4 Hal yang perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Headset VR

 Headset VR

Image dari Gigaom.com

Perkembangan teknologi saat ini memang semakin tak terbendung, bayangkan saja hampir setiap hari kita disuguhi aneka jenis inovasi #teknologi terbaru. Tak ayal bila kemudian tren teknologi terus bergulir seiring waktu dan zaman. Dari sini ada wujud teknologi terbaru yang diprediksi akan menjadi tren dimasa depan. Nama teknologi tersebut adalah Virtual Reality (VR). Virtual Reality (VR) saat ini memang sedang menjadi fokus dan perhatian luar biasa dari banyak kalangan dan para vendor besar.

Beberapa vendor yang terus mengembangkan teknologi VR mereka antara lain Samsung, ASUS, HTC, Google, Sony dan lainnya. Meski belum marak di pasaran namun perlombaan menciptakan VR antar vendor ini telah menciptakan sebuah persaingan tersendiri.

Walhasil, nantinya kita pun diyakini akan bisa dengan mudah memilih aneka headset VR yang tentunya memiliki beberapa variasi harga. Namun meski telah memiki banyak pilihan, sebelum benar-benar membelinya, Anda perlu mempertimbangkan dan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Headset VR = Barang Mahal

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli headset VR adalah harga. Ya, harga perangkat yang satu ini memang terbilang mahal. Bayangkan saja headset VR produksi Oculus yang telah meluncurkan produknya membandrol headset-nya dengan harga yang tidak murah, yaitu berkisar di US$600 (Rp 8,3 jutaan). Selain bernilai mahal untuk produknya sendiri, penggunaan headset VR juga makin mahal karena membutuhkan perangkat PC dengan spesifikasi yang cukup tinggi dan tentunya mahal.

Artikel lain: Kacamata Kardus 3D Google yang Unik dan Canggih

2. Tunggu Harganya Turun

Bila Anda memang ingin membeli VR, maka disarankan sebaiknya Anda menunggu hingga tahun depan. Mengapa? Sebab jika Anda membelinya tahun ini tentu akan membuat kantong Anda jebol, karena harganya yang masih sangat tinggi. Tapi jika Anda mau bersabar menunggunya hingga tahun mendatang maka Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang tidak termapau tinggi seperti sekarang.

Perangkat teknologi memang seringkali mengalami siklus harga yang demikian. Harganya akan melambung sangat tinggi ketika awal kali peluncuran, tapi kemudian akan segera menurun harganya setelah melewati beberapa bulan dan tahun. Maka cobalah untuk bersabar terlebih dahulu, setidaknya hingga satu tahun.

3. Konten Lebih Baik

Kesabaran Anda untuk menunggu memiliki headset VR ini tidak hanya akan membuat Anda mendapatkan harga yang murah, namun ada kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan. Apa itu? Kelebihan dan keuntungan yang Anda dapatkan dari kesabaran menunggu adalah konten yang Anda dapatkan akan semakin baik.

Seiring berjalannya waktu dan pengembangan para vendor, memang diyakini konten perangkat VR ini akan semakin baik. Ini adalah sesuatu yang memang sering terjadi di dunia IT, dimana vendor akan terus mengembangkan konten fiturnya seiring waktu berjalan. Maka dari itu dengan coba menunggu waktu, maka Anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus yaitu harga yang murah dan fitur dan konten yang lebih baik hingga akan menciptakan pengalaman menggunakan VR yang makin menarik.

Baca juga: 5 Teknologi yang Dapat di Implementasi Pada Smart City




4. Tunggu Seleksi Alam

Terakhir, hal yang perlu Anda pertimbangkan dan perhatikan sebelum membali VR adalah seleksi alam. Bukan berarti VR produksi Oculus yang rilis pertama kali akan mampu sukses di pasaran. Sebab ada suatu seleksi alam yang akan memvonis nasib brand VR ketika masuk pasaran.

Selain Oculus, tahun ini juga akan menyusul perilisan headset VR dari beberapa vendor besar lainnya seperti Sony, Samsung, dan HTC. Dari sini setiap vendor pastinya memiliki plus, minus, dan #software bawaan tersendiri yang nantinya akan direspon oleh pasar. Maka pada akhirnya nanti tidak akan ada seleksi alam yang akan menggusur VR yang kurang baik dan mengangkat vendor VR yang baik dan berkualitas.

Pada akhirnya bila sudah ada produk VR yang mampu berjaya di posisi pertama, umumnya hal ini akan diekori atau dibuntuti oleh vendor-vendor yang lain. Jadi kalau Anda ingin membeli headset VR alangkah baiknya jika Anda mau menunggu sebentar dan menanti siapakah vendor yang akan menjadi juara dan menempati posisi teratas. Dari sini Anda bisa memiliki referensi untuk membeli headset VR.




1 comment on this postSubmit yours
  1. sekarang di situs2 e-commerce ada yang jual kacamata virtual reality cuma seharga ratusan ribu saja, aku juga nggak tau entah itu barangnya bagus apa nggak mas.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud