Tips Cara Membeli Aplikasi Android Berbayar dari Google Play Store

Membeli Aplikasi Android Berbayar dari Google PlayStore Tips Cara Membeli Aplikasi Android Berbayar dari Google Play StoreKecanggihan smartphone di masa kini telah menjadi salah satu bagian dari lifestyle masyarakat perkotaan kelas menengah ke atas. Tua, muda, pelajar, kalangan eksekutif dan ibu rumah tangga gemar memanfaatkan smartphone untuk berbagai kegiatan yang bersifat fun atau memperlancar kegiatan belajar atau transaksi bisnis.

Kalangan anak muda biasanya memanfaatkan smartphone sebagai fasilitas chat, bermain game, mengedit foto dan berfoto menggunakan fasilitas kamera. Sementara kalangan pekerja atau eksekutif muda kerap kali memanfaatkan smartphone untuk menunjang kelancaran kegiatan bisnis. Target pasar yang luas membuat smartphone menyediakan beragam #aplikasi seperti aplikasi pengedit foto, beragam genre game, aplikasi penanda dan pencatat ide, akses email yang mudah dan cepat, aplikasi pembuka dokumen serta aplikasi pembuat grafik statistik. Semuanya disajikan dengan bebas dan mudah untuk digunakan.

Maraknya penggunaan smartphone secara langsung tentu berdampak pada industri produk smartphone. Salah satu jenis smartphone yang tengah menjadi primadona adalah smartphone berbasis OS Android. Beragam merek lokal maupun impor seakan berlomba untuk menghadirkan smartphone #Android dengan spesifikasi hebat dan harga yang terjangkau. Ternyata tak hanya industri smartphone saja yang berlomba untuk memenangkan persaingan. Para pembuat aplikasi smartphone (yang lebih dikenal dengan sebutan developer) juga saling bersaing untuk membuat aplikasi pendukung smartphone yang unggul dan dapat menjadi trending topic.

Tentunya kita masih ingat bagaimana ketenaran Angry Bird, Moment Camera dan Flappy Bird yang merajai chart aplikasi smartphone. Keberhasilan tersebut tentu menjadi salah satu acuan untuk menciptakan aplikasi smartphone yang lebih baik lagi.

Mungkin kadang-kadang kita merasa bahwa karakteristik aplikasi Android yang kita unduh kurang dapat diandalkan. Kurangnya fitur serta sering munculnya iklan ketika kita mengoperasikan suatu aplikasi tentu kadangkala membuat rasa jengkel tersendiri. Kalau sudah begitu, mungkin para pengguna smartphone yang memiliki sedikit budget berlebih dapat membeli aplikasi Android berbayar untuk memaksimalkan performa aplikasi yang dibutuhkan. Apalagi kini #Google sudah membuka kesempatan bagi beberapa negara termasuk Indonesia untuk membeli aplikasi berbayar dengan mata uang masing-masing, salah satunya adalah rupiah.

Bagaimana cara membelinya? Jangan bingung dulu, kali ini akan saya bagikan panduan untuk membeli aplikasi Android berbayar, semoga dapat membantu rekan semua yang mungkin sedang ingin membeli sebuah aplikasi Android berbayar.

Artikel lain: Andy Rubin – Penemu Operating System Android

1. Membeli Aplikasi dengan Kartu Kredit

Kartu kredit yang men-support pembelian aplikasi Android melalui Google PlayStore biasanya adalah kartu kredit dengan tipe Visa atau Master Card. Namun kebanyakan kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank di negara kita sudah support kedua tipe kartu tersebut kog. Kita juga harus memastikan bahwa kartu kredit yang akan digunakan masih berstatus aktif.

Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi berbayar yang hendak dibeli. Klik pada harga aplikasi dan selanjutnya halaman Google Wallet akan terbuka. Setelah halaman Google Wallet terbuka, masukkan data-data yang diperlukan untuk membeli aplikasi. Data-data yang diperlukan biasanya terdiri dari nama, alamat lengkap dan nomor telepon. Semua data yang kita masukkan harus sama dengan data yang ada pada kartu kredit ya.

Jika proses entri data sudah selesai, maka kartu kredit sudah siap digunakan untuk membeli aplikasi di PlayStore. Pembelian aplikasi biasanya tidak menyertakan biaya charge lain, sehingga pembeli hanya harus membayar harga aplikasi sesuai dengan yang tertera di Play Store. Jangan lupa isi password email yang digunakan untuk Play Store, maka aplikasi berbayar segera terunduh di smartphone. Walaupun smartphone yang digunakan sudah diganti, namun dengan akun Play Store yang sama aplikasi berbayar akan tetap berstatus purchased.

2. Membeli Aplikasi dengan Menggunakan VCC (Virtual Credit Card)

Bagi para pengguna smartphone yang ingin membeli aplikasi berbayar via Android namun tidak punya kartu kredit, jangan kawatir dulu. Virtual Credit Card atau VCC dapat digunakan sebagai pengganti kartu kredit. Namun fasilitas VCC hingga saat ini hanya dapat digunakan dengan mata uang US dollar. Penggunaan VCC relatif mudah.

Pertama, pengguna smartphone harus mengisi form pada situs penyedia jasa VCC. Setelah ada konfirmasi dari pihak penyedia jasa VCC maka pengguna smartphone harus melakukan transfer uang sesuai kesepakatan. Selanjutnya situs tersebut akan mengirimkan data-data VCC via email, yakni 16 digit nomor kartu VCC, 3 digit nomor kode VCC, serta bulan dan tahun expired-nya VCC.

Masa berlaku VCC adalah satu tahun dan sebelum expired VCC dapat diisi berkali-kali. Cara isi ulangnya pun gampang, yakni dengan kembali mengisi form pada situs penyedia jasa VCC, dan setelah konfirmasi muncul maka tinggal mentransfer dana yang ingin dimasukkan ke VCC.

Selanjutnya proses pembelian aplikasi berbayar sama seperti pembelian via kartu kredit. Pengguna smartphone tinggal memasukkan data-data dan nomor VCC untuk dapat mengunduh aplikasi yang diinginkan. Mudah sekali bukan?

Baca juga: UrbanIndo luncurkan aplikasi iOS & Android bagi pencari rumah dan properti di Indonesia

Dengan membeli aplikasi berbayar maka pengguna smartphone telah membantu mengurangi tindak pembajakan perangkat lunak. Selain itu, ada pula keunggulan lainnya yakni terbebas dari iklan yang sering muncul di aplikasi gratis dan tersedianya layanan kontak untuk melakukan komplain mengenai bug atau kekurangan fitur pada aplikasi berbayar. Selamat mencoba.

Terkait: #Teknologi,


5 total comments on this postSubmit yours
  1. Katanya ada cara biar bisa beli pake kartu BNI itu detailnya bisa dipelajari di mana ya? Thanks

  2. kenapa g sistem potong pulsa aja ya? bapak2 dan ibu2 kan nggak ngerti vcc dll :(
    lagian ribet ngurus bikin alat pembayaran kek gituan e.

  3. enakan yg gratis om, but nice info :)

  4. Kalau aplikasi yang gratis juga ada kan…??

  5. Kalau sy pernah sekali pakai google wallet :)

1 pingback on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com