4 Brand yang Sukses “Numpang Tenar” Popularitas Film Star Wars

film Star Wars

Image dari Cinemablend.com

Dalam beberapa waktu terakhir, dunia tengah kembali diguncang demam film sci-fi Star Wars dengan seri terbarunya Star Wars: The Forces Awakens. Film yang sudah cukup lama vakum menelurkan seri terbarunya tersebut, nyatanya masih ramai peminat. Tidak hanya di Amerika sebagai kampung halamannya, seri Star Wars: The Forces Awakens juga berhasil mencuri perhatian para penikmat sinema di berbagai belahan dunia.

Bahkan kabarnya film yang pertama kali dirilis di Indonesia pada tanggal 15 Desember tahun lalu tersebut, berhasil mencatat rekor pendapatan sebesar 238 juta dolar dalam minggu pertama rilis premier. Berkat pencapaian tersebut, beberapa asosiasi perfilman menobatkan seri yang masih mengisahkan tentang perang antar galaksi tersebut sebagai film dengan pendapatan terbesar sepanjang masa.

Pesona Film Star Wars Menarik Minat Brand Bisnis

Namun jika kita berbicara dari sisi yang lain, ternyata euphoria kembali bangkitnya film Star Wars, juga berhasil dimanfaatkan oleh beberapa brand bisnis untuk meningkatkan citra maupun penjualan. Banyak brand dunia yang kemudian menjalin kerjasama untuk menggunakan nama serta pernak-pernik film Star Wars: The Forces Awakens demi meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk brand tersebut.

Kerjasama yang dijalin hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari penggunaan nama film, tampilan visual, hingga endorse para pemeran film Star Wars: The Forces Awakens untuk membintangi beragam iklan atau media promosi.

Artikel lain: Inilah 6 Brand Bisnis yang Gunakan Emoji untuk Strategi Pemasarannya




Dan berikut ini beberapa brand bisnis yang akhirnya menuai kesuksesan berkat kerjasama dengan film besutan produser JJ Abrams tersebut.

1. Disney

Brand bisnis pertama yang berhasil meraup banyak keuntungan dari rilis film Star Wars yang ke-7 adalah perusahaan animasi Disney. Sebagai pihak yang menjadi distributor film Star Wars untuk pasar di seluruh dunia, Disney praktis menjadi perusahaan yang paling terdampak jika terjadi kerugian ataupun sebaliknya keuntungan besar dalam film tersebut.

Namun upaya Disney untuk berhasil mem-boomingkan kembali film Star Wars yang terakhir kali dirilis tahun 1983 tersebut nyatanya tidak main-main. Disney menggelontorkan dana yang sangat besar untuk melakukan #promosi di berbagai media utamanya rumah online. Khusus untuk media sosial, perusahaan animasi ternama tersebut bahkan berhasil menjadikan Star Wars sebagai trending topic selama beberapa waktu.

Seperti salah satunya di media sosial Twitter, lewat beragam kampanye hashtag serta emoji khusus Star Wars: The Forces Awakens,  film yang satu ini akhirnya bisa dikenal dan menarik minat jutaan pengguna media sosial hanya dalam waktu beberapa hari saja. Kini dengan kesuksesan serta pendapatan yang mampu dikeruk oleh film Star Wars terbaru, tentunya tak sedikit pula pundi-pundi keuntungan yang mengalir ke kantong perusahaan Disney.

2. Motorola

Brand bisnis kedua yang juga berhasil memanfaatkan popularitas seri film Star Wars terbaru adalah perusahaan perangkat telekomunikasi Motorola. Perusahaan yang juga berbasis di Negeri Paman Sam Amerika tersebut memang tidak secara langsung bersentuhan dengan produksi film Star Wars. Namun lewat kerjasama pembuatan perangkat #smartphone khusus edisi terbatas Star Wars Droid2, nyatanya mampu mengalirkan keuntungan bagi perusahaan Motorola.




Pada waktu menjelang rilis film Star Wars, Motorola mengadakan sebuah kompetisi trivia eksklusif via Twitter bagi para followers brand teknologi tersebut. Dengan hadiah perangkat smartphone Star Wars Droid2, tentu saja animo pengguna media sosial begitu deras untuk mengikuti kompetisi tersebut.

3. Kraft

Masuk ke ranah bisnis kuliner, perusahaan produsen keju Kraft nyatanya juga tak mau ketinggalan untuk memanfaatkan tren film Star Wars. Hampir sama dengan yang dilakukan oleh Motorola, Kraft juga merilis produk baru yakni keju Mac and Cheese spesial seri Star Wars. Dengan basis konsumen yang memang sudah menyebar ke seluruh dunia, promo terbaru dari Kraft tersebut tentu semakin mempertegas dominasi kraft sebagai produsen keju terbaik di dunia

Baca juga: Peran Fitur Hashtag / Tagar Untuk Maksimalkan Marketing Online Anda

4. Verizon

Dan brand terakhir yang ikut memanfaatkan dan rilis film Star Wars adalah perusahaan provider telekomunikasi Verizon.  Langkah bisnis yang dilakukan oleh Verizon nampaknya cukup unik yakni dengan membuat sebuah program tanya jawab eksklusif via Twitter dengan sejumlah film Star Wars.

Kesempatan untuk bisa bertanya langsung kepada bintang idola tentunya tidak disia-siakan oleh para follower dari perusahaan Verizon untuk mengikuti program tersebut. Tidak hanya itu, Verizon juga membagikan beberapa tiket premiere film Star Wars: The Forces Awakens secara gratis kepada para followernya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. EA juga termasuk…

    yang buat game Star Wars Battlefront tuh :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud