gratis seperti Acunetix WP Security dapat memberikan perlindungan tambahan pada website toko online anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud