Super Wash Laundry ~ Peluang Usaha Laundry Kiloan

Super Wash Laundry Super Wash Laundry ~ Peluang Usaha Laundry Kiloan

Kesibukan dan rutinitas masyarakat perkotaan yang padat tentu secara langsung atau tak langsung ikut mempengaruhi gaya hidup dan kebiasaan mereka. Banyak pasangan suami istri yang memilih untuk mengejar karir dengan bekerja di kantor. Tak heran bila mereka sama-sama memiliki kesibukan pekerjaan sehingga tidak sempat untuk mengerjakan beberapa pekerjaan di rumah.

Selain itu, ada pula lajang yang tinggal sendirian dan lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Waktu senggang yang tersisa biasanya dimanfaatkan untuk bersantai atau bersosialisasi dengan kerabatnya. Kalangan masyarakat seperti inilah yang biasanya tak ingin direpotkan dengan hal-hal kecil seperti pekerjaan rumah. Mereka biasanya memilih untuk membeli makanan di restoran, membeli alat-alat pembersih yang canggih dan tidak membutuhkan banyak tenaga, serta menggunakan jasa laundry untuk mencuci dan menyetrika pakaian.

Gaya hidup seperti inilah yang kemudian menjadi ide bisnis cemerlang bagi orang-orang yang jeli memanfaatkan peluang bisnis. Saat ini banyak sekali para wiraswasta yang membuka usaha laundry kiloan untuk memfasilitasi calon pelanggan yang tak ingin repot-repot mengurus pakaian kotor mereka.

Peluang usaha laundry kiloan memang menawarkan sejumlah keunggulan bila dibandingkan dengan laundry pada umumnya. Dengan laundry kiloan, pelanggan dapat mencuci lebih banyak pakaian dengan hitungan per kilogram dan harga yang lebih terjangkau. Harga laundry sehelai pakaian pada laundry biasanya setara dengan harga per kilogram pada laundry kiloan. Tentunya kebanyakan orang lebih memilih loundry kiloan untuk sebagian besar pakaian mereka.

Artikel lain: Alternatif peluang bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai mengenai bisnis laundry kiloan, mari kita simak ulasan mengenai Super Wash Laundry, salah satu usaha laundry kiloan yang terbilang sudah cukup sukses menjalani binis tersebut.

Sejarah dan Perkembangan Super Wash Laundry

Super Wash Laundry pertama kali didirikan di kota Yogyakarta dengan nama Tiara Laundry pada tahun 2004 oleh seorang wirausahawan bernama Virdiansyah. Kota Yogyakarta memang dikenal sebagai tempat lahirnya usaha laundry dengan sistem kiloan. Maklum saja karena di kota ini banyak terdapat mahasiswa yang merantau dan tinggal di tempat kost atau rumah kontrakan. Kebiasaan mahasiswa yang malas mengurus pakaian kotor tentu menjadi salah satu #peluang usaha yang dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang jeli mengamati adanya peluang bisnis, termasuk oleh Tiara Laundry.

Berbekal kepercayaan dari banyak pelanggan dan perkembangannya yang pesat, akhirnya pada tahun 2007 usaha laundry tersebut dikembangkan dengan brand baru bernama Super Wash Laundry and Dry Clean. Sejak tahun 2009, Virdiansyah selaku pendiri dan presiden direktur Super Wash Laundry (Edria Mita Internasional) berhasil membawa Super Wash laundry ke jenjang kesuksesan yang lebih tinggi dan mulai melebarkan sayap dengan sistem franchise.

Hingga awal tahun 2014 ini, Super Wash Laundry sudah memiliki 135 gerai franchise yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Dengan visi menjadi low cost franchise laundry ternama dan terkemuka di Asia, Super Wash Laundry menetapkan short term target yakni memiliki 500 cabang franchise pada tahun 2015. Hal ini berusaha diwujudkan oleh Super Wash Laundry dengan menawarkan beragam paket franchise dengan harga terjangkau, memberikan kualitas pelayanan yang terbaik bagi franchise dan pelanggan serta mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh pihak yang terlibat dalam mata rantai pelayanan Super Wash Laundry.

Sistem Kerja Sama yang Ditawarkan Super Wash Laundry

Sebagai brand yang terus berkembang dan melakukan perbaikan kualitas secara berkesinambungan, Super Wash Laundry menawarkan beragam sistem kerja sama bagi pihak-pihak yang ingin menjalankan usaha laundry kiloan. Sistem kerja sama ini tentunya berada dibawah bimbingan dan pengawasan langsung dari Super Wash Laundry agar pelayanan yang diberikan para mitra franchise kepada pelanggan laundry selalu terjaga kualitasnya. Berikut ini adalah tiga sistem kerja sama yang ditawarkan oleh Super Wash Laundry:

1. Sistem Swakelola

Sistem ini cocok bagi para mitra franchise yang tak banyak memiliki waktu luang namun ingin mulai merintis bisnis laundry kiloan. Sistem ini memungkinkan mitra franchise menjadi investor laundry, sementara pengelolaan kegiatan bisnis secara keseluruhan akan dikendalikan dan diawasi oleh pusat (disebut sistem auto pilot). Sistem ini akan memberikan pembagian hasil antara investor dengan pengelola. Terdapat paket gold dan paket silver yang perbedaannya terletak pada minimal kapasitas produksi dan payback period.

2. Sistem Franchise

Pada sistem kerja sama ini, mitra franchise akan memiliki posisi sebagai business owner dan mengelola workshop secara langsung dibawah naungan brand Super Wash Laundry. Sistem franchise mewajibkan business owner untuk melakukan penyetoran royalti ke pusat setiap bulan. Sistem franchise menawarkan dua jenis paket yakni paket VVIP dan paket premium.

3. Sistem Business Opportunity

Sistem business opportunity merupakan sistem kerja sama non franchise dimana pebisnis akan menggunakan sistem Super Wash (sistem pencucian, strategi pemasaran, management, dl) namun tidak mengusung brand Super Wash Laundry. Sistem ini dapat memaksimalkan payback period dalam waktu 9 bulan dan tidak dikenakan support fee dan kerja sama fee. Seluruh keuntungan yang diperoleh akan menjadi milik mitra Super Wash Laundry.

Mengenai peluang keberhasilan usaha waralaba laundry, menurut penulis potensinya masih cukup menjanjikan. Dengan pola hidup masyarakat yang makin syarat dengan aktifitas harian yang menyita waktu, nampaknya usaha yang satu ini masih cukup bagus untuk dijalankan. Yang terpenting adalah mengenai lokasi usaha, pasalnya menurut penulis hal tersebutlah yang paling penting dan menunjang usaha anda nantinya.

Baca juga: Peluang usaha rumahan dengan modal kecil

Bagi anda yang mungkin tertarik untuk menjadi mitra bisnis dari Super Wash Laundry, silahkan menghubungi pengembangnya:

PT. Edria Mita Internasional

  • Alamat : Jl. Raya Tajem No. 20, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55282
  • Telepon : 0812 1901 8338, 0857 4795 3000
  • Fax : (0274) 4462 469
  • Website : Franchiselaundry.com

Kesuksesan Super Wash Laundry sebagai salah satu brand laundry kiloan tentu dapat menjadi inspirasi untuk menjalankan bisnis yang serupa. Pilihan untuk merintis bisnis laundry sendiri atau mencoba sistem franchise yang ditawarkan oleh Super Wash Laundry menjadi pilihan independen bagi para pelaku bisnis. Semoga bermanfaat dan selamat berwirausaha icon smile Super Wash Laundry ~ Peluang Usaha Laundry Kiloan


1 comment on this postSubmit yours
  1. semoga bisa menjadi bisnis hebat

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com