Waspadalah Dengan Penipuan Berkedok Bisnis Online

waspada dengan penipuan bisnis online Waspadalah Dengan Penipuan Berkedok Bisnis Online

Saya pernah beberapa kali membaca sales letter yang menawarkan sebuah bisnis online yang katanya bisa memberikan penghasilan luar biasa pada para membernya. Tidak tanggung-tanggung, di sales letter itu disebutkan bahwa penghasilan dari bisnis online tersebut bisa mencapai puluhan juta hingga ratusan juta per bulan walaupun baru dijalankan sebulan atau bahkan kurang. Di sana juga sempat saya baca beberapa testimonial dari beberapa member yang ‘sudah berhasil’ mendapatkan penghasilan puluhan hingga ratusan juta perbulan, fantastik!

Dan uniknya, di sales letter itu juga disebutkan bahwa bisnis online tersebut sangat mudah, cukup dengan membeli sebuah software, jalankan softwarenya, maka uang akan mengalir ke rekening kita. Tidak diperlukan keahlian, cukup kemampuan mengetik saja dan mau membeli software ‘luar biasa’ itu. Bahkan untuk menjalankan bisnis ini kita bisa duduk santai di rumah, doing nothing. It sounds to good to be true, isn’t it?

Bisnis online itu hampir sama dengan bisnis offline, untuk bisa berhasil perlu kerja keras dan cerdas secara konsisten dan persisten, yang membedakan adalah medianya. Dasar pengetahuan yang memadai dan juga modal materiil juga menjadi faktor penting dalam menjalankan sebuah bisnis online. So, kalau ada bisnis online yang bisa menghasilkan puluhan juta perbulan hanya dengan menjalankan software tanpa mengerti tentang dasar bisnis online, tanpa kerja keras, tanpa ribet, siapa yang mau melakukan bisnis online ini? Semua orang juga mau!

Sayangnya, bisnis seperti ini tidak pernah ada, kecuali dalam dunia khayalan hehehe. Bisa saya katakan si pembuat sales letter adalah seorang SCAMMER atau PENIPU.

Penipuan Berkedok Bisnis Online

Pengguna internet yang semakin meningkat ternyata membuka kesempatan yang lebih besar bagi para penipu online untuk mendapatkan uang dari internet. Ada banyak sekali pengguna internet yang mencari peluang bisnis online, dan ini memberikan ide bagi para scammer untuk meraup keuntungan.

Ada banyak modus penipuan di dunia maya, mulai dari toko online hingga penawaran bisnis online. Tapi menurut saya yang paling memprihatinkan itu adalah penipuan berkedok bisnis online. Sudah banyak orang yang terjebak di dalamnya tapi tidak menyadari apa yang sedang terjadi. Bahkan ketika diingatkan, si korban malah tetap yakin bahwa bisnis ‘cepat kaya’ yang sedang dijalankannya bukanlah SCAM.

Bagi teman-teman yang ingin memulai bisnis online, sebaiknya Anda lebih kritis dalam membaca sebuah sales letter. Bahasa marketing seringkali menghanyutkan dan bisa mempengaruhi emosi sehingga kita terjerumus dalam bisnis online yang tidak jelas dan merugikan. Sebaiknya kita pelajari dulu bisnis apa yang ditawarkan oleh seseorang, jangan mudah terpedaya dengan iming-iming penghasilan besar dengan cepat dari bisnis online yang Anda sendiri bahkan belum mengerti.

Apa Ciri-Ciri Bisnis Online Penipuan

Penipuan berkedok bisnis online bisa tersamar dengan sangat baik, bahkan orang yang sudah sering bermain internet mungkin tidak sadar bahwa dia sedang tertipu. Bagi Anda yang ingin berbisnis online dan tidak ingin terjebak dengan bisnis yang merugikan, maka Anda harus mengetahui beberapa ciri-ciri SCAM berkedok bisnis online.

1. Money Game – Produk Yang Ditawarkan Tidak Jelas

Money game adalah model bisnis yang tidak punya produk untuk dijual. Model bisnis ini biasanya disamarkan dengan sistem MLM atau Multi Level Marketing, sayangnya produk yang mau dijual sama sekali tidak ada. Untuk menjalankan bisnis money game, kita harus bersedia menginvestasikan modal dengan jumlah tertentu, dan kita hanya akan diberikan komisi jika kita merekrut member baru, tidak perlu menjual apapun. Jadi sistemnya member get member untuk mendapatkan komisi. Mereka yang join lebih dulu akan mendapatkan keuntungan besar, tapi mereka yang bergabung belakangan hanya bisa gigit jari.

Sangat berbeda dengan bisnis MLM yang sebenarnya. Bisnis MLM yang baik pasti punya produk yang ingin dipasarkan, memiliki sistem jaringan yang baik, sistem pembagian komisi yang jelas dan menguntungkan, dan lain-lain. Tentunya juga harus memiliki surat ijin usaha yang jelas.

2. Pengelolanya Tidak Jelas

Jika sebuah penawaran bisnis online tidak jelas siapa pengelolanya, sebaiknya Anda tidak usah ikut bergabung dengan bisnis tersebut. Identitas pemilik bisnis online sudah seharusnya diperlihatkan kepada orang lain atau calon member karena ini menyangkut kejujuran dari si pemilik bisnis. Identitas ini antara lain adalah nama pengelola websitenya, nama organisasinya, alamat, nomor telepon, dan informasi pendukung lainnya. Jangan pernah menerima penawaran bisnis online dari orang yang tidak jelas identitasnya, kemungkinan besar dia bisa menipu Anda.

3. Bahasa Marketing Yang Terlalu Berlebihan

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, berhati-hatilah dengan bahasa marketing dalam sebuah sales letter penawaran bisnis online. Ada banyak penawaran bisnis online yang mengklaim bahwa metode bisnis mereka akan memberikan Anda penghasilan melimpah dalam waktu singkat, hanya dengan menjalankan software, tanpa dasar pengetahuan yang baik, dan hebatnya tanpa harus kerja keras.

Mereka juga sering menambahkah testimonial dari para membernya yang mengatakan bahwa mereka semua sudah berhasil. Saya yakin testimonial ini palsu. Intinya, jika Anda sudah mulai menemukan kata-kata yang berlebihan dalam sebuah penawaran bisnis, maka sudah sepatutnya Anda berhati-hati dan lebih teliti dalam menelaah informasi yang akan Anda baca selanjutnya.

Bahasa marketing memang dibuat untuk merayu dan membujuk orang lain, itu wajar. Tapi bila sudah berlebihan dan menjanjikan kekayaan berlimpah dalam waktu singkat, tanpa dasar ilmu yang kuat, dan tanpa susah payah pula, maka Anda sebaiknya segera menutup halaman website tersebut, itu Scam!

4. Sangat Sedikit Atau Bahkan Tidak Ada Yang Merekomendasikan

Sebelum kita memutuskan untuk bergabung dalam sebuah jenis bisnis online, sebaiknya Anda mengumpulkan informasi mengenai bisnis yang akan Anda ikuti. Pertimbangkan juga untuk bertanya atau berkonsultasi pada orang yang punya pengalaman dalam bisnis internet. Rekomendasi dari mereka yang punya kompetensi di bidang bisnis online adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita perhatikan.

Jika bisnis online tersebut sangat sedikit yang merekomendasikan, atau bahkan sama sekali tidak ada yang merekomendasikan, maka jangan pernah berpikir untuk bergabung dan menjalankannya. Rekomendasi dari orang lain, apalagi mereka yang sudah berpengalaman di bisnis online, adalah sebuah sinyal apakah bisnis tersebut baik atau tidak untuk Anda jalankan.

Menjadi diri sendiri dan melakukan bisnis dengan cara sendiri memang baik, tapi belajar dari pengalaman orang lain akan sangat berguna dalam membangun bisnis online yang lebih berhasil. Saya mengutip pesan bang napi, “Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat si pelaku, tapi juga karena ada kesempatan… waspadalah, waspadalah”. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman terhindar dari penipuan berkedok bisnis online.


17 total comments on this postSubmit yours
  1. ada gak bisnis online yang benar?

    • Ada koq say bisnis online yg ga pake tipu2an. Diantaranya Oriflame dan Tupperware. Perusahaannya jelas, produknya jelas, kualitasnya juga oke banget. Yang terpenting kita mau kerja keras, mau berjuang, ulet, dan tidak putus asa. Untuk info lebih jelasnya dapat gabung di facebook aku di Mami Melvin Myn (mynatalia80@yahoo.com)

  2. Yah beginilah indonesia, yang pintar di bodohi, yang bodoh di budayakan

  3. Semua bisnis online ataupun kerja online itu adalah penipuan berantai….

  4. Mantap Pak Max…salam Kenal ,Banyak Sekali Penipuan Di Internet ,Pintar pintarlah Memilih Bisnis Yang Benar2 Resmi dan Legal ….Sukses Selalu Untuk Anda Semua

  5. harus berhati-hati nih gan

  6. Terima kasih atas artikel ini. Kami sangat concern juga akan makin banyaknya penipuan dgn berbagai modus yg merugikan masyarakat kita. Semoga informasi ini dishare dan dibaca oleh semakin banyak orang. Pak Max, kami tunggu sumbangsih tulisannya di Howmoneyindonesia.com.

  7. Bagaimana dengan iklan banner yg ada di bagian footer blog ini mas?

  8. Memang benar apa yang dibahas pada postingan ini, sebab banyak sekali penipu berkedok bisnis online, bisnis MLM atau bisnis jaringan yang tidak jelas produk dan pengelolanya.
    Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam memilih peluang bisnis baik online maupun online dan kalau mau berbisnis online yang jelas legalitasnya, bagus kwalitas produknya serta bebas dari unsur penipuan, silahkan bergabung bersama Jeunesse Global

    • Dibalik nasehat ada tersisip promosi Jeunesse … hehehe. Saya pernah dengar tentang Jeunesse, saya lihat marketing plannya tidak ada bedanya dengan MLM online yang lain, misalnya seperti Golden Life dan Oriflame.

  9. Sebaiknya kita cari dulu informasi sebanyak-banyaknya melalui google untuk memastikan apakah penawaran bisnis online yang kita minati tsb mengandung unsur penipuan atau tidak..

    • Sepakat pak Wilman. Informasi tentang bisnis tipu-tipu bisa kita lacak melalui internet.

  10. wah emg bener tu,
    apa lg sekarang banyak tuh bisnis yg gak jelas dr mana dgn pendapatan yg sebegitu besar.
    waspadaaa….

  11. Sepakat sekali.. Diawal mengenal internet saya juga tergiur dengan yg arisan berantasi, sofware dan plugin Wp yang menjanjikan hasil tanpa harus bekerja hanya “set and forget”. Tapi semaunya hanyalah SCAM.

    Ntah kenapa sampai sekarang yg moneygames ga habis-habisnya. Peraturan pemerintah belum sampai mengatur dan menindak tegas yg ginian. Padahal sdh banyak korbannya.. :(

    • Sama dengan saya dong bang Afif. Dulu pertama kali belajar cari duit di internet, selalu cari cara yang paling mudah. Dan pernah membeli produk2 di internet yang ujung-ujungnya malah merugikan saya.

      Sebenarnya peraturannya sudah dibuat pemerintah, tapi belum dilaksanakan dengan baik. Memang harus ada filter dari diri kita sendiri dalam memilih-milah informasi di internet, jangan sampai tertipu :)

  12. Saya rasa, bisnis online penjual software adalah penjual sistem bisnis yang biasa dipakai para interent marketer alias pebisnis online yaitu sistem affiliate. Kata software cuma sekedar “kata penglabuan” untuk memikat pengunjung.

    Kalau memang ada software atau sistem penghasil uang, kenapa dijual? toh sudah mendaatkan uang tanpa perlu menjual kan? tinggal jalankan software maka dapat duit.

    Kalau masih menjual software, nah tebak saja dapat duitnya darimana????

    • Good point! Kita memang harus selalu kritis ketika membaca sebuah sales letter.

4 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com