4 Hal Yang Sering Terabaikan Para Pebisnis Pemula Saat Menjalankan Usaha

Pebisnis-Pemula

Menjadi seorang entrepreneur adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi siapapun yang menjalankannya. Memiliki perusahaan dan omset yang besar juga menjadi impian banyak orang. Tapi faktanya, menjadi seorang #entrepreneur bukanlah perkara mudah.

Banyak entrepreneur muda yang tadinya sudah sukses namun melakukan banyak kesalahan yang harusnya tidak mereka lakukan. Kesalahan-kesalahan tersebut kemudian membuat bisnis mereka terpuruk bahkan hancur di tengah jalan. Sebenarnya melakukan kesalahan adalah hal lumrah, dan bisa dimaklumi. Namun yang harus di pahami adalah bagaimana agar tidak melakukan kesalahan tersebut berulang kali.

Untuk kita yang masih pemula dalam menjalankan bisnis, ada baiknya memperhatikan beberapa kesalahan yang sering kali dilakukan para pebisnis pemula ini, supaya tidak terperosok dan tidak ikut melakukan kesalahan tersebut.

1. Hentikan Memikirkan Keuntungan Semata

Pebisnis pemula yang baru membangun bisnisnya lebih dulu memikirkan tentang omset atau keuntungan yang harus mereka raih. Pikiran mereka terlalu fokus pada pertanyaan bagaimana caranya segera sukses dengan menjual produk sebanyak-banyaknya.

Menjual produk yang tidak memiliki nilai bisnis dan manfaat sama saja Anda melakukan hal yang sia-sia, begitu ada kompetitor yang sedikit lebih baik maka bisnis Anda akan ditinggalkan konsumen. Hal itu menunjukkan bahwa produk Anda tidak memiliki nilai yang melekat di hati konsumen.

Namun berbeda jika Anda telah mampu membuat sebuah produk dimana produk tersebut tidak dapat dilupakan dan ditinggalkan oleh konsumen. Dengan menawarkan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen, baik dari kualitas dan manfaat maka bisnis Anda tidak akan ditinggalkan oleh konsumen.




Artikel lain: Saat Akan Memulai Bisnis, Karyawan Akan Dihadapkan Dgn Pilihan Ini

2. Tidak Mampu Membuat Konsumen Menjadi Loyal

Kebanyakan pebisnis muda akan merasa puas dengan penjualan produk mereka yang begitu banyak dan meraih keuntungan besar dengan cepat. Padahal belum tentu dengan terjualnya produk dalam skala besar dan omset yang banyak dapat membuat konsumen akan setia kepada bisnis Anda. Bisa jadi setelah pembelian pertama, mereka akan meninggalkan bisnis Anda.

Jika produk yang kita miliki tidak punya nilai lebih yang bisa membuat konsumen akan membelinya kembali, maka akan sulit mempertahankan konsumen pada sebuah niche bisnis. Maka dari itu sebagai seorang pebisnis Anda jangan hanya memikirkan bagaimana menjual produk dengan cepat, tapi juga harus memikirkan bagaimana konsumen mau kembali lagi membeli produk tersebut dan menjadi pelanggan loyal.

3. Karyawan yang Berkemauan Kerja Tinggi

Sering kali pebisnis mencari karyawan yang memiliki latar belakang #pendidikan tinggi dan sudah berpengalaman. Memang tidak ada yang salah dengan hal itu, namun pendidikan yang tinggi bukan menjadi satu-satu acuan bahwa calon karyawan tersebut berkualitas.

Cobalah mencari karyawan yang punya kemauan tinggi untuk maju dan memiliki tekad untuk bersama-sama mengembangkan bisnis yang Anda jalani. Pendidikan bukanlah jaminan bahwa individu tersebut memiliki etos kerja yang baik.




4. Jangan Takut Mengalami Kegagalan

Nah ini poin penting yang harus benar-benar kita perhatikan saat akan memulai bisnis. Biasanya pebisnis muda akan merasa takut mengalami kegagalan, oleh karenanya semua yang mereka lakukan akan terkontaminasi dengan rasa takut itu hingga akhirnya keputusan dan cara menjalankan bisnisnya terlalu berhati-hati dan lamban sekali.

Setiap pebisnis pasti tidak ingin merasakan kegagalan dalam menjalankan bisnisnya. Namun terkadang dengan kegagalan tersebut kita bisa menjadi lebih memahami kekurangan dan akan tahu langkah selanjutnya untuk menghindari kegagalan tersebut. Jadi bagi Anda pebisnis muda janganlah pernah takut gagal dalam berbisnis, jadilah kuat dan pantang menyerah.

Baca juga: 10 Strategi Mengembangkan Bisnis Dengan Cara Peduli Pada Orang Lain

Di atas adalah beberapa hal yang sering diabaikan oleh para pebisnis pemula. Kesalahan memang bisa terjadi kapan saja dan akan kita lakukan, namun jika kita benar-benar belajar memahami apa yang kita jalani maka harusnya kita tidak akan melakukan kesalahan yang sama. Banyaklah belajar kepada yang telah berpengalaman, bersosialisasi dengan para pebisnis senior serta jangan takut untuk berkolaborasi dengan pihak lain supaya bisnis Anda berkembang dan semakin maju. Semoga menginspirasi.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud