4 Media Sosial Untuk Grup Band dan Para Musisi

4-Media-Sosial-Untuk-Grup-Band-dan-Para-MusisiAnda seorang musisi atau memiliki grup band? Mengapa tidak mempromosikan grup band Anda via internet? Tidak seperti jaman dahulu dimana banyak grup band dan musisi harus berjuang secara langsung untuk mempromosikan diri maupun mempromosikan karya-karya mereka, kali ini Anda cukup memanfaatkan internet untuk memperkenalkan karya lagu ke khalayak ramai.

Melalui berbagai layanan #media sosial di internet Anda bisa menampilkan profile band dan musisi solo, kemudian menginformasikan apa saja karya lagu serta instrumen yang sudah dibuat. Cara ini sudah dimanfaatkan oleh jutaan grup band dan musisi di seluruh dunia. Jadi apa salahnya jika Anda juga mencoba merambah ke dunia maya untuk mempromosikan lagu-lagu yang Anda ciptakan.

Berikut ini adalah beberapa jejaring sosial internet yang cocok untuk grup band maupun para musisi solo:

Artikel lain: 5 Tren media sosial yang harus diketahui para pebisnis online

1. MySpace (Myspace.com)

MySpace mungkin tidak begitu populer di Indonesia, karena Facebook dan Twitter lebih mendominasi. Namun percayalah bahwa jejaring sosial ini sangat ‘ramah’ bagi para grup band dan musisi. Ini merupakan jejaring sosial yang berkantor pusat di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Dalam MySpace Anda dapat membuat profile dengan dua fasilitas standar “blurbs”, yaitu bagian “About Me” serta “Who I’d Like to Meet”.

Memang MySpace tidak selalu untuk digunakan para musisi, sehingga ada dua pilihan jenis profile yakni profile normal dan profile music. Pada profil music penggunanya bisa memungkinkan untuk meng-upload seluruh diskografi yang termasuk dari berbagai lagu-lagu karya sendiri berformat MP3. Nantinya musisi pemilik akun MySpace akan dapat berintegrasi dengan sesama musisi yang juga memiliki akun. Sebagai tambahan, MySpace juga memperbolehkan pengguna untuk menyesuaikan halaman profil sendiri dengan memasukkan kode-kode HTML.




2. ReverbNation (Reverbnation.com)

Menyusul kesuksesan MySpace, kali ini ada salah satu tandingannya yang bernama ReverbNation. Ini adalah situs web sekaligus jejaring sosial yang hanya berfokus pada industri musik independen meski banyak pula musisi-musisi non indie ikut tergabung di dalamnya. Dalam ReverbNation hampir sebagian besar akun adalah grup band maupun musisi indie label. Dalam halaman utama ada fitur bernama Top Artist yang menampilkan 10 seniman musik terbaik.

Dalam setiap akun dan profile band, pemiliknya diberikan fasilitas untuk mengunggah dan menampilkan lagu-lagu mereka dalam format MP3. Setiap lagu juga diberikan fitur untuk share ke jejaring sosial lain seperti Twitter, Facebook dan E-mail. Terdapat pula fitur Ekuitas Band yang berfungsi untuk mengukur popularitas berdasarkan empat metrik layanan, diantaranya adalah jangkauan, pengaruh, akses, serta kemutakhiran terhadap 100 atas setiap genre musik yang telah diakui.

3. Facebook (Facebook.com)

Facebook memang tiada duanya, karena media sosial ini begitu sangat cocok untuk apapun. Baik itu untuk membuat profile perusahaan, pribadi, maupun pengiklanan produk. Termasuk juga sebagai media sosial bagi para musisi. Ya, memiliki akun #Facebook khususnya Fans Page merupakan hal yang wajib dimiliki oleh sebuah grup band maupun musisi solo.

Anda bisa membuat profile band melalui fasilitas Fans Page, dan fitur-fiturnya hampir sama dengan akun Facebook biasa namun dengan integrasi akun lain bukan sebagai teman melainkan dengan cara ‘Like’. Cara ini memang banyak digunakan, namun sebenarnya Facebook secara khusus memiliki fasilitas bagi musisi maupun grup band yang ingin membuat opsi tambahan bernama “Profile Band”. Pada fitur ini Anda bisa mengintegrasikan Facebook dengan ReverbNation sehingga tertampil berbagai tambahan seperti lagu-lagu, video dan fitur share.

4. SoundCloud (Soundcloud.com)

Salah satu jejaring sosial yang ‘ramah’ bagi para musisi dan grup band berikutnya adalah SoundCloud. Ini adalah platform distribusi suara secara online yang memungkinkan penggunanya melakukan kolaborasi, promosi, serta distribusi file jenis audio. Yang merupakan fitur utama SoundCloud adalah fitur dimana para seniman diperbolehkan meng-upload musik karya mereka dengan URL khusus.




Tentu ini cukup berbeda dengan MySpcae maupun ReverbNation karena sebenanrya Anda bisa mengambil file yang sudah di upload di situs sharing lainnya. SoundCloud sampai tahun 2013 dikabarkan telah memiliki 40 juta pengguna terdaftar dan lebih dari 200 juta pendengar.

Baca juga: Pentingnya kekompakan di dalam tim media sosial sebuah bisnis

Jika menurut Anda masih kurang, masih ada banyak media sosial yang cocok untuk grup band dan musisi seperti #YouTube, Last.fm, #Twitter, Thumblr, Connect To Music dan lain-lain.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud