3 Alasan Memilih YouTube Sebagai Strategi Marketing Bisnis Anda Saat Ini

3 Alasan Memilih YouTube Sebagai Strategi Marketing Bisnis Anda Saat Ini

YouTube-Sebagai-Strategi-Marketing-Bisnis

Dalam bisnis, kita tidakk bisa hanya mengandalkan satu atau dua teknik pemasaran yang itu-itu saja sepanjang tahun. Dunia yang terus mengalami perubahan tentu akan membuat Anda sebagai pebisnis harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan di sekitar Anda. Salah satu perubahan besar yang tengah terjadi dalam dunia saat ini dan memiliki pengaruh kuat adalah #media sosial.

Media sosial yang kini menjadi fenomena tersendiri memang telah bayak mengubah wajah dunia, termasuk dunia bisnis. Kalau dulu mungkin Anda hanya menjual produk atau barang melalui teknik pemasaran langsung ke konsumen maka sekarang Anda tak perlu repot-repot mendatangi tempat konsumen, namun Anda bisa melakukannya jauh dari kontak langsung dengan cara online. Ya, cara online merupakan sebuah strategi yang sangat efektif dalam permasaran bisnis saat ini. Tingkat efektifitas dan efisiensinya telah mendorong pemasaran online melejit pesat.

Sarana pemasaran online yang bisa dipilih oleh pebisnis banyak ragamnya. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan yang tak bisa disepelekan lagi adalah #YouTube. Dengan jutaan konten video dan jutaan pengguna yang dimilikinya, YouTube menjadi salah satu media promosi yang harus diperhitungkan oleh para pebisnis. Lalu kenapa para entrepreneur harus mulai menggunakan YouTube dalam hal marketing atau pemasarannya. Berikut ulasanya.

Artikel lain: Dinamika Youtube ~ Jaman Bioskop Jadul Hingga Era Streaming Online

1. Efektif Untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Dengan jumlah pengguna yang kini telah mencapai 1 miliar lebih membuat YouTube menjadi salah satu sarana yang efektif menjaring lebih banyak calon konsumen bagi sebuah bisnis. Apalagi dengan konten video yang memang identik dengan YouTube ini, maka pesan yang Anda inginkan bisa lebih tersampaikan dengan baik dan menarik.

Tentu saja untuk menghasilkan video yang menarik bagi promosi bisnis, Anda harus lebih kreatif dan terus mempelajari teknik-teknik pengambilan gambar yang baik. Profesionalisme seseorang memang dibutuhkan dalam pemasaran lewat jejaring YouTube, maka dari itu perlengkapan seperti alat perekam video, latar cahaya serta model juga menjadi penentu. Jangan lupa juga untuk memperhatikan script yang akan ditampilkan jika Anda memang akan menggunakannnya.

Untuk hasil yang lebih optimal, Anda juga harus memastikan bahwa judul yang Anda pilih unik dan dioptimalkan sesuai keyword potensial yang paling mungkin diketikkan dalam sebuah pencarian. Sertakan juga link yang mengarah ke situs web atau blog Anda agar Anda mendapatkan trafik darinya.

2. Dapat Memaksimalkan SEO Website

Hal berikutnya yang membuat Youtube harus menjadi pilihan dalam pemasaran bisnis Anda adalah dampaknya pada #SEO (Search Engine Optimization) website bisnis Anda. Ya, sejak YouTube diakusisi oleh perusahaan Google pada November 2006 silam, jejaring sosial berbasis video ini memang telah ditempatkan dan akan selalu tampil pada halaman atas mesin pencarian Google sebagai menu khusus. Maka jika Anda memang mengandalkan pemasaran online Anda dengan strategi SEO, mulai sekarang Anda tidak boleh lagi sekali-kali melewatkan Youtube.

Dengan kombinasi konten website dan channel Youtube yang Anda miliki, potensi besar Anda terlihat pada halaman teratas pencarian Google pun akan semakin terbuka lebar. Dengan menjadi yang teratas dalam pencarian Google, tentunya Anda akan semakin berpeluang untuk menjaring lebih banyak konsumen dan pelanggan bagi bisnis Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube?

3. Adanya YouTube Partner Program

Terakhir, hal yang membuat YouTube harus menjadi pilihan dalam teknik pemasaran Anda adalah adanya program partner dari YouTube. Ya, sejak tahun 2007, YouTube memang telah resmi melaunching proram partner atau kemitraan bagi siapapun dari penggunanya untuk bisa menghasilkan uang. Dengan mengikuti program kemitraan ini, penggunanya akan mampu memperoleh penghasilan hingga mencapai $9000 jika video yang diunggahnya mendapat penayangan hingga dua juta penayangan.

Dengan keuntungan yang besar ini, maka Anda bisa melakukan dua hal yang menguntungkan bisnis Anda secara sekaligus. Selain sebagai media #video dari pemasaran bisnis, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan lain dari program partner dari YouTube. Namun untuk bisa dilirik dalam program ini, Anda tak bisa main-main, Anda harus serius menggarap channel Anda. Usahakan apa yang Anda upload sesuai dengan persyaratan dan menarik orang lain untuk melihat konten-konten video Anda.

3 KOMENTAR

  1. Youtube memiliki keunggulan visual video yang sesuai dengan keinginan pencari berita. Dibandingkan gambaran Visual dari website atau surat kabar, orang lebih tertarik mencari brita di youtube

  2. Paket Wisata Bandung

    Saat ini memang orang-orang banyak yang lari ke youtube bukan hanya orang-orang yang berbisnis saja yang memanfaatkan youtube sebagai salah satu cara mencari uang dari mulai anak-anak hingga orang-orang yang tidak berbisnispun juga suka mencari informasi di youtube karena dari youtube kita memperoleh informasi dari video-video yang lebih mudah diserap dan lebih menarik,selain itu orang-orang cenderung lebih suka mencari informari dari video-video dari pada tulisan juga karna video lebih mudah dipahami. dan karna faktor minat baca kita juga yang rendah.
    Demikian semoga artikelnya bermanfaat buat semua pembacanya dan artikel-artikel selanjutnya lebih menginspirasi pembaca-pembacanya. Semoga semakin sukses.
    Amiin…

  3. Minat baca rakyat di indonesia masih tergolong cukup rendah, Marketing youtube memang alternatif yang jitu menurut saya, Karena orang lokal lebih menyukai video dr pda baca.

Tinggalkan Balasan