3 Kisah Inspiratif, Untuk Pacu Munculkan Ide Kreatif

3 Kisah Inspiratif, Untuk Pacu Munculkan Ide Kreatif

ide kreatif
Image dari Science-all.com

Sudah banyak tips dan juga informasi bagaimana mengelola bisnis dan cara mengembangkan diri yang kami bagikan lewat situs ini. Pada dasarnya semua informasi tersebut bisa kita terapkan tergantung dengan kemampuan kita dan juga masalah yang sedang kita hadapi. Namun yang terkadang luput dari pemikiran kita adalah, bagaimana berpikir kreatif lewat solusi dari hal yang paling sederhana.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas 3 kisah pendek inspiratif yang semoga dapat membuka dan meluaskan cara berpikir kita dalam menghadapi sebuah masalah. Lewat kisah berikut ini, kita diajarkan untuk bisa mencari solusi lewat cara yang paling mudah atau yang dalam istilah bekennya menggunakan metode KISS alias Keep It Simple.

1. Detector Kotak Sabun

Pada satu waktu di salah satu perusahaan kosmetik produsen sabun mandi yang ada di Jepang, tiba-tiba muncul komplain dari salah satu pelanggannya karena menemukan kotak sabun yang tidak berisi alias kosong. Karena ingin mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan, pihak pengembang perusahaan lantas melakukan penyelidikan serta mencari cara agar masalah tersebut tidak terulang.

Dimulailah proses investigasi, pihak pengembang ternyata menemui bahwa ada celah dimana dimungkinkan sebuah kotak sabun tidak terisi oleh sabun dalam proses produksi dan kemudian menuju proses pengepakan. Celah ini terjadi karena beberapa hal yang memang sulit untuk dihindari. Oleh karena itu perusahaan mulai untuk mengembangkan teknologi agar kotak sabun kosong tidak akan diteruskan ke area pengepakan barang.

Artikel lain: Cara Kreatif Kembangkan Fungsi Otak Kanan

Jadilah sebuah mesin detektor berteknologi sinar X yang dapat melihat barisan kotak sabun yang akan menuju ke area pengepakan. Mesin canggih yang dioperasi kan oleh 2 pekerja tersebut, telah menelan biaya yang sangat banyak karena memang menggunakan teknologi tingkat tinggi untuk mengatasi masalah kotak sabun kosong.

Menilik ke arah yang lain, terdapat juga sebuah perusahaan kosmetik produsen sabun sejenis namun hanya dijalankan dalam skala kecil di pinggiran kota. Nyatanya produsen tersebut juga mengalami masalah yang sama untuk mengenali kotak sabun kosong yang masuk ke area pengepakan. Alih-alih memikirkan cara yang rumit, pemilik usaha tersebut mengambil kipas angin berukuran agak besar, dan meletakkannya di samping mesin alur kotak sabun. Dan walaa.. kotak sabun kosong akan terbang dan bisa dipisahkan dengan mudahnya.

2. Lift yang Terlalu Sibuk

Cerita berikutnya terjadi di salah satu pusat industri di kawasan Amerika. Di perusahaan yang super sibuk tersebut, ratusan karyawan hilir-mudik setiap harinya naik dan turun dari satu lantai ke lantai lain menggunakan fasilitas lift yang dimiliki gedung perusahaan. Namun karena jumlah karyawan yang terbilang sangat besar, banyak dari mereka yang mengeluh karena merasa menunggu terlalu lama ketika antri menggunakan lift.

Dipanggilah 3 orang ahli untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ahli pertama menyarankan kepada perusahaan untuk menambah jumlah lift agar kapasitas angkutnya juga semakin banyak. Ahli kedua menyarankan, untuk mengembangkan teknologi lift yang lebih cepat agar proses penghantaran karyawan juga bisa berlangsung dengan lebih efisien waktu.

Dari pemikiran yang ditawarkan oleh ahli pertama dan kedua, tentu membutuhkan biaya besar dan juga waktu yang sangat tidak sebentar. Namun tidak dengan ahli yang ketiga, ia melihat dari inti permasalah yakni para pekerja yang merasa bosan karena terlalu lama menunggu lift datang. Jadi ia menyarankan untuk memasang kaca sederhana di pintu masuk lift. Tujuannya, agar para pekerja lebih sibuk memandang dirinya sendiri dan perlahan melupakan waktu yang lama ketika menunggu lift.

3. Bolpoin Luar Angkasa

Dan kisah pamungkas, terjadi jauh di luar angkasa ketika beberapa astronot dari NASA menjalankan misi untuk melakukan penelitian. Dari situlah diketahui bahwa bolpoin yang akan mereka gunakan untuk melakukan pencatatan, tidak bisa bekerja di kondisi luar angkasa yang tanpa gravitasi. Dengan gravitasi nol, tinta bolpoin tidak bisa turun karena tidak ada tekanan.

Inilah yang kemudian membuat tim khusus dari NASA mulai memikirkan menciptakan sebuah teknologi bolpoin yang dapat bekerja dalam kondisi ekstrim seperti di luar angkasa, di dalam air, keadaan terbalik, hingga pengguna suhu di bawah mulai dari 0 derajat hingga 300 derajat celcius. Dengan biaya hampir US$12 juta dollar, akhirnya mereka berhasil menemukan teknologi bolpoin impian yang bisa digunakan untuk membuat catatan di luar angkasa.

Di lain pihak, apakah rekan-rekan tahu cara apa yang dilakukan oleh astronot dari Rusia agar bisa menulis di luar angkasa? Mereka menggunakan PENSIL !!!

Baca juga: Sukses Dengan Cara “Gila” Ala Richard Branson

Tiga kisah di atas mengajarkan kita untuk mulai membuka fikiran tentang cara berfikir yang sesimple mungkin untuk menghadapi sebuah masalah. Pada kenyataannya, kita sering dihadapkan dengan banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dan tidak jarang pula masalah tersebut terasa sulit untuk ditemukan jalan keluarnya.

Mungkin problemnya, bukan pada tingkat kesulitan masalah yang kita hadapi, namun justru kita yang terlalu mempersulit diri untuk menemukan solusi. Kita berfikir terlalu jauh tanpa menyadari ada potensi sederhana yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Semoga menginspirasi.

3 KOMENTAR

  1. Hebaat !! Ini baru yang di sebut inspirasi dan motivasi..

    makasih mas Marikxon

  2. boooh sumpah ini kisah yang mantap..
    kalo saya lebih suka yang kipas angin. itu benar-benar bikin kesel..
    karena yang satunya udah membeli alat canggih yang sangat mahal untuk mendeteksi kotak sabun yang kosong, dan ternyata itu buang-buang duit..
    toh dengan kipas angin aja bisa, terdeteksi.
    tinggal tarok kipas di dekat mesin berjalan..! jika ada kotak yang belu terisi maka dengan sangat sederhananya kotak kosong akan terpental sedirinya. kan enteng gak ada isinya..
    hahaha.

    yang nulis tau aja ya kisah inspiratif seperti ni.. salut bang..!!

Tinggalkan Balasan