4 Kiat Sukses Memulai Bisnis Toko Fashion Online dari Founder Hijup.com dan Belowcepek.com

Bisnis Toko Fashion Online

Image dari Dribbble.com

Menjalankan #bisnis online tanpa harus mendirikan toko fisik memang semakin menjadi pilihan banyak orang. Dan salah satu jenis atau bidang bisnis toko online yang menjadi incaran konsumen adalah fashion. Produk fashion memang selalu menjadi buruan netizen untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhannya.

Meski memiliki pasar yang besar, Anda yang ingin juga memulai bisnis toko fashion online Anda harus mengetahui seluk beluk dan strategi untuk menjalankan usaha ini. Pasalnya tingkat persaingan karena munculnya kompetitor yang makin banyak dalam bisnis ini sudah sangat ketat.

Dari sini kita bisa belajar dari entrepreneur yang telah sukses menjalankan bisnis ini yaitu Diajeng Lestari, pendiri Hijup.com dan Riana Bismarak, pemilik Belowcepek.com. Lalu seperti apak kita sukses untuk memulai dan menjalankan toko #fashion online dari kedua perempuan hebat ini? Berikut ulasannya.

1. Lakukan Penghematan

Kiat sukses pertama untuk memulai dan menjalankan bisnis online fashion dari kedua #entrepreneur wanita ini adalah melakukan penghematan. Mengapa penghematan? Sebab bisnis toko online yang bisa tergolong sebagai usaha rintisan (startup) tentunya memiliki modal yang terbatas dan kebutuhan pengeluaran yang besar. Nah dari sisnilah Ajeng yang memulai Hijup.com dengan modal Rp 5 juta melakukan penghematan sebisa mungkin.

Semua hal yang berkaitan dengan website sendiri sudah ditangani oleh sang suami yang merupakan founder Bukalapak.com. Sedangkan kantor yang digunakan sendiri sangat mungil yaitu dengan ukuran 3×3 meter. Untuk menampilkan produk baru sendiri Ajeng turun tangan dengan menjadi stylist saat pemotretan dan mengkoordinasi pemotretan.




Artikel lain: Mau Buka Toko Baju Online? Cobalah 6 Tips Jitu Berikut Ini Supaya Sukses

Tak jauh beda dengan Diajeng Lestari, Riana Bismarak juga melakukan penghematan pada awal-awal menjalankan BelowCepek.com. Meski modalnya termasuk besar yakni Rp 100 juta, namun tak membuat dirinya untuk melakukan penghematan. Dari modal Rp 100 juta tersebut ia menganggarkan dana hingga Rp 50 juta untuk pembuatan website. Dana ini termasuk paling hemat untuk ukuran bisnis #ecommerce menurutnya.

Dengan hanya mempekerjakan enam orang karyawan sampai saat ini, Riana juga terlihat beberapa kali terlibat langsung dalam setiap pemotretan produk baru. Bahkan, tak jarang Riana juga menjadi model yang mengenakan produk Below Cepek.

2. Andalkan Pihak Ketiga untuk Proses Produksi

Hal berikutnya yang perlu dilakukan pengusaha bisnis online fashion menurut kedua tokoh entrepreneur ini adalah mengandalkan pihak ketiga untuk proses produksi dan pemasaran. Bisnis online memang suatu waktu akan menyita seluruh waktu kita jika kita tak pandai-pandai mengaturnya. Nah agar tak kehilangan banyak waktu dan momentum maka Ajeng dan Riana menyarankan agar Anda mengandalkan pihak ketiga untuk proses produksi.

Ajeng dan Riana sendiri memang selalu mengandalkan pihak ketiga, baik tenant ataupun supplier, untuk semua produk yang akan dijualnya di #toko online mereka. Untuk mendapatkan produk yang terbaik, mereka akan melakukan seleksi produk yang ketat. Iniah menurut mereka yang menjadi kunci keberhasilan bisnis selama ini.




Khusus untuk Ajeng, ia selalu menyaring tenant yang bergabung dengan Hijup.com dengan beberapa pertimbangan kreativitas, kualitas, dan karakter. Dari unsur kreativitas, Ajeng selalu mendorong desainer untuk tidak menjiplak namun membuat desain baru.

3. Perhatikan dan Utamakan Kualitas

Produk fashion memang harus selalu mengutamakan kualitas. Inilah yang juga diterapkan oleh Ajeng dan Riana. Menurut Ajeng, dalam Hijup.com, produk yang ada memiliki kualitas yang mampu menyaingi brand luar negeri. Untuk itulah Ajeng selalu menetapkan desainer yang mampu menyajikan karakter brand yang kuat akan memacu mereka untuk tak sekadar ikut-ikutan dalam mendesain produk.

Sebelas-duabelas Ajeng dengan Riana. Riana juga sangat ketat menyeleksi vendor untuk bisa mendapatkan kualitas produk yang bagus. Untuk mendapatkan produk yang sesuai, Riana juga seringkali terlihat langsung turun ke lapangan mencari pemasok lokal terbaik di Indonesia.

Baca juga: Tingkatkan Kepercayaan Konsumen Toko Online Dengan Memaksimalkan Testimoni

4. Bisnis Toko Fashion Online Membutuhkan Kepercayaan

Terakhir, kiat sukses berbisnis online fashion menurut Ajeng dan Riana adalah dengan menciptakan rasa aman dan terpercaya bagi konsumen. Menurut mereka garansi keamanan memang menjadi hal yang mutlak untuk bisnisnya agar bisa dipercaya konsumen.

Menurut Ajeng, bisnis online yang bersifat tidak nyata membuatnya akan selalu memiliki tanggungjawab yang penuh atas kepercayaan konsumen. Menurut Ajeng, berbisnis online juga berarti harus memberikan informasi lengkap tentang produk yang dijual. Pernyataan Ajeng ini ternyata juga diamini oleh Riana yang menyatakan keamanan berbelanja akan menjadi penentu pertama dari loyalitas pelanggan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud