Web Developer ~ Usaha Sampingan Paling Menarik Untuk Karyawan dan Pegawai

usaha sampingan karyawan Web Developer ~ Usaha Sampingan Paling Menarik Untuk Karyawan dan Pegawai

Seorang karyawan dan pegawai kantoran pasti ingin punya usaha sampingan untuk menambah penghasilan. Menurut saya, usaha sampingan yang cocok dengan seorang pegawai sebaiknya memenuhi kriteria ini; tidak menggangu jam kerja pekerjaan utama dan tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkan order.

Salah satu profesi yang memenuhi kriteria yang disebutkan di atas adalah menjadi seorang web developer (pembuat website). Web developer yang dimaksud di sini adalah seseorang yang punya keahlian membuat website professional, bukan hanya sekedar membuat sebuah halaman web abal-abal. Menjadi web developer adalah sebuah sarana menarik sebagai salah satu usaha sampingan bagi karyawan. Beberapa alasannya adalah sebagai berikut:

  1. Harga sebuah website professional berkisar Rp 500 ribu s/d 10 juta.
  2. Untuk mendapatkan pembeli cukup menggunakan, Facebook, kaskus, Toko Bagus, Google, atau melalui website sendiri. Artinya Anda tetap bisa dapat order meskipun sedang sibuk meeting/ bekerja sebagai karyawan.
  3. Pembuatan website tersebut bisa dilakukan di rumah dan diluar jam kerja (lamanya pembuatan website antara 1 hari s/d 1 minggu saja).
  4. Ketika selesai, cukup menggunakan email maka karya anda sudah sampai ketangan pembeli.
  5. Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer.

Maka dari itu usaha sampingan sebagai seorang professional Web Developer merupakan solusi yang menarik. Pertanyaan selanjutnya adalah “berapa modal yang diperlukan untuk membuat sebuah website?”. Jika Anda adalah seorang professional web developer maka modal untuk membuat sebuah website hanyalah Rp 300 ribu. Yang akan anda habiskan untuk membayar Domain (nama sebuah website) dan Hosting (layanan penyimpanan file sebuah website).

Website yang anda jual dengan harga paling murah yaitu Rp 500 ribu biasanya selesai dalam waktu 1 hari. Karena client tidak diperbolehkan meminta macam-macam. Sesuai dengan harganya yang murah. Bayangkan keuntungannya bila anda mendapatkan order senilai 10 juta, jika biaya yang anda keluarkan pun tetap sama. Tentu saja kualitas website yang berharga Rp 10 Juta berbeda dengan yang harganya hanya Rp 500 ribu.

Website berharga Rp 500 ribu biasanya di buat dengan template (WordPress, Joomla, dll), yang terbatas dari segi design dan fungsi-fungsinya. Sama seperti ketika anda membeli baju di seorang designer berkelas. Atau membeli baju secara grosiran. Baju yang anda beli pada seorang designer biasanya hanya anda saja yang memiliki model baju tersebut. Sedangkan jika beli baju grosiran banyak orang memiliki baju yang sama seperti anda.

Artikel lain: Peluang usaha sampingan

Di Mana Tempat Kursus Web Profesional?

Selanjutnya anda pasti ingin tahu. Dimanakah anda bisa kursus web professional? Sebelum Anda memilih sebuah tempat kursus web yang bagus, perhatikan beberapa hal yang harus Anda ketahui, yaitu:

1.     Berapa lamakah tempat kursus itu sudah berdiri

Jika tempat tersebut berdiri sudahcukup lama, maka kemungkinan Anda kecewa pasti sangat kecil karena tempat kursus web tersebut serius dengan bisnisnya. Apa lagi jika telah berdiri lebihdari 10 tahun (menurut riset, 90% perusahaan bangkrut dalam waktu 10 tahunberdiri).

2.     Banyak lulusannya yang sukses

Ketika kita memutuskan untuk kursus, apapun tujuannya, kita pasti ingin berhasil menguasai materi yang kita inginkan. Jika lulusan tempat kursus tersebut masih sedikit. Atau bahkan tidak ada  yang  berprestasi maka sebaiknya berhati-hati. Di dunia maya banyak sekali orang memanfaatkan kesempatan di dalam kesempitan.

3.     Pilih pengajar yang merupakan praktisi

Pengajar yang berpengalaman membuat project fenomenal akan lebih mudah berbagi ilmunya pada Anda karena dia telah merasakan asam garam menjadi seorang web developer. Pastikan Anda belajar di tempat kursus web yang tenaga pengajarnya adalah praktisi dan memiliki karya yang berkualitas.

4.     Penghargaan dan pengakuan pihak lain

Piala/ penghargaan apa yang pernah di raih? Dan apakah tempat kursus web tersebut terlibat dalam acara-acara penting dalam bidang web developer? Jika tempat kursus tersebut telah diakui dan dihargai oleh banyak pihak, Anda tidak perlu cape-cape menge-check tempat kursus tersebut. Karena telah dilakukan oleh pihak-pihak yang jauh lebih kompeten. Lain halnya jika tempat kursus itu belum kredibel dan masih baru. Maka hati-hatilah dengan pilihan Anda.

5.     Waktu belajar flexible

Salah satu kegagalan kita ketika kursus adalah terkadang kita sibuk melakukan hal-hal lain, misalnya ada meeting mendadak, menghadiri acara pernikahan teman, perjalanan bisnis keluar negeri, dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut kebetulan bentrok dengan jadwal kursus dan membuat kita bolos belajar. Biasanya sekali bolos, akhirnya keterusan sehingga membuat kita tidak fokus dalam belajar. Untuk itu cari tempat kursus dengan jadwal yang boleh diatur sesuai dengan kesibukan Anda.

6.     Kursus dapat dimulai tanpa menunggu kelas penuh

Momentum sangatlah penting. Jika anda telah memutuskan kursus tapi ternyata tempat kursus tersebut hanya membuka kelas dengan syarat jumlah orang tertentu maka akibatnya adalah Anda harus menunggu. Gara-gara menunggu sampai ada peserta lain, kemungkinan besar keinginan Anda untuk kursus web menjadi padam.

Menurut Saya, salah satu tempat kursus web yang professional dan memenuhi kriteria di atas adalah www.BabaStudio.com. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang web developer yang professional, silahkan kunjungi dan pelajari websitenya dengan teliti. Jangan langsung mempercayai informasi yang saya berikan. Saya juga pernah menulis artikel tentang Baba Studio, silahkan baca ulasannya DI SINI.

Memiliki usaha sampingan yang memberikan penghasilan tambahan adalah impian setiap pegawai dan karyawan kantoran. Nah, untuk memulainya tentunya Anda harus punya modal, baik itu modal materiil ataupun modal keahlian. Jika Anda tertarik menjadi seorang web developer, sebaiknya Anda mulai menyisihkan penghasilan untuk belajar sehingga nantinya Anda akan punya keahlian membuat website profesional yang bisa Anda jual.

Pssst Baba Studio sedang ada diskon lho, hubungi saya jika Anda ingin mendapatkan Voucher Diskon dari Baba Studio.


18 total comments on this postSubmit yours
  1. Sistem belajarnya sperti apa ya mas..ada berapa tahap?dan butuh berapa lama utk menguasainya?

  2. SEO nya yg susah bang ya?

    • Biasanya web developer sudah cukup paham tentang SEO, setidaknya ngerti prinsip SEO dasar. Jadi, belajar membuat website biasanya sekaligus belajar SEO nya juga.

  3. makasih gan. tapi kan tidak semua bisa jadi web developer, kira kira cara mengatasinya gmana gan?

  4. betul sekali bang max, saya tak sengaja memulai .. baru memulai 3 bulan lalu baru dapat 4 client, itupun dari teman sendiri .. lumayan mengisi waktu senggang dengan mengais rejeki dari depan PC semalelman :)

  5. saya juga sudah menjalankan bisnis ini, dari September 2012. Dan Alhamdulilah sudah mendapat client 134 Client. Dengan mahasiswa sebagai tenaga kerjanya.

    saya menerapkan sistem Maintenance Web Development + e-Commerce, sehingga client membayar per bulan. mulai dari 100 ribu s/d 1 juta per bulannya.

    Apa ada metode e-commerce lainnya..? yang belum saya pahami..?
    thanks

  6. Saya juga ngejalanin Bisnis ini lho mas :-D

    • Wah berarti bang Said ini jago bikin website dong yah. Sukses bisnisnya bang. Btw boleh lihat sales pagenya ga? Atau website yang sudah dikerjakan seperti apa? Thanks

  7. wah menarik mas dan patut dicoba sih, cuman untuk saya sendiri masih tahap belajar mendalami tentang dunia blog dan website, kalo dilihat dari tingkat antusias pengguna internet terutama yang membutuhkan jasa web developer saat ini memang meningkat.
    thanks on your info max

  8. @umar dany: coba kirim ulang emailnya mas :)

    • udah saya kirim mas…terima kasih ya ditunggu jawabannya…

  9. email yang menanyakan tentang google adsense mas,,saya kirim tgl. 12 Desember mas (3 hari yang lalu), kalau belum dihapus tolong dibaca ya mas,,atau nanti saya kirim kembali?

  10. maksud saya ga bisa di rumah aja gitu..online..

  11. itu belajarnya di baba studio harus langsung di tempatnya ya mas?? oh iya email saya kok ga dibalas2 ya??yang tentang google adsense??

    terima kasih.

    • Itu belajarnya di Baba Studio langsung mas. Email yang mana ya? Ada banyak banget email yang masuk mas, kadang ga sempat dibaca dihapus krn kebanyakan maaf ya.

      • email yang menanyakan tentang google adsense mas,,saya kirim tgl. 12 Desember mas (3 hari yang lalu), kalau belum dihapus tolong dibaca ya mas,,atau nanti saya kirim kembali?

  12. betul sekali gan,, saat ini saya juga mengerjakan web developer sebagai usaha sampingan saya,, lumayan untuk tambah penghasilan hehe

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com