3 Tips Sukses Melayani Pelanggan Selama Lebaran Idul Fitri

3 Tips Sukses Melayani Pelanggan Selama Lebaran Idul Fitri

pelayan toko
Image dari Writeology.net

Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah atau lebih dikenal dengan hari Lebaran 2015 akhirnya tiba. Sebagian besar masyarakat Indonesia umumnya akan merencanakan banyak agenda untuk menyambut hari libur nasional ini. Saya pun punya beberapa agenda dalam lebaran tahun ini. Hari lebaran yang memiliki nuansa lain dengan libur yang cukup panjang di dalamnya memang akan membuat banyak orang melakukan aktivitas yang cenderung berbeda dengan hari-hari biasa.

Hal yang juga seringkali menimpa para pengusaha (entrepreneur) di hari lebaran. Ini karena tak sedikit pengusaha, terutama pebisnis offline yang kemudian meliburkan para karyawannya agar mereka dan karyawannya bisa refresh kembali nantinya pasca lebaran.

Di lain kasus, ada beberapa pengusaha yang karena bergerak di online yang memanage bisnisnya sendiri dan tak merasa kerepotan, mereka masih coba membuka dan melayani para pelanggan toko onlinenya. Bagi Anda pebisnis online yang juga membuka #toko online selama lebaran, Anda bisa menjalankan tips sukses berikut ini.

1. Buat Agenda Selama Lebaran

Seperti yang dibahas sebelumnya di mana pada hari lebaran umumnya sebagian besar orang dan pengusaha akan melakukan hal yang berbeda dengan hari biasanya, pebisnis bisa melakukan pemberitahuan tertentu tentang rencana Anda terkait libur lebaran? Anda bisa mengumumkan beberapa hal kepada para pelanggan Adan seperti  informasi bahwa Anda akan tetap buka atau tutup sementara waktu atau agenda lain semisal gathering atau #promosi produk selama hari lebaran.

Ini adalah hal yang penting untuk Anda lakukan sebagai pebisnis online. Dengan adanya pemberitahuan tersebut, pelanggan Anda pun akan mendapatkan sebuah kejelasan yang pasti tentang bisnis Anda selama hari lebaran. Gunakan berbagai media yang Anda miliki untuk pemberitahuan Anda tersebut seperti website, #media sosial, email dan lain sebagainya.

Jika Anda memilih untuk libur atau offline saat lebaran, selain memberitahukan perihal layanan yang offline, jangan lupa juga untuk menutup atau membuat offline pula nomor telepon layanan yang tertera di website atau sosial media.

Artikel lain: 6 Trik Menangani Pelanggan Bisnis yang Sulit

Hal ini dilakukan agar Anda tak mendapat citra buruk dari rasa kecewa pelanggan apabila hal sebaliknya terjadi saat nomor telepon Anda buat online, namun tak mendapat respon dari Anda. Satu hal juga yang tak boleh terlewat saat Anda melakukan pemberitahuan adalah menyisipkan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri.

2. Konsisten dalam Melayani Pelanggan 

Meskipun Anda kemudian memutuskan untuk tidak membuka atau melayani pelanggan toko online secara penuh seharian, Anda harus konsisten dengan hal itu. Jangan sampai Anda tidak menepati keputusan Anda sendiri.

Ketidakkonsistenan Anda pada keputusan terkait pelayanan toko online akan membuat pelanggan Anda kecewa. Dan jika pelanggan sudah kecewa tentu situasi ini akan sangat membahayakan bagi bisnis Anda karena bisa jadi pelanggan akan meninggalkan Anda dan beralih kepada kompetitor Anda.

3. Tetap Berikan Sapaan Hangat Kepada Pelanggan 

Hari lebaran yang identik dengan liburan, tak menutup Anda sebagai pebisnis untuk tetap menyapa para pelanggan bisnis dengan hangat.

Apalagi hari lebaran yang seringkali dimanfaatkan banyak orang orang untuk saling mengucapkan selamat dan berbagi maaf. Tentu hal ini adalah peluang dan kesepatan emas Anda sebagai pebisnis untuk menyapa para pelanggan dengan ucapan hari raya idul fitri dan memohon maaf lahir-batin kepada para pelanggan Anda.

Baca juga: 4 Tipe Calon Pelanggan Ini Wajib Kita Kenali

Selain dua sapaan tadi, Anda juga harus menyapa dengan hangat beberapa pelanggan yang datang dan berkunjung ke toko online Anda saat lebaran. Jangan tunjukkan rasa keberatan saat melayani mereka meskipun hari libur lebaran membuat Anda tetap bekerja. Jika Anda bertanya kenapa pebisnis harus tetap memberi sambutan dan sapaan yang baik saat lebaran yang notabene musim liburan, Anda harus kembali memahami teori konversi.

Pengaruh sebuah sapaan pada tingkat konversi kunjungan website bisnis memang sangatlah besar. Itulah yang membuat sebuah sapaan harus selalu ada, entah saat hari biasa atau pada hari besar atau hari libur nasional. Jangan lupa juga bahwa pada kebanyakan hari besar tersebut ada banyak momentum yang bagus untuk menyapa dengan sebuah ucapan yang terkait perayaan hari besar tersebut, termasuk hari lebaran ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan