Beranda Blogging 3 Jenis Komentar Blog Yang Bermanfaat Saat Blogwalking

3 Jenis Komentar Blog Yang Bermanfaat Saat Blogwalking

komentar blog

Dalam dunia blogging, kita tak hanya sekedar beraktivitas menulis konten. Ada beberapa aktivitas lain seperti blogwalking, sharing tulisan dan sebagainya yang seharusnya dimanfaatkan dan dimaksimalkan blogger untuk mensukseskan blognya.

Dalam blogwalking sendiri yang merupakan kegiatan mengunjungi blog orang lain ini, ada beragam hal yang bisa Anda kerjakan seperti membaca, berkomentar dan memfollow blog. Diantara tiga kegiatan tersebut, berkomentar adalah hal yang paling umum dilakukan oleh para blogger setelah aktivitas membaca.

Saat blogwalking dengan tujuan untuk meningkatkan trafic blog atau sekedar mencari inspirasi menulis ini tentu merupakan hal yang mendasar jika kita ingin mendapatkan feedback positif dari kegiatan tersebut. Maka dari itulah untuk mendapatkan feedback positif tersebut, Anda tak bisa sembarangan ketika Anda ingin menuliskan komentar Anda.

Kenapa? Ya selain untuk mendapatkan feedback positif tadi, komentar blog yang baik dari kita akan menjadikan pemilik blog tadi merasa dihargai dan bisa menumbuhkan semangat ngeblog dirinya. Komentar blog yang baik memang acapkali akan membuat blogger lebih bersemangat lagi dalam memposting tulisan-tulisannya. Maka jangan ragu untuk berkomentar baik demi menjaga hubungan yang baik dan mempertahankan aktivitas #blogging tetap membara di antara sesama blogger.

Lalu seperti apakah jenis komentar yang baik dicantumkan untuk kebaikan bersama saat melakukan blogwalking ini? Berikut ulasannya.

Artikel lain: Mengapa Moderasi Komentar di Blog Sangat Penting?

1. Ucapan Terima Kasih

Komentar blog pertama yang bisa memberikan manfaat antar sesama #blogger ketika blogwalking adalah ucapan terimakasih. Salah satu dari tiga ucapan manjur dalam hubungan manusia ini tentu sangat efektif pula digunakan dalam berkomentar saat blogwalking.

Selain bisa menumbuhkan rasa persahabatan, ucapan terimakasih atas tulisan yang telah disajikan akan membuat sang pemilik blog merasa tersanjung dan dihargai. Dengan demikian, maka Anda secara tidak langsung telah memberikan efek dan hal yang baik bagi blogger yang bersangkutan.

Meski hanya sekadar komentar blog singkat “Termakasih, bro”, hal ini akan memberikan sesuatu yang positif bagi blogger dan tentunya jaringan blog yang sedang Anda bangun. Walau komentar singkat sudah cukup untuk sesuatu yang bermanfaat bagi blogger, namun juga Anda tak terus terusan untuk berkomentar singkat.

Jika Anda punya pendapat sendiri yang baik, tidak ada salahnya Anda juga mencantumkanya pada blog tersebut. Ingat, Anda adalah seorang blogger yang identik dengan dunia kepenulisan juga. Jadi tulisan komentar pada beberapa blog juga merupakan bisa membuktikan eksistensi Anda sebagai blogger.

2. Ungkapan Setuju Atau Sepakat

Secara umum, semua manusia akan merasa senang jika pendapat dan argumentasinya mendapatkan dukungan dari orang lain. Hal ini berlaku juga pada dunia blogging. Saat blogger menulis sebuah tema atau topik tertentu, maka sebenarnya ia juga ingin mendapat dukungan dari blogger lainnya.

Lewat tulisan digital, ia menyampaikan pendapatnya tersebut agar dilihat, dikomentari dengan nada dukungan dan persetujuan. Ini adalah sifat dasar manusia yang seharusnya Anda maksimalkan untuk kegiatan blogging guna meningkatkan jaringan dan trafic blog Anda.

Maka dari itu saat blogwalking, ungkapkanlah rasa persetujuan dan kesepakatan Anda pada tulisan blog yang Anda kunjungi. Bila memang ada beberapa atau keseluruhan dari tulisan tersebut yang tidak sesuai dengan Anda, maka bukan tidak berarti Anda kemudian mencela dan berkomentar negatif. Dalam kasus ini Anda masih bisa mendukung tulisan tersebut dengan komentar blog seperti “saya setuju dengan Anda , namun ada baiknya jika …..”.

Lakukanlah dengan memberikan komentar blog yang elegan meski Anda tidak setuju dengan argumen pada tulisan blog tersebut.

Baca juga: Ini Kegiatan Blogwalking yang Semestinya Dilakukan Blogger

3. Pernyataan Manfaat Dari Tulisan yang Kita Baca

Jenis komentar blog terakhir saat blogwalking yang bermanfaat adalah pernyataan manfaat dari tulisan yang telah kita baca. Dengan menyatakan bahwa tulisan yang kita baca tersebut berguna dan bermanfaat, maka secara tidak langsung kita telah membangun hubungan yang baik dengan yang empunya blog.

Dan yang jelas dengan adanya komentar blog yang baik seperti pernyataan manfaat tulisan tersebut maka blogger yang membacanya akan jadi bersemangat lagi untuk menulis artikel-aritikel berikutnya yang lebih menarik dan berkualitas. Maka jangan ragu untuk berkomentar “wah, benar-benar bermanfaat nih tulisannya..” dan sejenisnya jika Anda ingin mendapatkan feedback yang positif untuk blog Anda.

51 KOMENTAR

  1. Kalau saya pribadi mungkin berkomentar di salah-satu blog atau website hanya bila artikel yang dibahas memang yang saya butuhkan. Bisa komen dengan jenis pertanyaan atau ungkapan tq atas upaya yang saya cari ada.
    Seperti kali ini saya hanya mengetik Komentar Blogger. Ternyata bisa terdampar disini, artinya artikel yang anda suguhkan memang menarik untuk disimak dan dicermati.
    Makasih sudah berbagi.
    Salam

  2. setuju mas , Memberikan Apresiasi Itu Bagus dan gak rugi buat kita.

  3. Saya sangat setuju dengan pernyataan artikel diatas …karena para pembuat blog akan lebih bersemagat lagi kedepannya untuk bisa berkarya ..karena dukungan dari kitalah para pembuat blogger ini bisa sampai disini sekarang…terima kasih artikel ini membuat kita menjadi lebih mengerti arti dari penulisan artikel

  4. Setuju bang aku untuk artikel ini…soalnya isinya sangat bermanfaat bagi orang yang membacanya semoga ..kedepannya artikel abang makin jaya ya bang terima kasih sebelumnya

  5. Terima kasih informasinya. Blognya ini dari dulu sangat menginspirasi saya dalam menulis dan melakukan pengembangangan blog..terima kasih

  6. setuju bos…karena komentar dari para pembaca membuat para blogger makin brekreasi di era kemajuan teknologi yang semakin canggih ini

  7. Saya sangat setuju dengan pernyataan artikel diatas …karena para pembuat blog akan lebih bersemagat lagi kedepannya untuk bisa berkarya ..karena dukungan dari kitalah para pembuat blogger ini bisa sampai disini sekarang…terima kasih artikel ini membuat kita menjadi lebih mengerti arti dari penulisan artikel

  8. Sebuah artikel yang wow…dimana disini kita belajar hal baru dari dunia internet yang makin berkembang didunia ini…..terima kasih kawan sudah berbagi ilmu dengan kami

  9. Saya biasanya selain blog walking juga bikin “brand” Saya dikenal dengan aktif di berbagai sosial media dengan menyertakan link yang bermanfaat ke situs Saya mas.

  10. Blog Belajar Bisnis Online

    Terimakasih gan udah mengigatkan, oya gua akan semakin rapi lagi menulis komentar. Terimakasih sekali lagi :)

  11. mantep bang klw saat kita nulis terus galama ada yg komentar aduh senang rasanya

  12. sudah berhasil dicoba,terima kasih. kunjungi kami di:
    skaamenities.com untuk kebutuhan amenities hotel villa dan
    semetonkopibali.com untuk kenikmatan taste kopi asli bali yg melegenda

  13. sangat bermanfaat buat meninggalkan jejak yang berkualitas

  14. terimaksih informasi yang telahdi berikan mas, sangat setuju mas, jika saling blogwalking kita akan menambah kerabat dekat. dan juga dapat menaikan trafik pada blog kita.

  15. obat kutil kelamin

    terimaksih untuk infonya gan ,, jadi tambah ilmu izin nyerap

  16. setuju mas , memang untuk membangun silaturahmi dengan sesama blogger kita harus baik dan juga saling memberi saran jika isi artikelnya ada yang kurang atau ada yang salah.

    • Iya betul banget mmang guys, berkomentar tu memang salah satu acuan ya bagi para penulis untuk bisa lebih baik lah dalam tulisannya

  17. makasih ilmunya om.. bisa lebih banyak belajar..

  18. wah, tambah ilmu lagi nih, jadi tau gimana etika berkomentar yang baik..
    makasih banyak maxmanroe,.

  19. terima kasih atas artikel abang, saya juga sepakat. Artikel abang bahasanya nyaman banget untuk di baca, juga menimbulkan penasaran, jadi bacanya harus sampai selesai. saya juga sedang belajar, semoga bisa menulis kayak abg. salam blogger dari PAdang

  20. Sepakat bang, saya setuju dengan pernyataan diatas. Sedikit tambahan saja, memberikan apresiasi lewat “pujian” atas jerih payah sang blogger dalam membuat artikel juga merupakan cara yg oke. :) thanks for sharing

  21. artikelnya mantap banget, no 3 saya rasa yang paling sesuai karena hal ini berarti orang yang komentar sudah membaca isi artikelnya…Salam sukses maxmanroe

  22. Kalo’ sya sering pake yg nmor 1. hemmm

  23. Prasetiawan Dije

    Yang paling sering sih yang nomor 3

  24. menurut pendapat saya dari 3 jenis komentar yang biasa di gunakan, pengunjung lebih banyak menggunakan yang nomor 3. kemudian yang pertama baru lah yang kedua

  25. Makasih banyak maxmanroe.com, tulisan nya bermanfaat buat saya yang baru belajar ngblog, pembahasan nya ringan dan mudah di cerna.

    Thanks ..

  26. digital televisi

    artikel yang menarik sekali..
    Emang betul secara mental dengan 3 commen tersebut menambah vitamin ngeblog..
    Untuk admin yang menulis post ini, ane ucapkan terima kasih !!! :D

  27. Selamat Sore agan” semuanya.
    Salam kenal, maxmanroe dan kawan-kawan blogger.
    Saya sebagai pemula, masih butuh kritik & saran yg bersifat konstruktif. silahkan berkunjung ke blog saya “nimbailmubarengkangadi”. saya sangat berharap masukan & bimbingan dr kawan” semua. Terima kasih

  28. Salam kenal, maxmanroe dan kawan-kawan blogger
    saya newbe, dan udah baca-baca termasuk koment-komentnya. tapi saya tidak melihat adanya link ke blog yang sudah niggal jejak.
    apakah setelah meninggalkan koment kita akan mendapat traffict ? kan blognya tidak ditampilkan :D.
    maaf kalo ada salah-salah kata.

    • Mas Yas pasti buka versi mobile web maxmanroe.com ya. Kalau versi desktopnya pasti ada link ke web yang komen di sini :)

  29. artikel yang menarik sekali, masta saya mau tanya apakah dengan cara berkomentar secara bertubi-tubi akan mempengaruhi blog positif ataukah negatif?, dan apa dampaknya jika tidak pernah berkomentar di blog orang lain? terima kasih atas jawabannya sebelumnya.

  30. Sy lg belajar ttg membuat blog, ternyata begini ya, hmm .. mulai skrg akan bnyk blogwalking n bsilaturahim lbh tepatnya .. ^.^ … terimakasih atas sharing infonya .. :)

  31. Setuju mas ulasannya. Kalau boleh tanya ada pengaruhnya nggak ya di traffic website kita mengingat sekarang ini koment banyak yang nofollow? Sorry newbie soalnya.

    • Kalau sering komentar di blog terkenal biasanya akan ada trafik dari sana (referral), itu kalau kita bicara trafik ya bukan dari sisi SEO ;)

  32. Benar om asep. Sy juga malu kalau BW cuma sekedar.basa.basi doang. Tar malah basi di liatnya. Klo sy berbagi aja sebisa mungkin. Lagian klo buat saya mah. Di feedback syukur yah gk ya tak apa”.namanya niatnya silaturahim. Ade pahalanye.huhuhuhu.

    Salam kenal semuanya
    Txu.om asep.artikelnya keren.sekeren orangnya.
    Tapi kerenan saya dong.hahahyy

  33. terimakasih tipsnya mas, saya masih newbi jadi harus banyak belajar nih dari maxmanroe hehe

  34. Saya newbie dalam duina bloging, dan artikel ini sangat bermanfaat bagi newbie seperti saya..
    Tapi menurut saya kurang 1 poin lagi, yaitu mencantumkan alamat website/blog kita di komentar agar orang2 yg berkomentar dapat mengunjungi blog kita. Sehingga bisa meingkatkan trafic blog kita.hehehe
    Contohnya ya saya ini :D admin dari blog UniqueNews didalamnya ada artikel artikel menarik mengenai teknologi :-)
    PS : maaf komentarx panjang

  35. Rumah Bogor Murah

    Salam kenal Mas, panduannya sangat bermanfaat bagi saya yang baru belajar, ijin bookmark dan terus berkarya.

  36. Terimakasih tipsnya sobat, simple tetapi sangat bermanfaat

  37. Trimakasih ya mas.. tips dan kiat yang bermanfaat buat saya terutama untuk pemula seperti saya. Akan saya coba praktekin cara cara di atas,salam kenal.. d tunggu kunjungan balik nya

  38. update baju muslim

    Tips bermanfaat, bisa dicoba nih. Saya juga masih newbie di sini. Visitornya masih bisa dihitung dengan sepuluh jari. Thanks ya.

  39. Benar sekali gan. Saya sangat sependapat dan setuju dengan agan. Artikel yang bermanfaat tentu harus dihargai dengan cara berkomentar yang baik. Seperti saya, dengan membaca sebuah konten atau artikel yang bermanfaat tentu menambah pengetahuan, ilmu dan wawasan saya. So, trimakasih atas info yang sangat bermanfaat ini Gan. Sukses selalu buat Agan yang tlah sudi memberikan berbagai pengetahuan kepada saya

  40. Abdurohman Afandi

    Emang betul secara mental dengan 3 commen tersebut menambah vitamin ngeblog…. thanks bro

  41. Benar Saya setuju dengan artikel ini karena memang karakater manusia adalah suka mendapat pujian, sanjungan, ucapan terima kasih. Dan sudah sepantasnya kalau kita mendapatkan hal yang bermanfaat dari orang lain untuk mengucapkan terima kasih, di dalam Agama Islam sendiri Nabi Muhammad SAW, bersabda: “Tidak dikatakan orang bersyukur/berterima kasih kepada Allah SWT, orang yang tidak pandai berterima kasih kepada manusia”.
    Kalaupun kita kontra atau tidak setuju dengan apa yang disampaikan orang lain, berarti kita telah memiliki argumentasi yang kita anggap lebih baik, dan sebaiknya saat kita menyatakan tidak setuju, tidak suka atau tidak sependapat maka baiknya kita sampaikan juga argumentasi terbaik kita. Kebanyakan diantara kita memang paling suka menyalahkan orang lain tanpa memberikan jalan keluar atau solusi.

  42. Wah, ini cocok buat pemula seperti saya. Terima kasih mas…

  43. Untuk admin yang menulis post ini, ane ucapkan terima kasih !
    Postnya sangat ane butuhkan untuk blog ane.

  44. Wah, ini cocok untuk panduan saya yang masih pemula di bidang blogging….terima kasih atas tipsnya mas, akan saya terapkan ketiga hal diatas saat blogwalking

  45. Wah lumayan nih buat Saya yang suka blogwalking sama temen-temen sesama Blogger :D
    Thanks mas Max!

  46. pas gan.. kadang banyak kli tuh orang – orang komnter cuma blng thks abis itu ninggalin jejaknya banyak kali..

Tinggalkan Balasan