4 Cara Agar Pertemanan Anda Tak Dihapus Oleh Sahabat di Facebook

facebook unfriend

Bermain media sosial seperti Facebook memang menyenangkan. Kegiatan yang dilakukan melalui jaringan #internet di dunia maya ini selalu menjadi favorit masyarakat di kala waktu senggang. Dengan membagi status, berbagi foto, chat, berkomentar dan lainnya, pengguna Facebook selalu merasakan kesenangan hingga kepuasan  batin.

Namun ternyata, dibalik kesenangan dan kepuasan Anda menjalankan aktivitas di Facebook, ada orang lain yang mungkin saja tersinggung, tak suka dan akhirnya menghapus pertemanannya dengan Anda.

Sebagai media yang bisa diakses oleh siapa pun, jejaring sosial memang memiliki kesan bebas. Namun sayang banyak orang menganggap media sosial termasuk Facebook ini adalah miliknya atau dunianya sendiri hingga tak memperhatian bahwa ada orang lain juga yang menggunakannya.

Maka yang terjadi adalah hal negatif seperti ketersinggungan, pertentangan hingga pemutusan pertemanan. Situasi ini tentu sangat berbahaya karena pertemanan di media sosial, termasuk Facebook umumnya banyak berdampak langsung pada petemanan di kehidupan nyata.

Sebagai makhluk sosial, tentu Anda tak ingin hal negatif ini menimpa Anda kan. Pertemanan yang baik, termasuk di dunia maya memang seharusnya dijaga sampai kapanpun. Untuk bisa membuat pertemanan Anda langgeng dan tidak dihapus, maka Anda membutuhkan beberapa trik berikut ini yang bisa diterapkan pada akun Facebook Anda.

Artikel lain: Ini Tanda Seseorang Menderita Facebook Addiction Disorder, Waspadalah!

1. Selalu Respon Postingan dan Pesan Yang Melibatkan Anda

Jika nama Anda di tag atau ditandai pada sebuah postingan, pesan atau komentar oleh teman di #Facebook, maka itu artinya mereka ingin mendapatkan respon dari Anda. Apabila memang hal ini terjadi, maka sebaiknya Anda harus meresponnya, jika Anda ingin pertemanan Anda terus berlangsung. Namun bila Anda tidak membalas postingan atau pesan yang melibatkan Anda, maka teman Anda pasti kecewa dan jika hal ini terjadi beberapa kali bukan tidak mungkin Anda akan dihapus dari daftar pertemanan di Facebook.

2. Jangan Menodai Foto Teman

Gambar atau foto di #media sosial memang memiliki arti yang sangat penting hampir bagi seluruh penggunanya. Buktinya lihat saja deretan foto profil Facebook teman-teman Anda, apakah mereka akan memilih foto yang buruk? Foto profil atau foto-foto lainnya memang selalu diambil yang paling terbaik dari yang baik. Tak jarang dari mereka bahakan melakukan editing terlebih dahulu sebelum diposting agar terlihat baik dan sedap dipandang.

Maka dari itu, jangan sampai Anda sebagai teman di media sosial merusak atau menodai album foto teman-teman Anda. Beberapa kasus yang sering muncul terkait hal ini adalah melakukan tag atau menandai foto pada nama teman Anda yang sangat membuat mereka kemudian tersinggung, karena foto yang Anda tag tidak sesuai keinginan mereka. Maka dari itu sebelum melakukan tag foto, sebaiknya Anda mengkonfirmasi terlebih dahulu pada teman Anda. Jangan asal tag atau sembarang menandai foto.

3. Kirimkan Ucapan “Selamat Ulang tahun”

Cara berikutnya untuk menghindari dihapusnya pertemanan di Facebook adalah dengan mengirimkan ucapan atau pesan ulang tahun. Ya, pada setiap kesempatan, kita memang seringali mendapatkan pemberitahuan tentang hari ulang tahun (ultah) dari teman-teman kita di Facebook. Nah, jika saatnya itu tiba, sekedar mengucapkan “Happy Birthday” atau “Met ultah” akan membuat pertemanan Anda di Facebook tetap langgeng dan terus terjalin.




Jika Anda memang sedang sibuk hingga membuat Anda tidak sempat mengakses Facebook dalam beberapa hari saat ultah teman Anda muncul, maka jelaskan saja di inbox perihal keterlambatan ucapan selamat tahun buatnya.

Baca juga: 5 Tips Aman Akses Internet Dan Media Sosial Bagi Anak

4. Tahan Keinginan Untuk Melampiaskan Kekesalan

Memang terkadang dalam sebuah hubungan tak selamanya berlangsung dengan baik, ada kalanya hubungan itu redup karena banyak faktor. Jika Anda memang sedang kesal pada teman Anda, maka Anda harus bisa menahan diri. Jangan langsung melampiasan rasa kesal Anda ke media sosial.

Rasa kesal dan kemarahan memang tidak baik untuk dicantumkan pada beranda Facebook. Selain akan membawa pada penilaian tentang karakter dan citra Anda oleh teman-teman Anda yang lain, penyampain kekesalan dan kemarahan akan seringkali berdampak pada hancurnya pertemanan yang ada. Penghapusan pertemanan di Facebook adalah hal yang akan mungkin terjadi jika Anda sering melakukan hal ini.



1 comment on this postSubmit yours
  1. tampaknya nomor 3 sering saya lewatkan… hehe
    thanks infonya :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud