4 Investasi Olga Syahputra Sebagai Bentuk Kesadaran Finansial

olga sahputra

Sudah sepekan lebih, artis, presenter dan komedian kawakan Olga Syahputra meninggalkan kita semua. Kini, berhembus kabar desas-desus yang mengatakan bahwa harta Olga yang bakal habis karena biaya pengobatan selama setahun di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura. Namun seiring waktu, kemungkinan besar kabar ini akan termentahkan dengan sendirinya karena ternyata Olga telah memiliki kesadaran finansial yang mumpuni untuk mempersiapkan kemungkinan terburuk.

Artis yang memiliki nama asli Yoga Syahputra ini memang sosok entertainer yang pekerja keras. Proses menuju kesuksesan yang amat berliku dan penuh dengan perjuangan dilakoni Olga dengan sabar dan pantang menyerah. Hingga pada akhirnya Olga menjadi artis yang sangat terkenal, dengan bayaran besar dan bahkan ada yang menyatakan bahwa bayaran Olga adalah bayaran yang paling tinggi diantara para artis.

Namun meski Olga telah sukses, ia memahami bahwa kesuksesan tidak akan abadi dan kekal. Maka ia pun lebih memilih menginvestasikan pendapatannya pada bidang-bidang yang prospektif daripada berfoya-foya menikmati apa yang diinginkannya. Pria kelahiran 8 februari 1983 ini merupakan satu diantara banyak artis yang sadar pada masa depan keuangannya. Dan inilah beberapa #investasi yang telah dijalankan almarhum Olga Syahputra semasa hidupnya:

1. Bisnis Restoran

Bentuk investasi pertama yang dijalankan Olga Syahputra adalah bisnis restoran. Ya, pada tahun 2010 silam, pria yang mengawali karirnya di sanggar Ananda ini melakukan investasi di bidang #bisnis kuliner itu bersama rekan-rekan artisnya yaitu Cut Memey, Edric Tjandra, dan Debby Sahertian. Restoran Jepang yang berlokasi di daerah kemang dan diberi nama Takigawa ini dikabarkan telah balik modal dan memberikan keuntungan sejak satu tahun dibuka.

Meski dalam kenyataannya Olga tidak terlalu fokus menjalankan investasi pertamanya ini, karena harus mengembangkan karirnya, namun ia dinilai sukses dan tepat dalam memilih investasi dibidang kuliner tersebut.

Artikel lain: Sosok Eka Gustiwana, Sang Jawara YouTube Indonesia

2. Butik Keluarga

Tahun 2011, Olga Syahputra kembali berinvestasi. Kali ini sasarannya adalah bidang fashion. Sebuah butik keluarga diberitakan telah dibuka Olga dengan budget sekitar Rp 60 milyar. Butik yang berlokasi di ITC Kuningan, Jakarta Selatan ini kemudian dikelola oleh adiknya langsung yang bernama Reni Nurma. Pria kelahiran Jakarta itu mengaku menjual baju-bajunya dengan kisaran harga Rp 90-120 ribu saja.

Meski telah memiliki nama yang sudah populer, Olga enggan untuk menjadikannya aji mumpung dengan memanfaatkannya sebagai sebuah kesempatan guna mengambil keuntungan sebesar-besarnya. Meski telah berinvestasi dalam jumlah besar dalam bisnis butiknya ini, Olga mengaku tak mau mengambil keuntungan dari butik tersebut. Keuntungannya sendiri ia berikan untuk adik dan keluarganya, sedangkan sebagian lagi akan disumbangkan ke anak-anak yatim piatu.

3. Usaha Rumah Kost

Investasi berikutnya dari Olga adalah usaha rumah kost. Investasi yang merupakan impian Olga Syahputra sejak dulu ini dimulai pada tahun 2010 dengan jumlah investasi yang mencapai Rp 7 milyar. Uang ini digunakan Olga untuk membeli tanah yang nantinya akan dibangun rumah kost.

Alasan Olga Syahputra memilih investasi rumah kost selain karena impiannya adalah bisnis properti di tanah air yang akan terus berkembang dan meningkat. Harga properti, terutama di Jakarta yang setiap tahunnya selalu naik signifikan ini tentu sangat berprospek cerah dan menguntungkan bagi siapapun yang menjalankannya.

Baca juga: Riyeke Ustadiyanto, Pendiri Ipaymu yang Mengawali Karir di Warnet

4. Bisnis Berlian

Investasi terakhir yang dijalankan Olga Syahputra adalah bisnis berlian. Investasi yang memang marak di kalangan artis ini ternyata membuat Olga nampaknya tertarik untuk menggelutinya. Meski tak mendapatkan ekspos yang besar seperti bisnis investasi yang lain, namun pria yang mengawali debut panggungnya di film lenong bocah ini mengakui bahwa ia memang benar-benar beinvestasi dibidang perhiasan tersebut.

Karena kurang terekspos dengan jelas, maka keuntungan yang diperoleh Olga dari investasi ini juga tidak begitu terdengar besaran keuntungannya. Di lingkungan artis yang hobi membeli perhiasan termasuk berlian ini sengaja kemudian diinvestasikan dengan cara dijual lagi dengan harga yang menguntungkan.




Nah, itulah beberapa  investasi yang dimiliki oleh Olga Syahputra selama hidupnya. Banyak pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari almarhum. Selain pekerja keras, Olga juga orang yang punya kesadaran finansial serta juga tak melupakan orang-orang yang ada di sekitarnya yang membutuhkan.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. banyak juga ternyata bisnis yg dimiliki olga …

  2. Saya lebih prefer bisnis properti,soalnya tiap tahun harga tanah dimana pun pasti naik terus…Nice Info,gan….

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud