4 Tanda Anda Sedang Jenuh Blogging, Apakah Anda Mengalaminya?

4-Tanda-Anda-Sedang-Jenuh-Blogging

Ilustrasi dari Google Image

Ngeblog atau menjalankan aktivitas blogging memang tengah menjadi tren yang digemari oleh banyak masyarakat Indonesia. Dengan berbagai motif dan tujuan, para blogger (sebutan untuk para pelaku blogging) menjalankan kegiatan manajemen blog ini dengan tekun. Bahkan saking seriusnya, para blogger ini tak jarang melupakan waktu dan agenda penting lainnya.

Namun blogger juga seorang manusia, tentunya di saat tertentu akan mengalami kondisi jenuh, sesuka apapun mereka pada aktivitas blogging ini. Rasa jenuh ini bisa disebabkan karena rentang waktu yang cukup lama berada di depan layar ataupun karena sudah terlalu lama melakukan kegiatan yang sama.

Pentingnya Mengetahui Tanda Sudah Jenuh Ngeblog

Nah, saat seorang blogger sudah merasa jenuh dengan aktivitas blogging, maka sebaiknya mereka berhenti sementara waktu untuk istirahat atau melakukan penyegaran (refreshing). Sayangnya, tidak semua blogger menyadari bahwa dirinya sedang jenuh dan akhirnya terus memaksakan diri untuk ngeblog.




Saat blogger memaksakan diri untuk terus ngeblog dalam kondisi jenuh, maka hal ini akan berdampak pada kualitas tulisan yang menurun. Dan bila kualitas tulisan menurun maka sangat mungkin terjadi penurunan jumlah pengunjung atau visitor blog secara berangsur-angsur. Untuk itulah sebenarnya sangat disarankan kepada blogger bila sudah mengalami kejenuhan ngeblog agar beristirahat sejenak atau refreshing. Hal ini dilakukan supaya pikiran dan tubuh kembali fresh dan bertenaga lagi.

Tapi apa saja tanda kalau blogger dalam keadaan jenuh? Berikut tanda-tandanya.

Artikel lain: Benarkah Blogger Jomblo Lebih Berpeluang Memiliki Blog Sukses?

1. Mengalami Kebuntuan Ide

Tanda pertama bahwa blogger dalam kondisi jenuh adalah mengalami kebuntuan ide. Setelah beberapa hari menulis artikel untuk blog bisa jadi tiba-tiba blogger mengalami kebuntuan ide untuk menulis artikel. Nah, saat Anda mengalami hal ini, maka bisa jadi Anda sebenarnya dalam keadaan jenuh. Memang bukan berarti terjadinya kebuntuan ide disebabkan sepenuhnya oleh faktor kejenuhan saja. Sebab mencari ide untuk tulisan blog sendiri memang bukanlah perkara yang mudah.

Seringkali meski kita sudah istirahat dan refreshing kita juga belum bisa menemukan ide untuk tulisan blog. Namun, dalam hal kebuntuan ide bukan berarti lantas tanda-tanda kejenuhan ngeblog ini bisa diacuhkan. Karena ketika blogger merasa jenuh, maka mereka umumnya akan sangat kesulitan untuk mendapatkan ide menulis untuk artikel blognya.

2. Sangat Sering Menulis Typo

Berikutnya, tanda bahwa sebenarnya blogger sudah dalam keadaan jenuh ngeblog adalah seringnya ia salah tulis (typo). Memang saat menulis artikel kita kadangkala tak bisa menghindari dari yang namanya typo. Menulis menggunakan keyboard memang bisa saja dan wajar bila ada salah ketik, tapi bagaimana bila kemudian kesalahan menulis ini sering terjadi dalam satu artikel? Tentu saja hal ini tidaklah wajar lagi. Ya, bila terjadi banyak kesalahan pengetikan maka biasanya hal ini terjadi karena suatu sebab yang salah satunya yaitu karena rasa jenuh.

Ya, saat pikiran sudah jenuh dengan aktivitas ngeblog umumnya blogger mengalami penurunan konsentrasi menulis dan juga menjadi kurang memperhatikan kata-kata yang diketik nya. Alhasil, tulisan yang berupa kata dan kalimat terlihat banyak terjadi kesalahan. Misalnya saat ingin mengetik kata “Sukses” malah mengetik “Suskes” berkali-kali.

3. Kesulitan Dalam Merangkai Kata

Anda merasa sulit untuk merangkai kata demi kata menjadi sebuah kalimat? Waspada, bisa jadi Anda sedang terkena kejenuhan dalam ngeblog. Pikiran yang jenuh dalam aktivitas apapun termasuk ngeblog bisa mengakibatkan kita kesulitan mengerjakan sebuah kegiatan, termasuk juga merangkai kata.

Namun, berapa waktu lama merangkai kata yang bisa dikatakan bahwa blogger sedang jenuh? Tentu saja hal ini kembali pada masing-masing blogger. Intinya jika Anda menulis artikel jauh lebih lama dari pada biasanya maka hal ini sudah bisa dijadikan pertanda bahwa Anda sedang dalam keadaan jenuh ngeblog. Segera hentikan dulu menulis, segarkan pikiran dengan cara refreshing melakukan hal lain yang Anda sukai.

Baca juga: Blogger Copy Paste Kenapa Masih Ada? Ternyata Inilah Penyebabnya

4. Tidak Bisa Konsentrasi Dalam Menulis

Terakhir, tanda bahwa sebenarnya seorang blogger sudah dalam keadaan jenuh ngeblog adalah ketika dia sulit fokus atau tidak bisa berkonsentrasi saat menulis. Saat Anda mengalami ini maka sebaiknya jangan memaksakan diri untuk terus membuat konten karena hasilnya tidak akan bagus.

Berusahalah untuk memahami diri Anda dan lakukan analisis terhadap kualitas konten ketika Anda sedang menulis artikel. Semakin baik kemampuan konsentrasi Anda dengan dukungan lingkungan yang tanpa gangguan, maka semakin baik juga kondisi pikiran Anda sehingga mampu memproduksi konten yang berkualitas. Sebaliknya, semakin banyak gangguan yang menghampiri Anda ketika menulis konten untuk blog, maka itu bisa membuat Anda semakin terbenam dalam keadaan jenuh dan stress.

Jadi bagaimana, apakah saat ini Anda butuh refreshing?



45 total comments on this postSubmit yours
  1. iya mas bener mas apalagi traffic gak naik-naik tambah buat males. dan saya ngerasa sediri sih, bahwa saya masi meraba-raba ilmu seo, pengen belajar face to face, ke pakarnya biar bisa belajar dengan sungguh-sungguh

  2. Klw ane sih paksain aja demi target :D semangat!

  3. jujur saat ini saya merasa sangat jenuh, itu karena pengunjung saya yang kemarin di atas 500 tiba-tiba turun jadi 100. padahal artikel buat sendiri dah mencapai lebih dari 100.. jenuh sekali saya merasa gagal :(

  4. Wahh. saya lagi ngalamin 4 tanda diatas :(

  5. Wah 4 tanda ini berarti harus diantisipasi, jangan sampe ketemu 4 tanda ini.

    Tapi memang kadang suka buntu ide, akhirnya harus bertapa dulu untuk nemu ide menulis

  6. untuk saya sendiri apa yang dutulis diatas ada benarnya. dalam satu keadaan saya mengalami yang namanya kesulitan menuangkan gagasan ke dalam bentuk tulisan. dan pada tahap inilah saya tidak semangat lagi untuk ngeblog.

    Thanks artikel yang sangat bermanfaat

  7. ini yang sering a alami..susah konsent..kurang piknik..

  8. Biasanya waktu lagi nulis sih semangat, setelah lihat dashboard adsense langsung lemes hahahahahaha……tapi tetep semangat aja. Jangan jadikan ngeblog kebutuhan untuk cari uang, tapi jadi hobby aja. Masalah dapat uang apa gak itu jadi bonus aja.

    • Sama seperti bisnis yang lain, harus dikerjakan dengan serius dan butuh waktu. Tapi pada saatnya nanti pasti akan terasa menyenangkan :)

  9. iya mas bener mas apalagi traffic gak naik2 tambha buat males..

  10. Haha, bener sekali Mas.. Kalau saya pas ngalami itu, biasanya mengalihkan ke kegiatan lain dulu.. Biar refresh kali ya.. Thanks Mas.

  11. Hahaha. bener sekali, Mas. Biasanya kalau saya sedang ngalami itu saya alihkan ke kegiatan lain dulu.. biar refresh kali ya. Thanks Mas.

  12. Kalo saya efek ditolak adsense :D

  13. Oalah…gitu ta mas tanda tanda orang yang jenuh blogging…bisa jadi patokan mas …

  14. Ane sih kebanyakan tuh kena pada poin pertama, sering buntu ide buat postingan apalagi sekarang ini juga sedang persiapan ujian kampus :D

  15. Bener gan ke 4 faktor di atas. kadang kita pas menulis, di hapus lagi udah panjang-panjang. kayaknya harus refreshing dulu gan. biar bisa nulis plus dapat ide yang lebih fress.

  16. saya juga ngerasa jenuh gan kadang kadang, tapi saya tetep berusaha dan membiasakan diri supaya lebih terbiasa dan menjadikan blogging sebagai hobi

  17. bener banget mas , memang akhir akhir ini saya sudah mulai merasa jenuh menulis artikel di blog saya sebab tidak punya ide mau nulis artikel apa , dan kayaknya saya juga butuh refresing karena lelah kerja lalu ngeblog

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud