Sheryl Sandberg ~ Petinggi Wanita Media Sosial Facebook

Sheryl Sandberg Sheryl Sandberg ~ Petinggi Wanita Media Sosial Facebook

Image dari levo.com

Kesuksesan Facebook dalam persaingan dunia sosial media saat ini memang sudah tidak diragukan lagi. Sebagai salah satu market leader yang masih bertahan, Facebook ternyata juga ditenagai oleh seorang eksekutif wanita dalam jajaran petingginya. Dengan kapasitas managerial dan juga pengetahuan dalam persaingan dunia teknologi yang mumpuni, tak pelak Mark Zunkerberg mempercayakan posisi sentral sebagai chief operating officer (COO) Facebook kepadanya.

Ialah Sheryl Sandberg, eksekutif wanita pertama yang berhasil mendapatkan jabatan tertinggi sebagai COO Facebook. Perjalanan karirnya hingga berhasil mencapai posisi seperti saat ini tentunya tidak mudah. Dedikasi yang tinggi telah ia buktikan dengan semua prestasi yang ia torehkan. Bagi anda yang ingin mengetahui sosoknya lebih dalam, berikut ini biografi dari sang petinggi wanita Facebook, Sheryl Sandberg yang semoga bisa menjadi inspirasi bagi anda.

Kisah Hidup Sheryl Sandberg

Sheryl lahir dengan nama lengkap Sheryl Kara Sandberg pada tanggal 28 Agustus 1969 di Washington DC.  Ia merupakan salah satu sosok pebisnis wanita paling inspiratif yang berasal dari Amerika. Berhasil menembus jajaran eksekutif perusahan teknologi sekelas Facebook tentunya bukan hal yang bisa dilakukan, terlebih bagi seorang wanita ditengah dominasi pria yang saat masih terlihat dibanyak perusahaan besar. Ia ditunjuk sebagai COO Facebook pada bulan Agustus 2013, setelah sebelumnya sudah digadang-gadang akan mengisi posisi tersebut sejak tahun 2012. Sebelum masuk Facebook, ia juga pernah tergabung dalam perusahaan raksasa teknologi, Google menjabat posisi yang cukup sentral juga sebagai wakil presiden divisi Global Online Sales and Operations.

Dengan semua pencapaian yang telah ia raih, pada 2012 lalu ia pernah masuk sebagai satu diantara 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah Time 100. Tidak hanya itu, ia juga telah menjadi salah satu pengusaha wanita paling kaya dengan nilai kekayaan yang mencapai US$ 1 Miliar.

Artikel lain: Cara Mengintegrasikan Blog Dengan Facebook

Biografi Singkat Sheryl Sandberg 

  • Nama Lengkap : Sheryl Kara Sandberg
  • Nama Populer : Sheryl Sandberg
  • Tempat, Tgl Lahir : Washington, 28 Agustus 1969
  • Kebangsaan : Amerika
  • Pendidikan :
  • MBA, Sekolah Bisnis Harvard, 1995
  • Bachelor, Ekonomi Universitas Harvard, 1991
  • Posisi : Chief Operating Officer (COO) Facebook
  • Sosial Media : Twitter.com/sherylsandberg

Mengenai keluarganya, Sandberg lahir dari pasangan ayahnya Joel Sandberg dan ibunya yang bernama Adele. Ia merupakan sulung dari 3 bersaudara. Keluarganya merupakan keluarga yang sangat mengutamakan pendidikan terhadap anak-anaknya, sang ayah bekerja dalam bidang kesehatan sedangkan ibunya merupakan guru bahasa Perancis di wilayah tempat tinggalnya. Sandberg tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang baik dan sangat mendukung minat dan bakatnya.

Sandberg terkenal sebagai pribadi yang rajin dan juga amat cerdas. Terbukti  ia selalu mendapatkan juara kelas ketika masih di sekolah dasar. Pada tahun 1987, dirinya masuk ke Akademi Harvard mengambil bidang ekonomi. Tak disangka, berkat talenta dan kecerdasanya, ia berhasil mendapatkan predikat sebagai lulusan terbaik summa cumlaude. Sebagai lulusan terbaik ia juga mendapatkan penghargaan John H. Williams Prize, yang merupakan penghargaan bergengsi untuk para wisudawan berprestasi Akademi Harvard. Pribadinya  yang membumi dan sangat cerdas, membuat seorang dosen yaitu Larry Summers menjadikan dirinya salah satu assiten hingga dirinya pernah masuk dan bekerja di World Bank dalam sebuah proyek di India selama satu tahun.

Setelah menamatkan program MBA nya, ia meneruskan pada jenjang Ph.d di Universitas Harvard dalam bidang minat yang sama. Dan lagi, ia kembali lulus dengan title sebagai lulusan terbaik Universitas Harvard pada tahun 1995.

Perjalanan Karir Sheryl Sandberg

Setelah lulus pada tahun 1995, ia masuk ke sebuah perusahaan keuangan McKinsey & Company sebagai konsultan management. Setelah satu tahun berselang, ia keluar dari perusahaan tersebut dan diajak oleh mantan dosennya menjadi staff kenegaraan bidang kebendaharaan, yang pada waktu itu masa kepresidenan Bill Clinton. Peran Sandberg  nyatanya tidak sedikit ketika ikut menangani masalah krisis di Asia pada waktu itu.

Pada tahun 2001, ia kembali ke ranah kooporasi dengan bergabung dalam jajaran Google. Disana ia menempati pos Global Online Sales & Operations yang membawahi pemasaran dan media periklanan Google. Di Google ia memang mendapatkan posisi yang tidak main-main. Namun dengan alasan pengembangan karir yang lebih baik, akhirnya pada tahun 2008 ia memutuskan untuk hengkang dari Google dan langsung ditarik oleh Facebook.

Pada saat itu perkembangan Facebook memang masih mulai menanjak. Dan menurut sang pendiri Facebook, Mark Zungkerberg,  Sandberg  merupakan sosok yang bisa membawa arah pandangan baru terhadap Facebook. Ia tahu bagaimana caranya “menguangkan” potensi dan nama besar yang dimiliki Facebook saat itu. Salah satu sumbangsih terbesar Sandberg adalah mengembangkan sistem periklanan mandiri milik Facebook setelah sebelumnya perusahaan sosial media tersebut hanya mengandalkan iklan dari Google saja. Hasilnya? Pendapatan Facebook pun melejit dan ia dipandang sebagai salah satu sosok suksesor dari pencapaian tersebut.

Saat ini, Sandberg masih kokoh sebagai COO Facebook dengan semua visi dan misi besarnya untuk mengembangkan Facebook. Dari semua usaha nya tersebut, Sheryl Sandberg pernah mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia versi Time, sosok berpengaruh dalam dunia internet versi majalah Business Week, dan sederat penghargaan lain dalam level dunia. Tidak hanya itu ia juga kini tercatat sebagai salah satu pengusaha wanita paling kaya di Amerika dengan total kekayaan lebih dari US$ 1 miliar yang bersumber dari gaji, saham Facebook dan juga pendapat dari perusahaan miliknya.

Baca juga: Kurang Inovasi, Facebook ‘Membajak’ Beberapa Fitur Twitter

Berikut ini sebuah video wawancara dengan Sheryl Sandberg yang bisa menjadi tambahan inspirasi bagi anda.

Wanita hebat yang mampu mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin, itulah yang terlihat dalam sosok Sheryl Sandberg. Be inspired.

Tags: #Mompreneur, #Facebook, #Media Sosial


4 total comments on this postSubmit yours
  1. Emang luar biasa sekali tante Sheryl ini.. udah pintar, berbakat, smart lagi.. benar-benar menginspirasi sekali..

  2. Mam Sheryl sangat menginspirasi… semoga kelak juga dapat mengikuti jejak beliau sbagai pengusaha wanita yang sukses.

  3. gak di pungkiri lagi tiap kesuksesan sesuatu selalu ada wanita di belakangnya, begitu juga sebaliknya yah mas

    • Pengalaman pribadi mas Rizky nih kayaknya hehehe….

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com