3 Cara Praktis Bagi Para Introvert Agar Nyaman Menggunakan Media Sosial

Ilustrasi (Flickr.com)

Ilustrasi (Flickr.com)

Bagi seorang introvert (kepribadian tertutup dan lebih suka sendiri), mereka biasanya akan mengalami kesulitan untuk bergaul di dunia nyata ataupun di dunia maya atau internet. Seorang introvert tentu juga memiliki pendapat dan ide yang sayangnya memang sulit untuk mereka ungkapkan pada orang lain karena kepribadian yang mereka miliki. Namun sebenarnya para introvert tak perlu berkecil hati dengan keadaannya, karena banyak dari orang sukses di dunia seperti Barrack Obama, Albert Einstein, Mahatma Gandhi, dan Bill Gates adalah juga seorang introvert.

Mereka, para introvert yang telah sukses itu tak terbeban dengan sifat tertutupnya. Namun mereka terus berupaya membuat dirinya nyaman ketika mereka harus menyampaikan ide dan gagasan cemerlang ke publik. Alih-alih takut dengan suasana pergaulan, mereka justru lebih khawatir jika gagasannya tak tersampaikan pada dunia. Maka mereka pun berusaha bersuara dengan senyaman mungkin di tempat-tempat yang membantunya menyampaikan ide dan gagasan.

Dalam dunia modern, salah satu tempat dan sarana untuk menyampaikan pendapat, ide dan gagasan adalah media sosial. Nah, bagi para  introvert, #media sosial ini sebenarnya menjadi peluang dan kesempatan bagi Anda untuk bisa menyalurkan pendapat. Meskipun mungkin Anda masih ragu dan khawatir dengan karakter yang Anda miliki, namun dengan beberapa tips berguna, Anda juga bisa nyaman saat beraktivitas menyampaikan pendapat di media sosial. Lalu bagaimana cara praktis untuk bisa nyaman bagi para introvert saat menggunakan media sosial? Berikut ulasannya.

Artikel lain: Ingin Terlihat Cerdas Di Media Sosial? Inilah Caranya!

1. Cari Topik Pembicaraan Yang Menarik Minat Anda

Cara atau trik pertama agar para introvert mudah dan nyaman menggunakan media sosial adalah dengan mencari topik atau tema pembicaraan yang Anda minati. Seorang introvert yang bertemu dengan minat dan kesukaannya umumnya akan membuat rasa nyaman buat mereka. Anda bisa mencari topik dan tema kesukaan Anda tersebut dari mesin pencari atau dari menu pencarian di media sosial yang ada.




Di media sosial Twitter sendiri, telah ada kode hastag (#) yang merupakan sebuah kode untuk menyelami atau mencari aneka topik. Dengan mengetik kode tersebut dan dilanjutkan dengan kata topik yang Anda minati, Anda akan dibawa pada tema dan topik yang Anda minati tersebut.

2. Temukan Kelompok Yang Membuat Anda Merasa Nyaman

Bergabung dengan grup, forum atau komunitas tertentu yang Anda minati di media sosial juga merupakan cara agar para introvert bisa nyaman didalamnya. Meski dikenal dengan pribadi yang menutup diri, namun apabila menemukan orang yang cocok para introvert ini bisa sangat terbuka dan akan bicara tanpa henti. Karena itulah, menemukan kelompok orang yang sesuai dengan kepribadian Anda sangat penting agar ide dan gagasan Anda bisa tersampaikan.

Di media sosial sendiri, Anda dapat dengan mudah menemukan kelompok atau grup yang sesuai dengan yang Anda minati. Banyaknya grup, forum dan komunitas yang ada dalam media sosial merupakan kesempatan Anda untuk bisa bergaul dengan nyaman. Untuk mencari grup, forum atau komunitas yang diminati caranya juga sangat mudah yaitu dengan mengetikkan kata kunci pada menu pencarian yang ada pada masing-masing media sosial. Namun harus diingat bahwa beberapa grup yang ada di Facebook memerlukan verfikasi terlebih dahulu untuk bisa menjadi anggota. Maka Anda juga harus mengikuti prosedur verifikasinya tersebut.

Baca juga: 4 Pola Pikir Yang Bisa Membunuh Ide Kreatif Anda

3. Buat Kelompok Anda Sendiri

Jika memang forum atau grup yang Anda cari tidak ditemukan, Anda bisa memulai membuat grup itu sendiri dan mencari anggota-anggotanya. Di media sosial, Anda dapat dengan mudah membuat sebuah kelompok, baik kelompok mengenai pekerjaan Anda, hobi atau sesuatu yang Anda sukai. Di media sosial #Facebook, Anda bisa membuat grup atau forum ini dengan mengklik menu grup lalu mengklik menu buat grup.




Di sana Anda tinggal mengisi nama grup, nama anggota dan jenis grupnya. Sedangkan untuk media sosial #Twitter, membuat grup lebih mudah lagi yaitu dengan tinggal membuat akun dengan nama grup yang Anda sukai tersebut. Buatlah nama yang spesifik dan jelas agar grup Anda bisa dengan mudah ditemukan oleh orang lain.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud