4 Cara Untuk Memperkuat Koneksi Bisnis Anda

4 Cara Untuk Memperkuat Koneksi Bisnis Anda

koneksi  bisnis

Dalam bisnis banyak hal dan faktor yang bisa menjadikan perjalanannya menuju puncak kesuksesan. Salah satu hal atau faktor yang sangat mendukung bisnis untuk mencapai sukses tersebut adalah koneksi. Maka bagi Anda pebisnis yang memiliki usaha, koneksi ini sudah menjadi sesuatu yang wajib dan pastikan untuk Anda miliki.

Semakin banyak baik hubungan Anda dengan hal ini, maka semakin besar pula peluang Anda untuk sukses dalam bisnis. Koneksi atau relasi bisnis yang bisa berasal dari pelanggan, supplier, rekanan atau investor ini akan membantu Anda dalam melancarkan bisnis atau saat Anda berada dalam kesulitan tertentu.

Jangan lupa juga untuk menjaga hubungan yang baik dengan koneksi bisnis Anda. Banyak dari pebisnis yang hanya terpaku pada jumlah koneksi yang bisa didapat. Mereka lupa bahwa dengan menjalin hubungan yang lebih kuat dengan para relasi, maka bisnis pun akan semakin cepat bertumbuh.

Lalu seperti apakah cara yang bisa digunakan untuk menguatkan koneksi bisnis yang kita miliki? Berikut ulasannya.

1. Jangan Segan Memberi

Cara pertama untuk bisa memperkuat koneksi bisnis adalah memberi. Meskipun ini bisnis, namun bukan berarti Anda harus bisa mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya. Dalam bisnis, ada banyak hal selain hanya mencari profit.

Maka memang tak bisa disangkal bahwa masih banyak pebisnis yang hanya mengharapkan sesuatu yang bisa ia dapat dari para koneksi binsisnya. Padahal pola pikir seperti ini tidak berlaku efektif untuk membantu Anda memperkuat koneksi bisnis. Maka yang harus Anda lakukan sebenarnya adalah memberi. Berikanlah sesuatu yang Anda bisa berikan guna membuat koneksi bisnis semakin kuat dan langgeng.

Ini sebenarnya sebuah prinsip umum dalam hidup. Siapa yang ingin mendapatkan lebih, maka ia harus mau memberi terlebih dahulu, bukan mendapatkan dulu baru memberi. Ilmu hidup telah mengajarkan kita bagaimana makna konsep pemberian.

Artikel lain: Inilah Kepribadian Yang Akan Membuat Anda Semakin Dipercaya Dalam Berbisnis

2. Bagi Koneksi Anda ke Orang Lain

Guna memenangkan pasar, umumnya pebisnis akan menjaga dan merahasiakan dengan rapat-rapat koneksi atau relasi bisnis yang ia miliki saat ada yang menanyakannya. Namun ternyata prinsip ini tidak bagus untuk Anda terapkan. Bukannya akan menjadikan koneksi Anda kuat, menutup rapat-rapat relasi yang Anda miliki justru akan membuat bisnis Anda semakin tak berkembang.

Hal ini terjadi karena Anda tak mau terbuka dengan banyaknya kemungkinan yang ada. Padahal bisa jadi orang-orang yang menanyakan koneksi Anda adalah orang yang bisa menjadi relasi bisnis yang baru dan bermanfaat buat Anda.

Maka dari itu jangan segan untuk memperkenalkan koneksi Anda kepada orang lain. Dengan membagi koneksi kita ke orang lain ini juga akan membuat kita dianggap sebagai konektor yang sangat bersahabat dan asyik untuk diajak bekerjasama. Akhirnya dengan situasi yang demikian akan menjadikan jalinan koneksi bisnis Anda semakin kuat dan luas.

3. Jadilah Orang yang Memberi Pencerahan

Selanjutnya cara untuk memperkuat koneksi bisnis adalah dengan menjadi seorang yang selalu memberi pencerahan. Lagi-lagi ini mengenai konsep memberi. Sebagai pebisnis, Anda tidak boleh pelit membagi ilmu yang Anda miliki.

Membagi ilmu, pengalaman dan pencerahan tidak akan membuat Anda kehilangan ilmu, justru dengan membaginya Anda akan mendapatkan ilmu yang lebih banyal lagi. Selain mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi, dengan membagi ilmu dan pencerahan Anda akan berpeluang memperkuat koneksi bisnis yang Anda miliki serta memperluasnya.

Penguatan bisnis ini didapat karena saat Anda membagi ilmu dan pencerahan, Anda akan dianggap expert (ahli). Dengan situasi dimana Anda dianggap sebagai expert atau ahli, maka kesempatan pun semakin terbuka untuk menjalin koneksi bisnis yang kuat dan luas.

Baca juga: 6 Tips Mudah dan Sederhana Sukses Menjalin Networking Bisnis

4. Buat Jalinan Persahabatan yang Kuat

Terakhir, cara memperkuat koneksi bisnis adalah dengan membuta jalinan persahabatan. Meskipun konsep awalnya adalah relasi bisnis, namun dengan menjalin hubungan yang lebih intens, maka secara tidak langsung jalinan relasi Anda pun akan menjadi lebih kuat. Jadi jangan malu dan ragu untuk bicara soal lain selain bisnis di waktu-waktu tertentu.

Dengan menjalin persahabatan, maka Anda akan selalu terhubung kapan pun dan di mana pun dengan relasi Anda meski diantara keduanya telah memiliki bisnis yang berbeda atau perusahaan yang tak sama.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan