Situs Job Listing ~ Era Baru Media Online Pencari Kerja

Situs Job Listing Situs Job Listing ~ Era Baru Media Online Pencari Kerja

Dalam satu dasawarsa terakhir, perkembangan dunia teknologi informasi mengalamai perkembangan yang sangat pesat. Hal ini membuat adanya pergeseran pada industri komunikasi sehingga berakibat pada terjadinya konvergensi media, yakni penggabungan antara media massa yang bersifat konvensional dan teknologi komunikasi yang berbasis internet itu sendiri.

Salah satu perkembangannya adalah makin banyak situs job listing atau situs bagi pencari kerja/ lowongan kerja lewat internet. Selain memudahkan para pencari kerja, nyatanya situs semacam ini juga menjadi budaya industri baru yang jauh lebih menguntungkan bagi perusahaan atau penyedia pekerjaan.

Perkembangan Media Job Listing

Saat ini bukti nyata yang nampak  jelas terlihat adalah sebagian besar media cetak di Indonesia telah memiliki portal online dengan konten berita yang kurang lebih sama dengan versi konvensionalnya. Bahkan portal berita online kerap kali mampu menyajikan berita yang lebih aktual.

Perkembangan teknologi informasi sejatinya juga merupakan sarana aktualisasi bagi seseorang, baik secara pribadi maupun kelompok untuk memperkenalkan diri agar dikenal masyarakat luas. Siapa yang tidak mengenal jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter yang tengah digandrungi terutama oleh kalangan pemuda?

Kondisi ini, agaknya dijadikan peluang oleh pihak industri untuk menemukan faktor produksi penting selain modal dan bahan baku, yakni tenaga kerja. Oleh karena itu, mulailah diciptakan situs yang menyediakan berbagai informasi lowongan pekerjaan atau situs job listing atau yang biasa disebut situs Loker (lowongan kerja) dengan persyaratan jenjang pendidikan maupun vokasi atau keahlian yang beragam. Sebut saja Jobstreet.co.id dan JobsDb.com, yang dalam sehari mampu menyediakan ribuan informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Artikel lain: Profesional muda perlu mengatasi kelelahan tubuh & meningkatkan konsentrasi

Berkembangnya Konsep E-Recruitment

Berbeda dengan proses rekrutmen melalui cara konvesional, pada situs penyedia informasi lowongan pekerjaan, proses rekrutmen yang kini populer dengan sebutan E-Recruitment ini dapat meningkatkan efisiensi biaya maupun waktu. Pencari kerja atau jobseeker dapat mengirimkan berkas melamar pekerjaan soft file melalui email maupun aplikasi elektronik yang disediakan oleh situs pencari pekerjaan, selain tidak dipungut biaya alias gratis, berkas lamaran dapat dibaca dan diteliti lebih cepat oleh pihak perusahaan.

Bisa dibayangkan jika proses ini dilakukan secara konvesional, jobseeker harus mengirimkan berkas lamaran melalui pos yang notabene butuh beberapa hari agar sampai ke tempat tujuan, belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk mengirimkan berkas, silakan anda hitung sendiri. Selain efisiensi biaya dan waktu, mari kita simak beberapa keuntungan situs penyedia informasi lowongan pekerjaan dibandingkan dengan melamar pekerjaan secara konvensional, sebagai berikut:

1. Kesempatan bagi perusahaan untuk mendapatkan calon karyawan/tenaga kerja yang berkualitas, bahkan jika memungkinkan bisa melebihi kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan tertentu di perusahaan. Tidak seperti cara konvensional yang dibatasi oleh jenjang karier maupun lokasi geografis, situs pencarian kerja memiliki database yang mencakup semua jenjang karier, industri dan wilayah, sehingga memungkinkan bagi bagian personalia perusahaan memilih calon karyawan yang paling relevan.

2. Kesempatan bagi pencari kerja/jobseeker mendapatkan informasi lengkap mengenai perusahaan, mulai dari jabatan dan kualifikasi yang dibutuhkan, jam kerja, kondisi lingkungan kerja, fasilitas dan tunjangan yang didapatkan bahkan gaji yang akan didapatkan apabila diterima bekerja sebagai karyawan suatu perusahaan. Tentu hal ini tidak akan didapatkan jika melamar dengan cara konvensional bukan?

3. Perusahaan berpeluang melakukan promosi dan pencitraan. User atau pihak perusahaan dapat menampilkan profil perusahaan perusahaan dalam mengembangkan nilai untuk pencari kerja yang prospektif melalui deskripsi perusahaan yang dilampirkan sebagai informasi tambahan mengenai perusahaan.

4. Perusahaan berpeluang mendapatkan informasi penting mengenai kondisi pasar tenaga kerja dan persaingan para pencari kerja dalam memperebutkan jabatan atau posisi tertentu melalui ketersediaan data statistik di situs pencarian kerja.

5. Bagi pencari kerja yang terdaftar sebagai anggota/member situs pencari kerja, akan mendapatkan keuntungan lain, yakni pemberitahuan secara otomatis mengenai lowongan pekerjaan yang sesuai dengan jenjang pendidikan dan keahlian yang dimiliki.

Situs pencari kerja memiliki fasilitas tes bahasa asing online yang dapat digunakan oleh pencari kerja untuk mengetahui sejauh mana kemampuan berbahasa asing yang dimiliki (beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan situs pencarian kerja tertentu, bahkan mensyaratkan pelamar untuk mengikuti tes bahas asing yang tersedia seperti contohnya Odesk. Fasilitas ini tidak dipungut biaya, namun pencari kerja hanya diperbolehkan melakukan tes bahasa asing setiap tiga bulan sekali.

Seiring dengan pemanfaatan fungsi situs pencarian kerja sebagai media pendukung dalam mempertemukan permintaan dan penawaran dalam pasar tenaga kerja, satu hal yang disadari muncul sebagai akibat dari perubahan metode dan paradgima dalam proses rekrutmen maupun pencarian kerja adalah terciptanya kondisi yang semakin kompetitif, baik antar sesama pencari kerja maupun perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Baca juga: Menilik Asyiknya Jalani Profesi Backpaker

Hal ini disadari sebagai sebuah dampak positif, sehingga pihak yang terlibat senantiasa mengerahkan kemampuan terbaik guna meningkatkan kualitasnya. Namun, perlu digarisbawahi bahwa selama perusahaan dan pencari kerja mampu bersaing secara sehat, tidak akan ada  pihak yang dirugikan. Diperlukan sikap bijak dalam menyikapi bentuk persaingan yang muncul secara cerdas dan bertanggung jawab. Jadi, sudah siapkah Anda dalam bersaing di era keterbukaan teknologi informasi yang terus berkembang?

Sebagai penutup berikut ini kami sajikan video tentang bagaimana mencari lowongan pekerjaan di situs Jobstreet.co.id, semoga bermanfaat.

Tags: #Karir, #Profesional


1 comment on this postSubmit yours
  1. Inilah salah satu sisi positif perkembangan teknologi mas. Banyak keuntungan-keuntungan yang dapat kita manfaatkan dari media online, salah satunya adalah seperti yang anda sampaikan di atas. Dan jika kita bisa jeli “membaca pasar”, kitapun dapat memperoleh benefit dari itu semua, contoh saja media sosial facebook atau twitter, banyak yang memakai medsos itu untuk jualan online tanpa harus punya toko online sendiri. Sekedar info tambahan saja, ini juga salah satu manfaat dengan kemajuan teknologi yaitu tentang info sebuah perusahaan Online Travel Agent Nasional yang terpercaya untuk layanan travel maupun reservasi hotel murah di Jakarta.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com