3 Hal yang Sering Dilupakan Pebisnis Dalam Internet Marketing

Image dari hdimagelib.com

Image dari hdimagelib.com

Internet marketing memang sangat populer keberadaanya saat ini. Dengan segala kelebihan dan kemudahan yang ditawarkannya, pemasaran melalui jaringan #internet ini telah membuat banyak orang “jatuh cinta” untuk menekuninya.

Namun sayangnya dalam menjalankannya, pebisnis sering kali melupakan beberapa hal yang sebenarnya penting tapi dianggap sebagai sesuatu yang kuno. Lalu apa saja hal yang seringkali dilupakan oleh pebisnis dalam menjalankan #internet marketing ini? Berikut ulasannya.

1. Tingkat Kepercayaan Konsumen (Trust)

Hal pertama yang seringkali dilupakan para pebisnis dalam internet marketing adalah kepercayaan (trust) konsumen. Kepercayaan memang sesuatu yang sangat penting bagi seorang pebisnis untuk bisa meyakinkan konsumen untuk terus membeli produk Anda.

Sebagai sebuah bisnis yang baru, tentu tidak semua orang langsung bisa percaya dan yakin dengan pemasaran bisnis dunia maya ini. Banyaknya kasus penipuan dan penyalahgunaan akun pembayaran digital oleh oknum, membuat bisnis ini rentan pada keraguan konsumen.

Maka dari itu sebelum membangun dan mengembangkan bisnis dengan pemasaran internet, ada baiknya Anda berusaha membuat tingkat kepercayaan konsumen lebih baik. Meskipun kini pemerintah sudah mulai berusaha membuat sistem dan peraturan internet marketing yang aman dan nyaman bagi para pelaku dan konsumennya, namun bukan berarti Anda berpangku tangan pada pemerintah. Anda harus tetap menjaga keyakinan konsumen untuk bisa berbelanja aman, nyaman dan menguntungkan jika berbelanja via internet.

Artikel lain: Sebenarnya, Apa Itu Internet Marketing?

Sebuah pepatah kuno pun menjelaskan pentingnya sebuah kepercayaan dengan sebuah slogan “siapa terpercaya dia yang jadi juara”. Maka sudah selayaknyalah Anda sebagai pelaku #bisnis online menjadikan faktor trust ini sebagai kunci utama dalam melangkah menuju kesuksesan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapat trust dari konsumen. Lihat saja beberapa artikel lain di website ini.

2. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah hal yang juga seringkali dilupakan pebisnis saat terjun ke pemasaran internet. Pengetahuan yang kurang menjadi penyebab terlupakannya #SEO oleh kebanyakan pebisnis. Padalah jika pebisnis mampu menguasai SEO dengan benar, maka Anda akan lebih mudah untuk memenangkan persaingan dan menjaring lebih banyal konsumen di jejaring internet. Ini karena SEO berfungsi untuk menempatkan bisnis Anda pada posisi yang strategis di sebuah halaman mesin pencari yang seringkali digunakan pembeli saat mencari barang lewat internet.

Jika kita mengenal pepatah pemasaran lama yang menyatakan bahwa pembeli membeli karena alasan mereka, maka dalam pemasaran modern pada era pemasaran internet pepatah berubah menjadi pembeli mencari sesuai apa yang mereka pikirkan dan membeli sesuai apa yang mereka cari dan temukan.

Untuk itulah, Anda sebagai pebisnis yang memutuskan terjun ke jejaring dunia maya harus memahami perubahan yang ada ini. Anda tidak bisa lagi mengandalkan pemasaran lama yang ada karena kini konsumen telah banyak berubah dan beralih pada pencarian melalui mesin pencari seperti #Google.




Baca juga: Internet Marketer: Lupakan SEO, Buat Saya SEO Itu Menjebak!

#Mesin pencarian memang sangat memudahkan siapapun untuk mencari apa yang sedang ia inginkan atau dibutuhkan. Maka jika Anda tak bergerak untuk berstrategi di pencarian melalui search engine ini, Anda akan kehilangan banyak konsumen dan itu artinya sejumlah keuntungan akan lenyap dan berpindah ke tangan kompetitor. Untuk memenangkan pertarungan di mesin pencari maka mau tak mau Anda harus mengandalkan SEO.

3. Internet Marketing Penuh Dengan Strategi

Terakhir, hal yang seringkali dilupakan pebisnis dalam interner marketing adalah berpikir sesuatu yang lebih strategis. Pemasaran online memang mengandung banyak hal yang sebenarnya bisa dikembangkan dan dilakukan secara efisien dan efektif.

Dengan #teknologi yang ada dan jaringan internet yang sudah berkembang pesat membuat para pebisnis online bisa menciptakan sebuah strategi yang lebih efektif untuk Anda meningkatkan penjualan. Hal-hal tersebut seperti membuat sistem keagenan atau reseller. Dengan adanya pihak ketiga yang juga memasarkan dan menjual produk, Anda akan lebih terbantu untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga: Affiliate Marketing, Bisnis Yang Cocok Untuk Blogger Pemula

Menciptakan sistem keagenan adalah salah satu contoh dalam konsep berpikir yang lebih strategi. Anda bisa mengembangkan teknik lain yang mungkin bisa lebih strategis untuk kepantingan internet marketing Anda. Jangan ragu untuk melakukan terobosan dan inovasi dalam pemasaran melalui dunia maya ini. Sebab sesuatu yang sukses sekarang juga muncul dari sesuatu yang belum ada sebelumnya. Be Inspired!



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud