3 Cara Optimalkan Pengalaman Pengguna Dari Data Media Sosial

3 Cara Optimalkan Pengalaman Pengguna Dari Data Media Sosial

pengalaman pengguna
Image dari Usabilitygeek.com

Saat ini media sosial sudah menjadi ranah yang sangat digemari oleh masyarakat modern untuk menjalankan beragam aktivitas digitalnya. Dengan adanya media sosial, sebagai pengguna tentu akan mendapatkan beragam kemudahan seperti ketika ingin berkomunikasi atau mendapatkan informasi tertentu lewat hubungan dengan rekan di berbagai belahan dunia.

Yang perlu disadari adalah, dari kegiatan bermedia sosial tersebut nyatanya timbul sebuah fenomena yang dinamakan big data. Big data sendiri merupakan kumpulan dari data yang berhasil diperoleh oleh media sosial terkait tentang bagaimana konsumen menggunakan akun #media sosial. Dan ternyata, data yang terkumpul dalam jumlah begitu besar tersebut mempunyai fungsi dan kegunaan yang luar biasa potensial untuk beberapa kepentingan tertentu.

Namun adanya big data saja tidaklah cukup jika kita ingin meningkatkan pengalaman pengguna. Masih diperlukan sejumlah strategi terutama sehubungan dengan optimalisasi pengalaman pengguna tersebut. Dan berikut beberapa tips yang bisa Anda jalankan.

1. Ketepatan Melakukan Posting Konten

Sudah beberapa kali dibahas bahwa media sosial merupakan ranah yang sangat kompleks karena digunakan oleh jutaan orang setiap harinya. Dari kompleksitas tersebut tentunya dibutuhkankan strategi jitu untuk dapat menyasar target market tertentu di antara lautan konsumen. Salah satunya ketika kita akan memposting konten di media sosial, ketepatan waktu juga dapat memberikan pengaruh berhasil tidaknya upaya marketing yang kita lakukan.

Pada umumnya, setiap media sosial mempunyai karakternya masing-masing terkait dengan kapan waktu dimana paling banyak user menggunakan akun media sosial. Waktu-waktu dimana lalu lintas sibuk inilah yang bisa menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan konten yang kita miliki.

Artikel lain: 4 Kelemahan Menjual Produk via Media Sosial Dibandingkan Toko Online

Adanya visibilitas posting konten yang baik tentu akan sangat mempengaruhi pengguna media sosial untuk mengikuti akun kita atau tidak. Tentunya hal ini akan sangat mempengaruhi pengalaman pengguna dan kepuasan terhadap upaya marketing media sosial yang kita lakukan.

2. Gencar Melakukan Monitoring

Tips kedua untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam memanfaatkan media sosial adalah dengan melakukan monitoring secara terus-menerus dan bertahap. Pentingnya melakukan monitoring sangat berhubungan dengan data yang akan kita dapatkan yang dapat mendukung perkembangan bisnis.

Monitoring yang dilakukan lewat media sosial bisa dijalankan dengan berbagai hal, seperti contohnya memeriksa komentar yang masuk pada konten media sosial, pesan pribadi bahkan hingga jumlah like yang kita dapat dari sebuah konten. Dari situ kita bisa memutuskan berbagai alternatif strategi yang memang menghasilkan dampak signifikan. Seperti misalnya, jika sebuah konten gambar yang berhubungan dengan bisnis kita mendapatkan komentar dan like yang cukup banyak, dapat diartikan bahwa konten tersebut memang pas dengan bisnis kita.

Dari situ kita bisa membuat lebih banyak konten serupa dan tentunya memberikan variasi yang lebih segar. Ketika kita bisa menghadirkan lebih banyak konten yang diminati oleh konsumen, tentu pengalaman pengguna terhadap brand bisnis kita juga akan meningkat. Dan lewat media sosial inilah, cara yang termudah untuk menjalankannya.

Baca juga: Anda Seorang Pebisnis Online? Kenali Dulu 4 Tipe Konsumen Online Berikut Ini

3. Lengkapi Dengan Survei

Dan tips terakhir untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang sempurna di media sosial, yakni dengan melakukan survey. Survey online adalah salah satu cara yang paling praktis untuk mendapatkan feedback dari konsumen terhadap bisnis yang kita jalankan. Terutama jika bisnis tersebut berurusan dengan bidang jasa, masukan konsumen bisa sangat penting artinya untuk pengembangan ke depan.

Survei tersebut bisa kita lakukan dengan cara konvensional seperti mengirim undangan pada akun media sosial konsumen atau bisa dengan cara menggelar program khusus nantinya dilengkapi dengan pengisian angket survey secara online. Dari data yang terkumpul, kita bisa melakukan analisis strategi seperti apa yang harus kita tempuh berikutnya atau mungkin hal apa yang harus kita ubah dari strategi yang sudah dijalankan saat ini.

Beberapa cara di atas mungkin dapat membantu anda untuk meningkatkan pengalaman pengguna ketika menggunakan media sosial. Namun yang paling penting adalah, bagaimana memberikan pelayanan yang prima agar tidak timbul kekecewaan yang nantinya justru akan sangat mudah tersebar lewat media sosial.

1 KOMENTAR

  1. Dedy Akas Website

    Melakukan monitoring, sangat-sangat penting untuk melihat struktur perubahan dan kemajuan… :D
    Salam,

Tinggalkan Balasan