4 Skill Penting Yang Harus Dikuasai Para Pebisnis Online

pebisnis online

Bisnis online kini memang telah menjadi magnet tersendiri bagi para entrepreneur. Bahkan saking besarnya potensi pada usaha ini membuat para pebisnis offline ikut merambah dan mencoba peruntungannya. Meski telah memperoleh banyak peminat, sayangnya banyak pebisnis yang kurang begitu memahami hal-hal terkait dunia online, termasuk salah satunya adalah skill atau keahlian khusus yang harus dimiliki.

Maka yang terjadi tak sedikit diantara mereka yang kebingungan saat mengetahui #bisnis onlinenya tak menunjukkan hasil yang diharapkan. Lalu seperti apakah keahlian atau skill yang seharusnya dimiliki oleh seorang pebisnis online? Berikut ulasannya.

1. Keahlian Bidang IT

Keahlian pertama yang harus dimiliki dan dikuasai para pebisnis online adalah mengoperasikan IT (teknologi). Dunia online memang membuhkan penguasaan seseorang pada #teknologi masa kini. Namun Anda jangan khawatir, skill teknologi yang harus Anda kuasai ini tidak bersifat keseluruhan, tapi setidaknya Anda menguasai keahlian dasar seperti internet, blogging, komputer dasar dan smartphone serta aplikasinya.

Anda memang bisa mempekerjakan orang-orang untuk membantu Anda, namun Anda tak bisa selalu mengandalkan mereka. Anda harus mau belajar setidaknya mengenai dasar-dasar teknologi online tersebut.

Artikel lain: 5 Pebisnis Online Sukses dari Indonesia, Inspirasi Untuk Anda!

2. Keahlian Komunikasi Online

Meski bisnis online ini tidak mempertemukan Anda sebagai penjual dengan pembeli secara langsung, namun tetap saja skill komunikasi harus Anda kuasai. Keahlian komunikasi pada bisnis online ini tentu saja agak berbeda dengan komunikasi pada bisnis offline.

Hal ini karena komunikasi pada dunia online tidak terjadi secara langsung, namun dilakukan melalui perantara media elektronik seperti gadget, komputer dan #media online seperti media sosial dan instan messaging. Karena bentuk komunikasi ini memiliki perbedaan, maka Anda harus selalu mempelajari tips-tipsnya dan terus mengupdate informasi dunianya.

Skill utama dan terpenting dalam komunikasi online yang semestinya lebih diperhatikan adalah kecakapan untuk membalas atau menanggapi pertanyaan konsumen dan juga kesabaran Anda tatkala menjawab beberapa permintaan mereka. Intinya komunikasi efektif akan menjadi kunci bagi mereka yang ingin terjun ke dunia bisnis online. Dan sekali lagi pebisnis online harus benar-benar menguasai bentuk komunikasi online ini dengan baik dan benar jika ingin usahanya sukses.

3. Keahlian Men-Display Produk

Bisnis online yang berjalan pada dunia maya melalui jaringan #internet akan membuat beberapa panca indera akan tak berfungsi. Sebuah panca indera manusia yang lebih diandalkan dan menjadi dominan pada bisnis ini adalah mata.

Ya, layar kaca pada laptop dan #smartphone memang hanya lebih diamati dengan indera penglihatan dari pada indera yang lain. Maka dari itu menjadikan bisnis online milik Anda sukses, Anda harus mampu menampilkan hal yang menarik penglihatan mata konsumen. Salah satu teknik untuk mewujudkan hal ini adalah dengan menguasai teknik display produk.




Tempat untuk mendisplay produk di media online memang memegang peranan penting bagi keberlangsungan #toko online Anda. Jika display Anda membosankan maka bukan tidak mungkin pengunjung toko online Anda terus mengalami penurunan, namun sebaliknya jika display toko online Anda menarik dan sedap dipandang mata, maka bukan tidak mungkin pengunjung akan datang dengan ramai.

Beberapa keahlian dalam mendisplay produk dengan baik antara lain berwujud kemampuan mengambil gambar dengan kamera, mengeditnya, memberikan deskripsi dan detail lainnya, hingga meletakkan  dan mempromosikan di website dan sosial media. Jika Anda mampu tampilkan gambar di toko online Anda secara tiga dimensi yang bisa terlihat pada berbagai sisi. Namun jika tidak cukup dengan menampilkan beberapa gambar terbaik dengan berbagai sudut pandang dari produk Anda.

Baca juga: 5 Tren Media Sosial yang Harus Diketahui Para Pebisnis Online

4. Keahlian Kreativitas Online

Skill terakhir yang harus Anda miliki sebagai pebisnis online adalah kreativitas. Kreativitas dalam bisnis online bisa berwujud kemampuan mengedit foto produk, mendesain halaman website, media sosial, membuat packaging produk yang unik hingga pemasaran. Dalam pemasaran online Anda juga perlu kreativitas karena hal ini akan berdampak pada keunikan brand dan keunggulan produk.

Anda bisa saja mengikuti #strategi marketing toko online pesaing, namun ingat pengemasan kata-kata dan penyampaianya bisa Anda modifikasi agar produk dan brand Anda bisa memiliki keunikan tersendiri. Yang pasti kreativitas ini sangat penting bagi bisnis online, Anda bisa sukses dan mengungguli para pesaing Anda dengan kreativitas yang dibangun dengan baik dan unik.



1 comment on this postSubmit yours
  1. harus selalu meng update ilmu dan mengikuti perkembangan jaman..terutama semua bidang pemasaran online..klo tidak siap siap kompetitor lebih unggul..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud