4 Kesalahan Yang Membuat Freelancer Pemula Gagal

freelancer pemula

Menjalankan profesi sebagai seorang freelancer saat ini bisa menjadi sebuah alternatif pekerjaan yang menjanjikan. Selain menjanjikan, menjadi seorang freelancer juga akan membawa Anda kepada pekerjaan yang Anda minati. Dengan keahlian yang sesuai dengan passion tentu akan membuat seorang freelancer betah dan enjoy menjalankan pekerjaannya.

Meskipun seorang freelancer menjalankan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya, namun demikian ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kegagalan pada seorang freelancer pemula. Ada beberapa kesalahan yang sederhana yang mungkin tidak disadari oleh beberapa freelancer pemula. Di bawah ini adalah beberapa kesalahan yang bisa mengakibatkan kegagalan dalam menjalankan profesi sebagai seorang freelancer.

1. Freelancer Terlalu Akomodatif

Ini yang paling sering terjadi pada freelancer pemula, mereka terlalu akomodatif dengan memberikan ruang terlalu longgar pada klien. Mungkin kelonggaran bisa menjadi nilai tambah bagi para freelancer, namun perlu juga diketahui bahwa tidak semua klien itu memiliki karakter yang positif. Tidak sedikit juga para klien yang bersifat negatif, untuk berjaga – jaga dengan klien negatif ini sebaiknya freelancer pemula jangan terlalu memberikan semua yang diminta oleh klien.

Dengan terlalu mengikuti apapun yang diminta dari seorang klien maka Anda akan kehilangan banyak waktu dan mungkin akan menutup banyak kesempatan yang lain. Jangan takut untuk menentukan aturan atau kesepakatan terhadap jasa Anda, pastikan semuanya saling menguntukngkan. Jangan khawatir juga untuk menyaring setiap klien yang akan Anda kerjakan proyeknya, tentukan batas waktu serta tarif yang jelas kepada mereka.

Artikel lain: 4 Tips Mengatur Keuangan Yang Baik Bagi Seorang Freelancer




2. Mengabaikan Manajemen Finansial

Meskipun Anda bekerja sebagai seorang freelancer atau pekerja lepas, mengatur #keuangan Anda jutru sangatlah penting. Hal ini karena pendapatan yang Anda peroleh tidak lah sama dengan penghasilan seorang pegawai kantoran atau pekerja pabrik. Seorang freelancer mungkin sekali waktu akan mendapatkan mega proyek dengan keuntungan yang sangat besar, namun tidak menutup kemungkinan sama sekali tidak mendapatkan job untuk beberapa waktu.

Nah, di sinilah letak pentingnya menajemen keuangan bagi seorang freelancer. Jika tidak ada pengaturan keuangan yang baik, percayalah profesi yang Anda geluti tidak akan pernah bisa mencukupi kebutuhan Anda. Maka dari itu, biasakanlah mulai dari sekarang untuk mencatat keuangan Anda, mulai dari kebutuhan sehari – hari, pengeluaran untuk suatu projek dan tentu saja pendapatkan yang Anda peroleh dari suatu job. Catatan sederhana bisa sangat membantu Anda dalam mengelola keuangan sebagai seorang freelancer.

3. Tidak Mampu Melayani Dengan Maksimal

Bagi seorang freelancer, kepuasan klien adalah segalanya. Itulah yang menjadi senjata Anda untuk bertahan dalam bisnis ini. Ketika Anda tidak mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada klien, maka klien pun tidak akan pernah kembali menggunakan jasa Anda. Namun jika klien merasa puas dengan pelayanan Anda, maka tentu saja keberlangsungan profesi Anda akan terjamin.

Kepuasan klien bisa dilihat dari beberapa hal, tentu saja yang pertama adalah kualitas karya Anda sendiri. Seberapa cepat dan tanggap Anda dalam menyelesaikan orderan dari klien bisa menjadi perhitungan juga dari klien. Jadi sebaiknya Anda harus mampu menepati deadline projek yang diminta oleh klien, karena itu juga merupakan cerminan profesionalitas Anda di mata klien.

Baca juga: Tips Untuk Menjadi Seorang Freelancer Sukses




4. Komunikasi yang Tidak Lancar Dengan Klien

Komunikasi yang baik menentukan seberapa sukses Anda menjalani karir sebagai seorang freelancer. Keberadaan komunikasi yang baik ini sangat penting sekali bagi seorang freelancer. Komunikasi yang buruk bisa membuat Anda salah informasi mengenai apa yang diinginkan oleh klien.

Jika Anda kurang paham atau tidak mengerti apa yang diinginkan oleh klien, sebaiknya Anda bertanya saja langsung jangan memaksakan diri. Karena akan sangat fatal akibatnya jika Anda memaksakan diri mengerjakan proyek yang Anda tidak mengerti.

Di sinilah banyak freelancer pemula yang kurang mampu berkomunikasi dengan baik dengan klien mereka. Mereka seringkali bersikap ceroboh dengan suatu projek dari klien, kebanyakan freelancer pemula membuat asumsi yang salah terhadap job dari klien. Nah, hal ini yang akan menghabisi karir Anda di dunia freelancer. Berhati – hatilah.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud