4 Cara “Pasti” Mendapatkan Uang dari Internet, Apa Pilihan Anda?

Mendapatkan-Uang-dari-Internet

Internet merupakan suatu jaringan global yang memuat jutaan bahkan milyaran konten yang tersebar dimana-mana yang dapat diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Salah satu fungsi Internet yang paling penting untuk diketahui adalah membuka usaha / berbisnis untuk mendapatkan uang dari internet.

Dengan milyaran konten yang ada di internet, tak jarang orang yang baru terjun ataupun yang sudah lama di dunia bisnis online dapat menghasilkan uang mulai dari puluhan juta hingga puluhan juta rupiah dengan berbagai cara bisnis yang mereka tekuni. Hal ini membuktikan bahwa bisnis internet merupakan bisnis yang sangat menjanjikan dan tidak kalah dengan bisnis offline. Selain kelebihan tersebut, bisnis online juga memiliki beberapa kelebihan, seperti yang dibahas di artikel ini: Beberapa Kelebihan Bisnis Online, tapi Jangan Terlena!.

Dan, satu hal lagi yang perlu kita tahu dalam bisnis online ialah bahwa “Tidak ada bisnis tanpa modal, bisnis yang gratis, dan teman-temannya”. Semua model bisnis apapun yang ada di internet jelas tentu membutuhkan modal, minimal koneksi internet dan waktu yang anda keluarkan untuk menekuni bisnis anda. Jadi, apa benar ada bisnis online yang gratis tanpa keluar modal? Anda bisa baca ulasannya disini: Apa Benar Ada Bisnis Online Gratis Tanpa Modal?

4 Cara Pasti Mendapatkan Uang dari Internet

Berikut ini beberapa cara “pasti” mendapatkan uang dari internet yang sering dilakukan oleh pebisnis di Indonesia maupun di luar negeri.

1. Menjual Produk / Jasa

Model bisnis ini merupakan metode yang sering dilakukan oleh para pebisnis dari yang pemula bahkan yang sudah ahli. Model jenis ini bahkan sudah menjadi sumber penghasilan utama para ahli dalam internet marketing yang sudah menekuni berbagai model bisnis bertahun-tahun. Jadi menjual produk atau jasa sendiri memang metode yang cocok untuk Anda yang baru terjun ke dunia bisnis.

Hal-Penting-Yang-Harus-Ada-di-Bisnis-Online




Hal Penting Yang Harus Ada di Bisnis Online

Tiga hal yang “HARUS ADA” dalam bisnis online adalah produk atau jasa, traffic (lalu lintas pengunjung), dan konversi (Pengunjung yang jadi beli). Tiga hal ini merupakan poin penting yang harus diperhatikan oleh pebisnis online, dan jika tidak ada salah satu nya, maka bisnis anda dapat dipastikan “GAGAL 100%”.

A. Produk / Jasa (Milik Sendiri atau Orang Lain)

Yang pertama adalah produk atau jasa. Yang dimaksud disini adalah sesuatu yang dapat kita jual ke orang-orang, entah itu barang buatan kita, jasa yang ditawarkan, atau bisa menjual produk atau jasa milik orang lain.

Misalnya Anda menjual burung LoveBird, maka Anda bisa gunakan internet sebagai media pemasaran. Jika Anda bisa membuat website, maka Anda bisa menjual jasa pembuatan website kepada orang lain. Kalau tidak punya produk sendiri gimana dong?

Tenang saja, internet merupakan sumber informasi yang sangat luas dan semuanya ada disini, Anda bisa gunakan produk atau jasa orang lain untuk dijual. Ya, anda dapat menjual barang orang lain dengan mengikuti program Affiliasi, Dropship, atau Reseller.

  1. Affiliasi merupakan program dimana kita bisa menjual produk atau jasa orang lain, dan jika ada yang beli melalui perantara Anda, maka Anda dapat komisi sekian persen sesuai perjanjian yang sudah disepakati.
  2. Dropship (mengambil keuntungan dengan menaikkan harga dari harga barang aslinya), hampir sama seperti affiliasi, Perbedaannya ada 2, yaitu 1) Pada cara promosi. Affiliasi menggunakan link referral sebagai bukti bahwa kita perantara nya, dan seterusnya akan di handle oleh pemilik barang sendiri. Sedangkan dropship adalah jika ada yang beli dan sudah mentransfer uangnya, kemudian kita menghubungi pemilik asli barang dengan mengirimkan alamat pembeli dan kita mentransfer harga barang asli produk. Perbedaan kedua antara affiliasi dengan dropship adalah 2). Pengambilan keuntungan. Jika affiliasi sudah pasti keuntungannya yaitu sekian persen dari harga produk, sedangkan keuntungan yang bisa kita ambil dari dropship adalah keuntungan dari harga barang yang sudah kita naikkan dari harga aslinya. Misalkan, harga barang asli nya 3.000.000, maka kita bisa naikkan menjadi 3.300.000, 3.200.000, 3.500.000, dan lain-lain, itu terserah Anda. Perlu diketahui bahwa untuk menentukan harga barang itu tidak boleh asal-asalan, misalnya men-Charge harga sangat mahal agar keuntungan melimpah atau justru men-Charge harga sangat murah sekali agar banyak yang beli. Walaupun itu semua tergantung Anda, tapi Anda haruslah melakukan riset harga terlebih dahulu.
  3. Reseller, merupakan cara menjual produk orang tapi kita harus “MEMBELI BARANG TERSEBUT TERLEBIH DAHULU KEMUDIAN KITA JUAL KE CALON PELANGGAN”. Perbedaan antara reseller dan affiliasi adalah affiliasi tidak perlu membeli barangnya, sedangkan reseller wajib membeli barang yang akan dijual.

Dari ketiga metode tersebut, menurut saya yang paling menguntungkan adalah metode Dropship. Anda bisa mempelajari selengkapnya mengenai Dropship mulai dari kelebihan dan kekurangan bisnis dropship, cara mencari supplier (pemasok produk), dan lain sebagainya. Dan beberapa hal penting tentang Dropshipping bisa Anda pelajari di halaman ini: Bisnis Dropship, Bisnis Online Tanpa Produk Sendiri.




B. Traffic Potensial (Lalu Lintas atau Pengunjung)

Hal kedua yang sangat penting, penting, dan penting adalah Traffic atau visitor. Tanpa pengunjung, siapa yang mau beli produk Anda? Pengunjung yang dimaksud disini haruslah “TERTARGET”, “RELEVAN”, dan “BUTUH PRODUK KITA”.

Apapun produk Anda, apapun jasa yang dijual, Anda harus “RISET TERLEBIH DAHULU”. Kita wajib meriset seberapa besar pangsa pasar, seberapa besar persaingan dari produk tersebut, dan seberapa banyak orang yang membutuhkan barang kita. Kita harus sesuaikan dengan kemampuan dalam mempromosikannya untuk mendatangkan traffic potensial.

Perlu kita ketahui bahwa sumber traffic tertinggi adalah dari mesin pencari Google dan Social Media Facebook. Ribuan bahkan jutaan orang telah mengunjungi situs tersebut setiap hari nya, hal ini menguntungkan buat kita karena kita bisa mencari traffic dengan sangat mudah.

Mendapatkan traffic melalui Google itu sebenarnya gampang, pertama Anda harus paham #SEO (Search Engine Optimization), kemudian mengoptimasi situs Anda, halaman produk, atau asset-aset produk Anda hingga mendapat peringkat yang baik di Google pada keyword yang tepat. Kemudian Anda juga bisa memakai jasa Iklan Google, situs Anda bisa tampil di halaman satu Pencarian Non-Organic Google pada keyword yang Anda inginkan dengan sangat mudah hanya dengan membayar sejumlah uang ke Google melalui program Google Adwords.

Melalui Facebook, sebenarnya juga sangat gampang. Facebook milik Mark Zuckerberg ini telah menjadi sumber traffic utama para pebisnis online. Di Facebook, Anda bisa menggunakan fasilitas gratis yang sudah disediakan, yaitu Facebook Fanspage. Silahkan buat Fanspage untuk produk anda, kemudian update sesuatu tentang produk Anda di FP tersebut, dan jangan lupa untuk menautkan link ke halaman “PENJUALAN ANDA”.

Artikel terkait: Cara Membuat Facebook Fanspage

Hal kedua yang bisa Anda lakukan di facebook untuk mencari traffic adalah dengan FB Ads. Hanya dengan beberapa ratus ribu saja iklan Anda akan dilihat orang ratusan bahkan ribuan orang, dan pengunjung-pengunjung tersebut jika Anda ahli, maka anda bisa rubah mereka menjadi uang, atau biasa disebut konversi. Dan hal yang terakhir adalah dengan menjaring para calon customer anda melalui status anda, tips-tips Anda, dan sebagainya, atau bisa disebut dengan Viral Marketing.

C. Konversi (Pengunjung yang beli)

Hal lain yang tak lupa adalah konversi. Akan tidak berharga kalau punya situs yang dikunjungi ribuan orang tapi hanya beberapa saja yang “Jadi Beli”. Maka dari itu, sudah saya bilang di poin traffic bahwa “PENGUNJUNG” yang mengunjungi situs Anda haruslah Tertarget, Relevan, dan Butuh Produk Anda. Jika sudah memenuhi 3 kriteria pengunjung tersebut, maka dapat dipastikan bahwa pengunjung tersebut akan 100% jadi beli, hanya tinggal tehnik closing & handling Anda saja.

Apalagi jika ditambah tehnik untuk meningkatkan konversi, salah satu nya adalah membuat sales letter yang baik, menaruh info bank di tempat yang sering dilihat, dan lain sebagainya. Jika Anda paham 3 hal itu (Produk, Traffic, dan Pengunjung), maka untuk menjalankan bisnis model penjualan produk atau jasa akan terasa sangat mudah sekali jika Anda paham caranya, dan akan mudah juga untuk menjalankan bisnis lain jika Anda paham konsepnya.

2. Menghasilkan Uang dari PPC (Pay Per Click)

Menghasilkan-Uang-dari-PPC

PPC, kependekan dari Pay Per Click, merupakan program periklanan yang melibatkan 3 pihak, yaitu Advertiser, Penyedia PPC, dan Publisher. Prosedure nya seperti ini, Advertiser membayar sejumlah uang kepada penyedia PPC untuk menampilkan iklannya, kemudian penyedia PPC tersebut membayar kepada para publisher yang sudah memasang iklannya tiap 1 klik, dan para publisher memasang kode iklan yang telah diberikan untuk ditaruh di halaman website-nya.

Untuk menghasilkan uang dari PPC, anda yang jadi publisher pada penyedia PPC, dan syarat utama untuk menjadi publisher adalah harus punya blog atau website. Beberapa situs yang menyediakan program PPC yang paling terkenal adalah Google Adsense, Bidvertiser, Kumpulblogger, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak Program PPC di seluruh dunia, hanya Google Adsense saja lah yang berani membayar mahal para publishernya. Ya, PPC milik perusahaan terbesar di dunia Google tersebut berani membayar 0,1 – 5 dolar perkliknya, tergantung pada niche blog Anda, asal pengunjung, dan beberapa faktor lainnya.

Dan.. Karena #Google berani membayar mahal, maka tidak akan mudah untuk pendaftarannya. Google Adsense juga terkenal yang sangat ketat pada penerimaan publisher baru.

Artikel terkait:

3. Mengikuti Program CPM (Cost Per Million)

Cost Per Million, kita dibayar tiap 1000 impression pada blog kita. Apa itu impression? Intinya seberapa banyak iklan tampil di blog Anda. Iklan yang dimaksud disini adalah iklan yang sudah kita setujui dengan pihak CPM, bentuk iklan dapat berupa PopUp, PopUnder, dan lain sebagainya.

Anda akan dibayar $5 tiap 1000 impression, tergantung pihak CPMnya. Semakin tinggi traffic blog Anda, maka semakin besar pula pendapatan Anda. Jika misal anda punya blog ber-PageViews 5000 perharinya, Anda tidak serta merta mendapat 5000 Impressions, kadangkala 1 kunjungan tidak akan ada iklan yang tampil, itu berarti tidak dihitung.

Dan menurut pengalaman saya, dari 5000 Pageviews, hanya 2000 saja yang akan dihitung impression. Artinya jika 1000 Impression adalah 5 dolar, maka minimal anda bisa mendapatkan 10 dolar perharinya, dan 300 dolar perbulannya.

4. Berminat dengan Program PTC (Paid To Click)?

PTC, kepanjangannya Paid To Click, artinya kita dibayar hanya dengan mengklik iklan yang tersedia, menunggu beberapa detik, dan mengkonfirmasinya. Metode seperti ini cocok bagi anda yang punya banyak waktu online, dan akan sangat tidak cocok sekali bagi anda yang hanya punya waktu minim ber-internet.

Penghasilan dari PTC menurut saya sangat minim sekali yaitu antara 0,0010 – 0,05, tergantung pihak PTC nya, ya memang karena pekerjaannya hanya mengklik iklan saja. Kelemahan PTC juga pada pembatasan jumlah iklannya, biasanya PTC membatasi antara 10 – 30 iklan saja yang boleh di klik setiap harinya. Dan jika dihitung, pendapatan anda dari PTC hanyalah 1000 sampai 5000 saja perharinya.

Pendapatan Anda akan lebih banyak jika Anda mengikuti beberapa PTC sekaligus. Cukup 5 saja, pendapatan anda bisa mencapai 5×5.000 = 25.000 perhari, artinya sebulan anda bisa mendapatkan 25.000×30 = 750.000.

Memang lumayan, apalagi jika Anda punya downline (Orang yang daftar lewat link Anda) yang aktif mengklik iklan setiap harinya. Anda akan mendapatkan sekian persen dari iklan yang telah diklik oleh downline Anda. Semakin banyak downline, maka semakin banyak pula penghasilan Anda.

TAPI… saya pribadi tidak merekomendasikan program PTC untuk dijadikan bisnis online jangka panjang, kalau hanya untuk iseng saja tidak masalah. Selain karena program PTC ini sangat menyita waktu, Anda juga tidak bisa scale up bisnis online dengan PTC. Saya lebih merekomendasikan bisnis online pada poin 1 dan 2.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Kesimpulan:

Setelah membaca post 4 cara pasti mendapatkan uang dari Internet ini, saya berharap Anda dapat menentukan model bisnis mana yang cocok untuk Anda tekuni.  Anda bisa menekuni lebih dari 1 bisnis di internet, semua itu tergantung kemampuan dan kemauan Anda. Semoga bermanfaat.



16 total comments on this postSubmit yours
  1. jadi penerbit iklan yang pasti,tapi trafik harus tinggi,jika sedikit percuma

  2. Untuk pemula tidak mudah memang untuk menghasilkan uang dari internet, tapi butuh kesabaran, kerja keras dan waktu.

  3. Blog untuk cari duit lama nunggu nya,kalau PTC cepet,sekali klik dapet duit.

  4. Terima kasih atas masukannya.saya baru proses mencari traffic.maklumlah baru sedikit.

  5. Klo bleh tahu,,, kira2 iklan di web ni ppc pa cpm?

  6. COba aja googling

    Suami Bilang Vagina KENDOR pembesar penis arab

    itu iklan kumpulgober sampe keindex di google, intinya blog kita juga kedetect sebagai blog dewasa. blog bokep blog mesum. pantes aja serp jadi turun, orang blognya turn to adult gitu hahahahaha

  7. semua cara yang agan katakan pasti akan sesuai rencana ketika kita mengerjakannya dengan serius.

  8. Kalo CPM biasanya mereka pake deteksi IP Unik. Jadi mungkin 1 IP/hari. Karena kalau tidak mereka rugi kita usernya hanya merefresh2 sendiri.

  9. saya masih awam tpi akan saya coba satu ler satu yg sudah anda rekomendasikan itu

  10. Pemasukkan info yang mahal,ini saya jadikan ilmu…

  11. Maen ptc atau GA aduh udah capek tapi hasilnya kecil, gak sesuai
    mending maen affiliasi disini gan *NO LINK*
    rekrut 1 anggota ip indo $5, rekrut 1 anggota ip us $23
    proses pendaftaran agak ribet, tapi terbukti 1jt persen membayar gan
    min payout $100 langsung masuk ke akun bank ente tiap awal bulan gan

  12. Cara dapetin $10 / hari, mudah kok. Instal WHAFF cari di playstore. Setelah instal klik login pilih salah satu email, fb, gmail. Masukin premium code BB90657.

  13. CPM kayanya boleh di coba tuh..
    Biasanya saya nyari situs ponzi baru mas . invest2 dollar atau bitcoin gitu. Kalo membayar ya untung. Tapi banyak yang SCAM juga alisa tidak membayar

  14. Saya mau nyoba GA sambil main PTC kayanya menarik.

  15. Hallo pak… terima kasih informasinya. Saya sedang dalam proses menaikkan traffik untuk selanjutnya mengikuti petunjuk bapak seperti dalam tulisan ini.
    sukses selalu ! Salam :)

  16. cape Bang gw kalo klik iklan dari PTC udh jalanin yah cuman gitu kecil hasilnya. Mending pasang GA aja deh

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud