3 Hal Penting Untuk Menjaga Performa Kerja Anda

Image: shiftindonesia.com

Bekerja merupakan hal wajib bagi kita semua. Tanpa bekerja maka kita tidak akan bisa memenuhi kebutuhan hidup kita dan keluarga kita, termasuk untuk menggapai keinginan kita yang lain. Tetapi, di dalam bekerja juga memerlukan performa kerja. Walau Anda seorang pengusaha, itupun juga bekerja. Jadi bekerja tidak terbatas pada suatu status pekerjaan kita.

Dalam bekerja, sangat menuntut kita untuk mamacu performa diri secara maksimal. Baik fisik, pikiran, dan waktu kita akan terkuras saaat melakukan pekerjaan. Untuk mencapai performa yang bagus dalam bekerja, kita perlu memperhatikan tiga hal berikut ini.

1. Makanan dan Minuman Sehat

Yang pertama adalah makanan dan minuman yang sehat, atau bisa dibilang asupan nutrisi seimbang. Tahukah Anda bahwa makanan dan minumanlah salah satu mendukung seseorang untuk menjadi pintar, dan sehat? Jika kita salah dalam memilih makanan dan minuman, maka dampaknya akan buruk. Tidak hanya dalam hal performa kita saat bekerja, tapi juga dalam menjalani keseharian.

Kurangi mengonsumsi makanan dan minuman cepat saji karena biasanya kurang sehat untuk tubuh kita. Anda boleh saja mengonsumsinya, tetapi tegaslah pada diri sendiri untuk membatasi jumlahnya. Memang, selain pembuatannya cepat, rasanya juga enak. Itulah mengapa makanan dan minuman cepat saji sulit sekali untuk dihindari.

Selain itu, jangan mendikte diri Anda untuk makan sesuai dengan jam makan. Hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jika Anda merasa lapar, maka segeralah isi perut Anda dengan makanan atau minuman sehat karena mengisi perut sama dengan mengisi bahan bakar untuk mengembalikan performa kerja anda.

Penelitian menunjukkan waktu terbaik untuk sarapan adalah antara 7 dan 07:30, makan siang 12:30-01:00, dan makan malam antara 6 dan 18:30. Tetapi, jam-jam di atas hanya saran saja. Jika perut Anda memang sudah lapar, maka Anda perlu segera makan dan minum.

Artikel lain: Tips Meningkatkan Performa Bisnis Kecil Anda Jadi Lebih Baik

2. Tidur Yang Cukup

Tidur juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan performa anda saat bekerja. Selain memenuhi kebutuhan tidur, Anda juga perlu memperhatikan kuantitas dan kualitas tidur Anda tersebut.

A. Kuantitas Tidur

Lama waktu tidur bisa mempengaruhi performa Anda. Misalnya Anda tidur hanya 3 jam sehari karena harus bergadang kerja kebut semalam, maka kemungkinan besar performa anda menurun drastis di keesokan harinya. Kurang tidur bisa membuat tubuh merasa lelah, mengantuk, tidak konsentrasi selama bekerja, dan lain-lain.

B. Kualitas Tidur

Selain kuantitas, ternyata kualitas tidur juga sangat berpengaruh. Walaupun kita tidur 9 jam sehari, kalau kualitas tidur tidak baik, maka akan sangat merugikan dan akan mempengaruhi performa kerja. Kulitas tidur yang buruk seperti posisi tidur yang kurang baik, kondisi tempat tidur, sering terbangun di tengah malam, sering bermimpi buruk, dan lain-lain, bisa membuat tubuh kita merasa sakit dan lelah.

Contohnya posisi tidur yang buruk menimbulkan sakit leher, dan membuat performa Anda menurun drastis saat kerja atau menjadi tidak produktif. Contoh lain, tidur di lantai. Sebagian orang mungkin suka tidur di lantai karena terasa dingin, tetapi lihat dampaknya. Anda akan sering masuk angin, atau badan terasa pegal di bagian punggung. Maka dari itu, kita juga harus memperhatikan kualitas tidur.




Kuantitas dan kualitas tidur yang buruk akan sangat berpengaruh pada mental/ suasana hati kita. Dan berdasarkan hasil penelitian, dalam jangka panjang akan menyebabkan penyakit yang parah, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kematian dini.

Baca juga: Bahaya Mendengkur Saat Tidur, Jangan Remehkan

3. Latihan Secara Rutin

Yang terakhir adalah latihan. Selain makanan/ minuman, dan tidur, ternyata kita perlu latihan juga untuk meningkatkan performa kerja. Dengan latihan, maka tubuh kita akan terbiasa dalam bekerja dan meningkatkan produktivitas.

Latihan yang dimaksud di sini adalah latihan untuk tubuh, otak, dan mental. Jika kita kurang latihan, walaupun dua faktor di atas sudah bagus, kita tetap saja tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

A. Latihan Otak

Latihan ini sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan kinerja otak. Latihan ini bisa dilakukan dengan cara: banyak membaca, mendengarkan musik (bukan music rock), dan mungkin bermain game. Peran otak yang baik akan memberikan performa kerja yang lebih baik, sehingga akan membantu menemukan ide baru atau memecahkan masalah dengan baik.

B. Latihan Tubuh

Latihan tubuh utamanya adalah olahraga. Sering melakukan kegiatan berjalan dan melakukan aktifitas fisik lainnya juga merupakan bentuk latihan tubuh. Jangan biarkan tubuh Anda menganggur dan tidak melakukan apapun. Karena selain mempengaruhi tingkat kesehatan, latihan fisik juga mempengaruhi skill Anda, serta sangat berkaitan dengan respon tubuh terhadap otak.

C. Latihan Mental

Latihan mental berhubungan dengan pengalaman dan psikologi seseorang. Sering berkomunikasi dengan orang lain merupakan bentuk latihan mental untuk kita. Saat kita berdiri dan berpidato di depan orang banyak, saat kita menghadapi suatu masalah, merasakan sensasi menyelesaikan masalah, dan lainnya. Dengan melatih mental kita, kita akan siap dengan apa yang dihadapi sewaktu bekerja.

Dengan memperhatikan 3 hal penting di atas, maka kita akan bisa mendapatkan performa kerja yang lebih baik. Dengan performa kerja yang baik, maka produktivitas kita akan tinggi pula. Semoga bermanfaat.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Nah, ini nih yang aku butuhin.. tips seputar dunia kerja..
    Memang benar om, saya juga sering kerja lembur sampai larut malam.. sampai lupa istirahat..

    Saya akan coba praktekkan tips ini om, semoga nampak perbedaannya…
    Maju terus artikel berkualitas kayak begini..

    • iya om coba praktekan saja tips dari saya, barangkali manjur untuk om nya, hehehe..
      jadi produktivitas kerja gak bakalan menurun..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud