Waspadalah, Ini Tanda-tanda Anda Terlalu Keras Bekerja!

tanda terlalu keras bekerja

Image dari Ctvnews.ca

Untuk mendapatkan kesuksesan dalam berbagai hal, tentu kerja keras menjadi kunci utama. Sulit rasanya menggapai kesuksesan tanpa dibarengi dengan kerja keras dan pantang menyerah. Dalam menjalankan bisnis ataupun sedang meniti karir pun juga demikian, kerja keras bisa menjadi faktor utama kesuksesan Anda.

Meski demikian, perlu Anda ingat, Anda juga harus bisa mengukur kemampuan diri. Jangan terlalu memaksakan fisik untuk bekerja terlalu keras, karena bekerja terlalu keras juga tidak baik untuk kesehatan fisik Anda. Bagaimanapun juga fisik manusia mempunyai batas kekuatan dan tidak bisa dipaksakan. Jika Anda memaksakan diri dan kemudian justru membuat Anda sakit, maka yang rugi adalah Anda sendiri karena Anda tidak bisa bekerja dengan maksimal lagi.

Artikel lain: Anda Merasa Sangat Lelah Bekerja Di Kantor? Mungkin Ini Penyebabnya

Seringkali orang tidak sadar ketika sedang bekerja jika mereka terlalu keras. Begitu mereka sadar, mereka mereka sudah terkulai sakit dan tak bisa bekerja lagi. Untuk itu, Anda harus tahu tanda-tanda bahwa tubuh Anda sedang mengalami kelelahan dan terlalu keras bekerja. Perhatikan tanda-tanda di bawah ini untuk kewaspadaan Anda.

1. Sepulang Kerja Tak Mampu Melakukan Aktifitas Ringan

Ini bisa menjadi sebuah indikator bahwa Anda mengalami kelelahan yang teramat sangat. Sepulang kerja Anda tidak mampu lagi melakukan kegiatan-kegiatan ringan seperti misalnya sekedar membersihkan rumah, menata kamar atau kegiatan ringan lainnya. Yang ingin Anda lakukan hanya berbaring dan beristirahat tanpa mau diganggu dengan kegiatan apapun.




Itu menunjukkan bahwa tubuh Anda sangat kelelahan dan kehabisan energi dan tenaga sehingga tak mampu lagi melakukan sesuatu meski sesuatu yang ringan. Maka ketika ini terjadi, artinya bahwa tubuh Anda perlu istirahat.

2. Ketika Bangun Tidur, Badan Terasa Sakit Semua

Ini sering terjadi ketika Anda bekerja terlalu keras dan kurang istirahat. Biasanya tubuh akan merasa sakit semua seperti nyeri dan pegal-pegal ketika bangun tidur. Ini terjadi biasanya karena Anda tidak sadar terhadap kondisi fisik tubuh Anda. Mungkin Anda tidak merasa lelah ketika bekerja, namun tubuh Anda tidak bisa dibohongi.

Ketika Anda terlalu memforsir pekerjaan secara fisik, maka respon pun akan timbul dari tubuh Anda karena tubuh tidak bisa dipaksakan untuk bekerja di luar kemampuan fisiknya. Maka ketika Anda merasakan nyeri dan pegal-pegal ketika bangun di pagi hari, ada baiknya Anda segera mengambil cuti atau sekedar istirahat barang satu atau dua hari untuk memulihkan kondisi tubuh.

3. Tidak Mampu Lagi Memprioritaskan Pekerjaan

Karena kelelahan tubuh yang akut, fokus Anda pun dimungkinkan akan turun secara drastis. Dan ini akan berpengaruh terhadap daya kinerja Anda, Anda menjadi semakin sulit menentukan prioritas utama pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Anda merasa pekerjaan menjadi berat semua dan seperti tidak ada habisnya.

Jika sudah demikian, jika Anda tetap memaksakan diri, bukan pekerjaan akan terselesaikan namun justru akan membuat pekerjaan Anda tidak maksimal. Segera istirahatkan tubuh Anda, istirahat sejenak dan melepas kesibukan untuk beberapa waktu sangat dianjurkan untuk menyegarkan diri.




4. Keluhan Teman Kerja Terhadap Kinerja Anda

Ketika tubuh mulai kelelahan, tentu saja kerja tidak bisa maksimal. Dan ini tentu akan berpengaruh juga pada teman kerja Anda, ketika suatu pekerjaan harus diselesaikan dengan kerja sama, karena tubuh Anda kelelahan, membuat Anda menjadi sulit untuk diajak kerjasama.

Anda menjadi sangat sensitif dan mudah tersinggung, teman Anda mulai merasakan ketidaknyamanan bekerja dengan Anda. Jika itu terjadi maka sebaiknya Anda segera sadar dan mengambil waktu istirahat. Tidak perlu lama, terpenting bisa menyegarkan tubuh dan pikiran Anda.

Baca juga: Merasa Kelelahan Sepulang Kerja, Tips Ini Bisa Anda Coba Untuk Menguranginya

5. Orang Terdekat Mulai Komplain

Karena pekerjaan Anda yang seperti tidak ada hentinya, itu membuat Anda kehilangan banyak waktu dengan orang-orang terdekat Anda. Anak, istri atau kekasih mulai banyak komplain dengan apa yang Anda kerjakan. Terutama karena waktu Anda habis dan terforsir untuk pekerjaan sehingga Anda tidak memiliki waktu lagi dengan mereka.

Maka ketika ini terjadi, itu waktunya Anda untuk beristriahat. Jangan abaikan orang-orang terdekat Anda, mereka sangat berharga sekali untuk kehidupan Anda, ingat itu.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud