4 Langkah Dapatkan Perhatian Konsumen Wanita Dalam Bisnis E-Commerce

konsumen wanitaa

Sebagai insan yang gemar berbelanja, wanita memang sepertinya memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelaku bisnis, termasuk pebisnis e-commerce. Wanita yang mempunyai sifat berbelanja yang berbeda dengan laki-laki, jelas menimbulkan banyak tanda tanya mengenai bagaimana cara agar dapat memuaskan dahaga belaja para kaum hawa.

Ya, kepuasan saat dan setelah berbelanja terkadang memang sebuah kebutuhan bagi sebagian banyak wanita. Untuk itulah dunia e-commerce yang sedang bertumbuh ini selalu mengusahakan agar toko online-nya bisa memenuhi kebutuhan dan rasa puas dari pada pelanggan cantiknya.

Uniknya Konsumen Wanita

Co-founder Female Daily Network, Hanifa Ambadar menyatakan bahwa wanita memang unik dan menarik dalam hal urusan belanja. Jika dinyatakan dalam pernyataan perbadingan, maka akan muncul kalimat bahwa pria berbelanja untuk membeli apa yang mereka inginkan, sementara wanita berbelanja untuk mencari tahu apa yang mereka inginkan.

Menurut Hanifa, wanita memang memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan dunia #e-commerce. Bagaimana tidak, sekitar 65 persen lebih keputusan untuk berbelanja lewat dunia maya ini datang dari para wanita.

Mengingat besarnya potensi yang bisa didapat dari konsumen wanita ini, para pelaku bisnis e-commerce haruslah memahami betul karakteristik dan apa yang konsumen wanita inginkan. Dan beberapa tips berikut ini bisa menjadi senjata ampuh guna memenangkan hati konsumen wanita di ranah e-commerce.




Artikel lain: Tips Membidik Target Pasar Wanita – Promo, Promo dan Promo!

1. Buat Platform Yang Sederhana

Meski terkenal sebagai insan yang ribet atau rumit, namun dalam urusan berbelanja di ranah e-commerce, mereka lebih menyukai proses yang sederhana dan praktis. Maka dari itu sebagai pebisnis online, usahakan #website Anda memiliki user interface yang bagus, mudah, sederhana, serta menarik.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk membuat platform mobile untuk toko e-commerce Anda. Untuk apa? Tentu guna memenuhi kebutuhan para pengguna mobile yang semakin meningkat. Hal ini juga dikarenakan sebuah survei yang menyatakan bahwa  40 juta wanita yang online, 9,5 juta dari mereka menggunakan #smartphone.

2. Kebijakan Yang Lebih Longgar

Ada sebuah ungkapan yang seringkali terdengar dan menyatakan bahwa “wanita ingin dimengerti”. Hal ini harusnya menjadi masukan penting bagi para pelaku bisnis e-commerce untuk membangun usahanya. Maka dari itu cobalah terapkan dan implementasikan ungkapan tersebut dalam ranah e-commerce Anda.

Caranya adalah dengan memberikan waktu yang lebih lama bagi wanita untuk mengambil keputusan, misalnya dalam hal pembayaran dan kebijakan pengembalian barang. Selain itu, sediakanlah customer service yang tanggap dan memberi gentle reminder yang bisa membuat wanita merasa dimengerti dan dipahami kebutuhan dan keinginannya.




3. Menampilkan Testimoni dan Rekomendasi

Tips ketiga untuk memenagkan hati wanita pada bisnis e-commerce Anda adalah dengan menyediakan fitur review atau menyediakan ruang untuk testimoni di website e-commerce Anda. kenapa harus begitu? Sebuah survei menyatakan bahwa 64 persen wanita yang berbelanja online mengaku terpengaruh oleh review dari pembeli lain, 95 persen dari mereka menganggap bahwa testimoni penting, dan 78 persen konsumen wanita membutuhkan rekomendasi untuk melakukan pembelian.

Dari data survei ini membuktikan bahwa pengaruh testimoni dari pembeli akan sangat penting untuk menarik kaum hawa berbelanja di toko online Anda. Pelaku e-commerce juga disarankan untuk lebih aktif di media sosial untuk menjalin hubungan komunikasi dengan para pelanggannya.

Hal ini didasarkan sebuah survei yang menyatakan bahwa 74 persen pembeli online terpengaruh oleh #media sosial. Dan harus Anda ingat bahwa media sosial juga bisa dijadikan sarana untuk menyalurkan testimoni dari para pelanggan lain serta memberi rekomendasi kepada mereka.

Baca juga: 3 Jenis Bisnis yang Cocok untuk Wanita Cantik

4. Memahami Demografi Konsumen

Tips terakhir untuk bisa memenangkan hati wanita pada bisnis e-commerce Anda adalah dengan memahami karakteristik demografi konsumen yang mereka targetkan. Hal ini dilakukan agar para pebisnis e-commerce bisa memenuhi apa yang konsumen kaum hawa ini inginkan. Ingatlah bahwa tidak semua wanita memiliki sifat dan karakteristik berbelanja yang sama.

Kepuasan dalam berbelanja diantara mereka pun bisa berbeda-beda. Perilaku berbelanja kaum wanita ini umumnya berubah berdasarkan tahapan hidup mereka. Sebagai contoh yang paling nyata adalah bahwa wanita remaja yang kemungkinan besar memiliki keputusan pembelian yang berbeda dengan wanita yang sudah berumah tangga.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Oh begitu, ternyata tetimoni berpengaruh juga ya,,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud