Tipe Postingan Facebook Yang Berpengaruh Pada Bisnis Online Anda

Postingan Facebook Yang berpengaruh Pada Bisnis Online Anda Tipe Postingan Facebook Yang Berpengaruh Pada Bisnis Online Anda

Image dari blog.getsatisfaction.com

Sebagai pebisnis yang berada di zaman modern, sudah sepatutnya kita mulai mempromosikan brand bisnis melalui media sosial. Prosedur penggunaannya yang mudah, harga yang relatif sangat terjangkau serta jangkauan target pasar yang lebih luas membuat sosial media menjadi salah satu media promosi modern yang wajib diperhitungkan keberadaannya.

Banyak sekali jenis sosial media yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi, seperti Instagram, #Twitter, Pinterest, #Youtube dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak sosial media dengan karakteristik dan keunggulan masing-masing, salah satu sosial media yang terbilang mumpuni dan menyediakan fitur-fitur lengkap adalah #Facebook.

Alasan utama mengapa Facebook bisa menjelma menjadi salah satu ladang online paling subur untuk segala keperluan adalah, hamper semua orang ada di sana. Facebook menjadi salah satu media sosial yang memiliki fitur lengkap seperti fitur chat, share, like dan comments. Apalagi bila para follower kita menggunakan tombol share untuk membagi postingan kita pada pengguna Facebook lainnya. Sudah pasti konten yang di posting tersebut akan menyebar luas dan banyak dibaca oleh pengguna Facebook yang belum menjadi follower kita.

Kedua fitur yakni like dan share bisa dibilang menjadi senjata kita untuk memperoleh kepopuleran. Bagi para pebisnis online, dua tombol tersebut juga bisa diibaratkan sebagai tombol menuju kesuksesan jika kita benar-benar bisa memaksimalkan fungsinya. Mengenai fitur like, sedikit ngulik apa sich sebenarnya yang disebut like Facebook? Ketika ada seorang pengguna Facebook atau follower brand yang memberikan like terhadap suatu posting berarti mereka menyukai dan bahkan seperti berkata “ya, saya setuju dengan ini”.

Sedangkan pada fitur share, fitur ini bisa dibilang sedikit lebih “berharga”. Kenapa? Karena share berarti turut membagikan konten yang kita posting ke pengguna Facebook lainnya yang bisa saja belum menjadi follower brand bisnis Anda. Terkadang share lebih sulit didapatkan karena perlu kreatifitas dan pengetahuan lebih untuk membuat sebuah konten yang berkualitas dan layak untuk di-share di Facebook.

Artikel lain: Mengapa kontes media sosial bisa menjadi sarana promosi online yang efektif

Pakar sosial media, Brian Carter menyatakan bahwa share merupakan suatu pernyataan bahwa seseorang menyukai konten yang ia share tersebut dan ingin membertahukannya kepada khalayak ramai. Nah sekarang terkait dengan posting atau konten yang dapat mendatangkan like dan share bagi usaha kita, ada beberapa jenis postingan Facebook yang mendapat banyak respon positif dan menciptakan interaksi yang komunikatif. Brian Carter berusaha menganalisa tren tersebut dan mendapatkan hasil sebagai berikut:

1. Kirim Postingan Kreatif dan Adaptif

Pada jenis yang posting yang satu ini, diperlukan tidak hanya kemampuan kreatifitas merangkai kata yang menarik namun juga dapat mengetahui hal hal menarik yang sedang terjadi di sekitar kita. Membuat posting berisi umpatan atau menggerutu akibat cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin mungkin sudah terlalu mainstream.

Namun apabila kita bisa memberikan sentuhan kreativitas yaitu menggabungkan kata-kata keluhan dengan potongan adegan dari sebuah film terkenal dalam sebuah image, maka hal ini akan menghasilkan sesuatu yang menarik, unik dan ingin dilihat banyak orang.

2. Postingan Berisi Pesan Kemanusiaan

Anda pasti pernah melihat beberapa posting di Facebook yang isinya mengenai hal-hal kemanusiaan, pecinta binatang atau postingan mengharukan lainnya. Jenis konten seperti ini biasanya membuat banyak pengguna Facebook tersentuh dan akhirnya menekan tombol like dan share.

Namun jangan terlalu sering memposting pesan kemanusiaan, tetap fokus pada promosi bisnis online Anda. Postingan berisi pesan kemanusiaan bisa dijadikan sebagai selingan untuk menarik perhatian lebih banyak pengguna Facebook.

3. Postingan Berisi Kata-Kata Inspiratif

Posting yang berisi berbagai ungkapan atau peribahasa yang inspiratif biasanya juga banyak di like dan di share oleh pengguna Facebook. Bahkan jumlah like dan comments yang diperoleh dapat mencapai jumlah ribuan.

Hal ini sudah banyak diterapkan oleh akun akun bisnis online sebagai materi selingan. Tidak hanya promosi, terkadang materi kata-kata inspiratif tersebut bisa membuat para follower kita makin lengket dan terus memantau akun bisnis tersebut.

4. Postingan Berisi Curhatan Singkat

“Wow, sepertinya saya perlu sepatu baru” atau “Wah saya sudah tidak punya dress keren untuk ke pesta”. Terkadang hal-hal sepele semacam ini justru memicu orang untuk memberi like atau comments pada sebuah posting-an di Facebook. Mungkin saja orang-orang tersebut merasa senasib sehingga memberi like atau comments dengan begitu semangatnya.

Selain itu banyak juga pengguna Facebook yang berusaha menggambarkan impian mereka secara nyata melalui Facebook. Misalnya membuat posting mengenai sepatu branded mahal dan membuat status “suatu saat nanti saya pasti memiliki sepatu keren ini”. Hal itu mungkin dapat menjadi suatu bentuk penyemangat dan sumber inspirasi. Dan tak jarang posting seperti ini juga mendapat banyak like dan comments dari pengguna Facebook lainnya.

Baca juga: Mengenali 3 karakter umum followers di media sosial

Namun untuk akun bisnis, materi seperti ini kurang bisa diterapkan secara langsung. Perlu tambahan kreatifitas agar jenis posting an Facebook berbentuk curhatan bisa menguntungkan bagi kita. Caranya adalah dengan menggunakan jasa akun-akun personal yang sudah populer. Biasanya hal akun tersebut biasa disebut buzzer atau influencer.


8 total comments on this postSubmit yours
  1. hahah ayoo tolong ditertibkan tulisan kombinasi hurufnya biar mudah dibaca juga, masak posting di fb pada susag dibaca zaman sekarang

  2. Sebenarnya hampir semua cara diatas efektif, asalkan ditargetkan pada orang yang tepat.

    Kadang2 kita harus sedikit curhat, karena ada sebagian dari pelanggan kita yang memiliki karakter “problem solver”. Mereka senang dan bahagia sekali ketika bisa membantu orang lain

  3. tidak hanya facebook, semua sosial media adalah cara efektif untuk media promosi.. tapi intinya memang bagaiman cara kita mengemasnya supaya orang tertarik…

  4. benar sekali….

    dilarang alay jg…hahaha

  5. mantap gan infonya
    facebook memang salah satu social media terbesar di dunia, sangat efektif di gunakan tempat share dalam menjalankan usah bisnis online kita.
    makasih banyak infonya gan

  6. facebook memang sosial media paling banyak dipakai, dan tempat untuk mengiklankan produknya

  7. Saya sependapat dengan tulisan ini.. saya suka dengan point nomor 4 yang berisi curhatan singkat. Its work gan.. txs ya :D

  8. Facebook memang sangat bermanfaat untuk media promosi..dan ditunjang website membuat calon konsumen semakin percaya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com