4 Fakta Unik Terkait Tanggal Lahir Google

hari ulang tahun Google

Bagi rekan-rekan yang sempat mengakses laman #mesin pencari Google hari ini, akan menemukan doodle khusus dengan label Google’s 17th Birthday atau hari ulang tahun ke 17 perusahaan Google.

Saya yakin, termasuk saya sendiri, banyak dari kita yang tidak mengetahui bahwa hari ini tanggal 27 September merupakan “salah satu” tanggal lahir Google.  Kenapa disebut salah satu? Ingin tahu kisah lengkapnya? Simak pada ulasan di bawah ini.

1. Server Pertama Google Dibuat dari Mainan Blok Susun

Pada animasi doodle khusus ultah #Google tahun ini, duo pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin memang sengaja tidak menampilkan akses khas perayaan ulang tahun. Namun yang ditampilkan justru sebuah meja kerja bergaya oldschool lengkap dengan komputer dan pernak-pernik seperti balon, lampu lava dan sebuah server komputer.

Dan tahukah Anda meja kerja siapa itu? Yup, itu merupakan meja milik Larry dan Sergey yang ada di kamar asrama Universitas Stanford, tempat mereka awal membangun Google. Kala itu yang menarik, server pertama yaitu perangkat komputer milik Google adalah server unik yang terbuat dari susunan blok mainan semacam lego. Dalam rilis resminya mereka menyatakan juga menemukan beberapa barang bersejarah, seperti foto tim Google yang pertama kala itu.

Artikel lain: Resmi Diganti, Inilah Wajah Baru Logo Google




2. Logo Awal Google, Minim Desain Namun Penuh Makna

Kembali pada tahun 1998, kala itu perubahan logo Google yang pertama kali di serahkan pada Ruth Kedar yang juga merupakan salah satu tim awal berdirinya Google. Kala itu satu hal yang ingin di ciptakan Ruth adalah logo yang tanpa sentuhan desain sama sekali namun bisa mengangkat makna yang amat dalam.

Dalam balutan font sederhana, Ruth hanya menambahkan bayangan di belakang huruf tersebut. Dan yang paling iconin dari logo Google tentu susunan warna, biru, merah, kuning dan hijau. Di sini yang ingin ditonjolkan Ruth adalah Google ingin menjadi perusahaan yang selain menyenangkan namun juga menjadi dasar dari sebuah perkembangan #teknologi (alasan penggunaan warna dasar merah, biru, kuning). Sedangkan penempatan warna hijau di huruf L mempunyai makna bahwa Google tidak akan mengikuti tatanan yang sudah ada, melainkan mengkombinasikan dan menciptakan inovasi.

Hal ini juga yang menjadi salah satu penanda kelahiran Google dalam sisi penciptaan logo brand. Pada bulan September 1998, Google mulai mematenkan logonya dengan desain dari Ruth tersebut. Maka dari itu, bulan September kini seakan lebih erat ditasbihkan sebagai bulan lahirnya Google.

3. Dimulai Dari Proyek BackRub

Bagi yang sudah pernah menyimak sejarah lengkap lahirnya perusahaan Google, tentu sudah tahu bahwa sebelum menyandang nama Google, sebenarnya teknologi mesin pencari milik Larry dan Sergey tersebut mempunyai mana BackRub.

Kala itu, BackRub pertama kali ini dikenal pada bulan Januari 1996 mempunyai logo yang terkesan kurang menjual dan sangat biasa. Namun bagaimanapun, BackRub lah yang menjadi embrio lahirnya salah satu layanan digital yang bisa mengubah dunia seperti saat ini.




Baca juga: Inilah 6 Proyek Spektakuler Google yang Pernah Dijalankan Di Google X Lab

4. 7 September atau 27 September?

Menjawab pertanyaan yang muncul di awal artikel, bahwa sebenarnya Google mempunyai 2 tanggal lahir yakni pada tanggal 7 September dan 27 September. Jika alasan penggunaan bulan September sudah jelas, lalu mengapa hingga bisa muncul 2 tanggal tersebut?

Tanggal 7 September 1998 merupakan tanggal di mana Google resmi mendirikan perusahaannya. Namun sebuah pernyataan yang cukup unik lontarkan pihak Google pada tanggal 27 September 2005, yang isi kurang lebih mengatakan bahwa Google memang pertama kali membuka perusahaan memang pada tanggal 7 September 1998, namun mengenai tanggal tepat kapan ulang tahun Google, itu tergantung kapan orang-orang ingin merayakannya.

Nah, dari situ akhirnya tanggal 27 September juga digunakan sebagai hari ulang tahun Google. Dan ke depan, kita tidak ada yang bisa menebak Google akan menggunakan tanggal 7 atau 27 September sebagai hari ulang tahunnnya. Meski sedikit aneh, namun hal ini sangat unik tentunya.

Yang pasti Google akan terus berinovasi dan menciptakan berbagai layanan teknologi yang lebih baik lagi. Kita tunggu saja gebrakan selanjutnya dari mbah Google, ya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud