4 Resep Sukses Menjalankan Bisnis Laundry Kiloan

usaha laundry kiloan

Salah satu faktor yang membuat kemunculan sebuah bisnis dengan peluang besarnya adalah perubahan zaman. Perubahan zaman yang umumnya juga menyebabkan terjadinya perubahan gaya hidup manusia memang akan menciptakan bisnis-bisnis baru. Salah satu bisnis baru yang muncul dari perubahan gaya hidup manusia tersebut adalah usaha laundry.

Kesibukan manusia yang terutama pada masyarakat perkotaan ini membuat mereka tidak punya waktu untuk mencuci dan membersikan pakaian-pakaian mereka. Maka mereka butuh pihak lain untuk bisa mencucikan baju-baju mereka. Dan muncullah usaha laundy atau binatu dari banyaknya permintaan yang ada.

Bisnis laundry saat ini memang tak bisa dianggap remeh lagi. Menurut Wasono Raharjo, Ketua Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI), usaha jasa laundry kiloan memiliki potensi penghasilan yang cukup besar. Dengan modal yang ada, pengusaha laundry bisa mengantongi laba dua kali lipat tiap bulannya jika memang dijalankan dengan baik.

Meskipun termasuk bisnis rumahan, usaha laundry kiloan juga tak bisa dipandang sebelah mata. Fakta di lapangan dengan makin menjamurnya usaha laudry kiloan membuktikan bahwa bisnis ini cukup menjanjikan untuk dijalani.

Namun yang namanya bisnis dengan sebuah persaingan, para pelaku usaha laundry kiloan juga perlu mengetahui hal-hal yang bisa menjadikan bisnisnya sukses melebihi kompetitor. Lalu apa saja hal-hal yang bisa membawa usaha laundry kiloan menjadi sukses. Berikut beberapa resep sukses yang bisa Anda terapkan pada bisnis laundry kiloan Anda.

Artikel lain: Peluang Bisnis Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

1. Lokasi Bisnis yang Tepat

Seperti pada kebanyakan bisnis, hal dan faktor penting yang perlu diperhatikan dalam sebuah usaha, termasuk usaha laundry kiloan ini adalah lokasi usaha. Lokasi strategis dan ramai merupakan hal yang seharusnya dicari oleh para pelaku bisnis laundry kiloan saat akan membuka usahanya.

Pilihlah lokasi seperti di sekitaran kampus, perkantoran, daerah kost atau daerah perumahan yang ramai dimana para penghuninya akan banyak membutuhkan jasa laundry Anda. Meskipun kini berkembang jasa laundry online dengan layanan antar jemput, namun lokasi akan tetap menjadi hal yang penting karena konsumen dan pelanggan bisnis laundry kiloan ini didominasi mereka masyarakat ekonomi menengah yang belum banyak terbiasa dengan sistem online.

2. Buat Konsumen Percaya Pada Usaha Laundry Kiloan Anda

Hal berikutnya untuk menjadikan usaha laundy kiloan Anda sukses adalah membuat konsumen percaya dengan Anda. Bagaimana caranya? Tidak lain tidak bukan, Anda harus membuat mereka merasa puas pada layanan dan jasa laundy kiloan Anda. Kepuasan memang akan menjadikan konsumen akan terus mempercayai Anda untuk seterusnya.

Untuk itu beberapa hal seperti kebersihan, kerapihan dan ketepatan waktu merupakan unsur-unsur umum dan utama yang menjadi standar kepuasan konsumen pada bisnis laundry kiloan. Saat Anda telah mampu membuat konsumen puas secara terus-menerus dengan layanan Anda, maka sangat mungkin mereka akan menjadi pelanggan setia Anda meski suatu hari Anda terpaksa menaikkan harga jasa.




3. Waktu Pengerjaan On-Time

Hal dan resep sukses berikutnya dalam menjalankan bisnis laundry kiloan adalah mengerjakan cucian dengan tepat waktu (ontime). Jika mampu, Anda bisa membuat waktu yang telah Anda janjikan pada konsumen selesai lebih cepat. Ini tentu akan semakin membuat konsumen Anda lebih puas.

Waktu yang merupakan sesuatu yang tak bisa dibeli ketika sudah terlewati memang menjadi hal yang penting bagi siapapun, termasuk konsumen Anda. Maka dari itu jangan sekali-kali meremehkan hal ini. Cobalah membuat waktu yang realistis pada konsumen saat Anda mendapat banyak order. Jangan hanya ingin mendapatkan untung jangka pendek, lantas Anda berbohong memberikan waktu yang sebenarnya tak mungkin Anda selesaikan.

Meski dalam waktu pengerjaan lama, Anda harus jujur mengungkapkan waktu tersebut pada konsumen saat Anda kebanjiran order. Kejujuran akan menghindari Anda pada kekecewaan konsumen yang bisa mengancam bisnis Anda.

Baca juga: 15+ Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

4. Berikan Layanan Lain

Terakhir, resep sukses menajalankan usaha laundry kiloan adalah dengan cara memberikan beberapa layanan lain yang memuaskan konsumen. Beberapa layanan seperti  antar jemput, memberi kupon berhadiah dan memberi jasa laundy gratis dengan ketentuan tertentu serta layanan lainnya bisa jadi pilihan Anda untuk membuat konsumen semakin nyaman dengan bisnis laundry Anda.

Persaingan di bisnis laundry kiloan yang semakin sengit menjadi dasar untuk Anda melakukan berbagai terobosan layanan ini. Anda bisa memutuskan layanan yang tepat dengan cara mencari tahu langsung dari konsumen.

Anda bisa bertanya atau memberi kuesioner pada konsumen terhadap layanan laundry kiloan Anda selama ini. Jika kemudian hasilnya pelanggan Anda memang memerlukan layanan lebih, maka Anda harus segera bergerak dan memberikan layanan tersebut.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud