3 Cara Menghapus Program Bawaan Windows 8 dan 8.1

program bawaan windows 8

Setelah anda menginstall windows 8 atau windows 8.1, tentunya anda akan menemui banyak sekali program dan aplikasi bawaan sistem operasi tersebut. Dan faktanya, tidak semua program bawaan #windows pernah digunakan karena tergantikan fungsinya oleh program dari pihak ketiga yang memiliki kualitas dan fitur lebih bagus.

Sebagai contoh, untuk membuka video saya lebih suka menggunakan VLC Media Player daripada menggunakan windows media player atau video player windows. Contoh lainnya adalah, dalam hal membuka PDF saya lebih suka menggunakan foxit reader daripada PDF reader bawaan windows. Dari semua program bawaan windows, mungkin yang sering saya gunakan hanya Microsoft Office (Word,Excel, Powerpoint), Music Player, dan Skype.

Untuk program-program lain yang hampir tidak pernah anda gunakan, anda bisa menghapusnya agar harddisk anda lebih lega. Berikut ini saya akan memberikan 3 cara menghapus program bawaan windows 8, anda bisa memilih cara mana yang paling cocok dengan anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan cara menghapus program bawaan windows 8 dibawah ini:

Cara 1: Menggunakan Windows Powershell

Cara pertama adalah dengan menggunakan Windows Powershell. Sebagai catatan, cara ini akan menghapus semua program bawaan, jadi pastikan anda benar-benar ingin mengapus semua program bawaan sebelum memulai. Jika anda ingin menghapus sebagian program saja, anda bisa menggunakan cara kedua atau ketiga.

1. Jalankan Start Screen lalu cari #aplikasi Windows Powershell. Setelah ditemukan, klik kanan kemudian pilih Run as Administrator.




powershell_1

2. Jendela permintaan akses administrator akan muncul, cukup klik Yes untuk melanjutkan. Kemudian windows powershell dengan mode administrator akan terbuka.

powershell_2

3. Copy dan eksekusi perintah berikut : Get-AppxPackage |Remove-AppxPackage , kemudian tekan Enter.

powershell_3




4. Selesai

Cara 2: Melalui Metro UI

1. Untuk menghapus aplikasi bawaan windows melalui Metro UI, anda bisa mulai dengan menjalankan Start Screen kemudian klik kanan pada aplikasi yang ingin anda uninstall kemudian klik Uninstall. Sebagai contoh saya akan menghapus aplikasi alarm bawaan windows.

metro_1

2. Pemberitahuan untuk uninstall aplikasi beserta semua file yang berkaitan akan muncul, klik pada Uninstall dan proses penghapusan aplikasi akan berjalan.

metro_2

3. Selesai

Cara 3: Melalui Menu Uninstall Apps

Cara ini hampir sama dengan cara kedua, perbedaanya adalah pada cara ketiga ini anda bisa melihat daftar aplikasi bawaan sehingga anda bisa lebih leluasa dalam memilih program yang akan dihapus atau yang ingin tetap dibiarkan tetap ada. Untuk lebih jelasnya ikuti panduan berikut ini :

1. Jalankan Start Screen kemudian pada kotak pencarian masukkan kata kunci uninstall apps to free up disk space. Pilih hasil pencarian paling atas seperti pada gambar.

all_12. Halaman berikutnya akan menampilkan semua aplikasi bawaan dengan masing-masing ukurannya, disertai dengan keterangan mengenai kapasitas sistem anda di disk C (contoh gambar : kapasitas sistem tersedia 7.65GB)

all_2

3. Klik pada program yang ingin anda hapus kemudian klik Uninstall.

all_3

4. Proses uninstall akan berjalan, silahkan tunggu sampai selesai.

Dari ketiga cara diatas, anda bisa memilih cara yang paling cocok. Saya sendiri lebih memilih cara ketiga karena saya masih memerlukan sebagian aplikasi default Windows seperti Music dan Skype. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar dibawah artikel ini. Sekian untuk artikel kali ini, dan terima kasih telah membaca.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud