3 Tips Menentukan Niche Blog yang Tepat Buat Blogger

cara menentukan niche blog

Blog sebagai #media online saat ini menjadi sesuatu yang cukup diperhitungkan. Beberapa blogger (pemilik dan pengelola blog) sendiri sekarang sudah tak lagi ragu dengan aktivitas yang dijalaninya. Hal ini dikarenakan aktivitas blogging kini telah menjadi sebuah profesi yang menghasilkan pendapatan dengan melakukan monetisasi. Maka tak ayal kemudian banyak orang yang mencoba peruntungannya di dunia bloging ini.

Salah satu jenis blog yang seringkali dijadikan andalan oleh para blogger untuk mendapatkan penghasilan adalah niche blog. Niche blog (blog yang membahas satu tema khusus) memang sebuah blog yang berpeluang besar menjadikan usaha monetisasi blog menjadi sukses.

Dengan niche blog yang sangat kuat maka seseorang bisa menarik banyak pengiklan datang sehingga penghasilan pun juga semakin besar.  Meskipun sudah mengetahui bahwa niche blog memiliki banyak memiliki keutamaan dari blog personal, namun masih saja banyak blogger yang kebingungan saat menentukan tema yang akan ditetapkannya sebagai niche blognya.

Artikel lain: 7 Hal Yang Membuat Niche Blog Lebih Menguntungkan

Tak ayal jika kemudian tak sedikit dari para blogger yang juga mengalami kegagalan dalam membangun niche blognya. Hal ini dikarenakan pada saat pemilihan tema khusus, para blogger ini tidak melakukan eksplorasi diri secara serius dan mendalam. Niche blog memang butuh eksplorasi diri yang besar, tanpa itu bisa dipastikan niche blog akan berjalan dalam beberapa jangka waktu saja. Lalu seperti apakah cara atau tips mengeksplorasi diri guna menentukan tema niche blog yang tepat dan mampu membawa kesuksesan ini? Berikut ulasannya.

1. Pilih Topik yang Kamu Sukai

Tips pertama mengeksplorasi diri untuk menentukan niche blog yang tepat adalah dengan memilih tema yang paling disukai. Kalimat ini mungkin masih membingungkan, karena banyak orang yang memiliki banyak kesukaan.

Jadi kesukaan yang bagaimana yang dimaksud? Untuk menentukan hal ini, Anda harus menanyakan diri Anda secara terus-menerus tentang apa hobi, passion serta kegiatan yang sering kamu lakukan dengan sangat nyaman. Ketiga unsur ini harus mendapatkan satu jawaban yang sama, kerena niche blog membutuhkan hanya satu tema saja.

Jika Anda masih merasa kurang yakin dengan jawaban yang Anda peroleh, Anda bisa bertanya kepada orang lain, terutama orang-orang terdekat Anda. Tanyakan pada mereka apa yang mereka pandang tentang diri Anda, hal apa yang biasanya mereka lihat tentang aktivitas yang Anda sukai. Jawaban dari orang-orang terdekat ini akan membantu untuk menentukan passion atau kesukaan Anda.

2. Pilih Topik yang Dikuasai

Langkah berikutnya dalam eksplorasi diri guna menentukan niche blog adalah dengan memilih topik yang dikuasai. Ingat jangan hanya pikirkan tema yang disukai saja, namun lebih dari itu Anda juga harus memikirkan topik atau tema yang Anda kuasai.

Ini penting karena dengan penguasaan tema, Anda tidak akan mengalami kesulitan dan kesusahan dalam mengupdate konten tulisan di blog. Namun sebaliknya jika Anda tidak menguasai topik atau tema, maka Anda akan kesusahan untuk membuat konten dan juga melayani beberapa komentar dan pertanyaan yang muncul dari pengunjung Anda.




Maka dari itu cobalah untuk memikirkan hal-hal tentang keahlianmu dan bidang penguasaanmu? Untuk menemukan keahlian dan penguasaan, jangan selalu berpatokan pada jurusan  pendidikan yang sudah ditempuh. Ada banyak orang di luar sana malah menemukan bakat dan keahlian yang sesungguhnya dari kesukaan dan kecintaannya pada suatu bidang.

Baca juga: 5 Tips Sukses Menjadi Food Blogger di Indonesia

3. Menentukan Niche Blog Berdasarkan Hot Topic

Terakhir, untuk menntukan niche blog yang tepat adalah dengan menyesuaikan dengan pangsa pasar yang ramai dikunjungi netizen. Ini adalah komponen penting jika Anda ingin cepat mendapatkan hasil dari usaha monetisaisi blog Anda.

Pilihlah topik yang biasanya dicari banyak orang di #internet seperti bisnis, kesehatan, berita selebriti, dan lainnya. Untuk menemukan pangsa pasar yang sedang laris manis ini, alangkah baiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan di internet. Sebenarnya tidak ada topik yang tidak ada peminatnya, tinggal bagaimana kita menemukan pangsa pasar dan teknik promosi yang tepat.

Sebuah topik khusus entah itu tentang suatu hobi yang baru dan tak biasanya akan memiliki kunjungan dari netizen. Namun tentu saja jika Anda memutuskan untuk memilih topik yang berbeda dari pangsa pasar, maka Anda harus sedikit lebih banyak bersabar untuk bisa menghasilkan pendapatan yang Anda inginkan dari blog Anda.



11 total comments on this postSubmit yours
  1. Terima kasih sebelumnya bang

    Saya ingin bertanya, apabila saya punya blog gado-gado dengan jumlah artikel 80 dengan pembahasan diantaranya tips blog, lifestyle, pengetahuan, dan software

    Lalu saya punya blog satu lagi dengan satu niche yaitu bisnis online, saat ini artikel berjumlah 5 buah, tetapi saya baru sadar bahwa terlalu tinggi persaingannya

    Yang menjadi pertanyaan saya apakah boleh apabila blog satu niche tersebut saya hapus dan ke-5 artikel tersebut saya publis ulang di blog gado-gado saya?

    Lalu keputusan mana yang harus saya ambil bertahan dengan satu niche tersebut atau berhenti sekarang

    • Saya coba jawab. Sebenarnya boleh saja, tapi nanti bisa jadi duplikat konten. Kecuali om Tegar hapus blog yang lama biar ga duplikat konten.

      • waduh.. malah dipangil om, saya masih mahasiswa bang,
        terima kasih bang jawabannya.

        Tapi menurut bang Rio lebih baik dipisah (blog gado-gado dengan blog satu niche) atau digabung saja ya bang?

        • Saya juga masih muda kog wkwkwk. Punya banyak blog itu membingungkan, kalo menurut saya gabungin aja ke blog yang lain asalkan topiknya masih sedikit nyambung. Misalnya topik tentang internet digabung dengan blog tentang dunia blogging, masih nyambung lah.

  2. makasih suh, suhu. kalau niche tertentu untuk blog baru kira2 satu bulan dapat pengunjung brpa???

  3. Tips yang sangat bermanfaat bagi saya dalam menentukan niche blog

  4. salam kenal buat semuanya ya….

    info yang menarik bos, numpang tanya kalau memilih niche bagaimana dg riset keyword terkait dg global jumlah pengunjung keyword, persaingan iklan + persaingan URL dan nilai CPC ? bagaimana sebaiknya proporsi yg dipilih?
    terimakasih

  5. Trimakasih gan infonya kebetulan saya mau bikin blog tapi binging menentukan Nice blog.

    Setelah saya baca postingan agan kini saya ada inspirasi buat menentukan Nice blog saya.

    Trimaksih salam sukses..

  6. Menurut saya pribadi lebih baik memilih niche yang sesuai passion dan/atau sesuatu yang kita sukai, sehingga nantinya tidak ada kejenuhan dalam menjalankan dan mengembangkan blog.

  7. Infonya sangat bagus, cuma masalahnya kita buat artikelnya bagaimana. Contoh niche tentang fahion sedang kita tidak tahu tentang fashion itu. Apa kita harus rewrite sebuah artikel.???

  8. Ok lae, makasih atas tipsnya. Semoga dapat membuat saya lebih rajin nge-blog.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud