Peran Internet Terhadap Mudahnya Akses Beasiswa Bagi Pelajar Dan Mahasiswa

beasiswa pendidikan Peran Internet Terhadap Mudahnya Akses Beasiswa Bagi Pelajar Dan Mahasiswa

Mendapatkan beasiswa pendidikan, tentu menjadi kebanggaan tersendiri, apalagi jika dapat mengenyam pendidikan di luar negeri tanpa harus memusingkan masalah biaya. Mencari informasi beasiswa pun bisa didapatkan dari mana saja baik dari teman, media cetak, televisi, radio dan lain sebagainya.

Sayangnya, tidak setiap saat media tersebut memiliki informasi yang dibutuhkan apalagi tentang beasiswa pendidikan, sehingga akan lebih efektif dengan mendatangi dan bertanya langsung pada penyedia beasiswa seperti universitas terkait ataupun kedutaan asing yang ada di dalam negeri. Sayangnya, cara tersebut terlalu sulit karena boros waktu dan tenaga apalagi tidak semua kota di Indonesia berada dekat dengan kantor kedutaan asing.

Bayangkan saja betapa luasnya negeri kita yang terbentang dari Sabang hingga Merauke dan untuk mencari informasi beasiswa belajar di luar negeri, harus mendatangi kantor kedutaan yang sebagian besar terdapat di kota-kota besar, khususnya banyak yang berada di ibukota. Belum lagi untuk para pencari beasiswa yang tinggal di kabupaten, mereka harus menuju kota terlebih dahulu untuk mencari informasi beasiswa tersebut.

Masuknya Internet Sebagai Media Online Sosialisasi Beasiswa

Seiring waktu, kendala tersebut mulai teratasi karena di era modern dan semakin berkembangnya pengguna internet di Indonesia, mencari informasi tentang kesempatan mendapatkan beasiswa bisa lebih dipermudah. Sarana yang paling sering digunakan dalam pencarian beasiswa pendidikan melalui internet adalah search engine. Beberapa contoh search engine yang sudah familiar dikalangan pengguna internet seperti google, yahoo, bing, serta beberapa search engine lainnya, sudah menjadi teman yang selalu memberikan beragam rekomendasi beasiswa yang bisa dipilih dan dicoba oleh para pencari beasiswa. Hanya memasukan beberapa kata kunci yang relevan dengan beasiswa yang dicari, pengguna bisa memilih serta mendapatkan informasi mengenai beasiswa.

Seperti disebutkan sebelumnya pada masa belum berkembangnya internet, pencari beasiswa banyak yang mencari beasiswa dengan mendatangi kantor-kantor kedutaan asing dalam negeri. Dengan mudahnya akses internet saat ini, pencari beasiswa cukup mengunjungi situs-situs resmi kedutaan asing tersebut, sehingga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Komunikasi juga bisa dipermudah dengan adanya layanan e-mail, chatting, dan lain sebagainya. Fasilitas mailing list (milis) juga sangat membantu karena bisa berbagi informasi seputar beasiswa dengan anggota milis lainnya. Salah satu komunitas beasiswa paling aktif di Indonesia bisa kita baca di forum Kaskus.

Artikel lain: Robota Robotics School – Lembaga Pendidikan Robot Terbesar Di Indonesia

Mencari Info Beasiswa di Sosial Media

Fitur internet lain yang tak kalah pentingnya untuk mendapatkan informasi seputar beasiswa bisa didapatkan dari media sosial seperti twitter, facebook, path, dan lain-lain yang saat ini memang cukup populer di kalangan masyarakat. Sambil menikmati fitur hiburan ataupun berkomunikasi dengan teman-teman, pencari beasiswa juga bisa melihat informasi yang muncul di timeline twitter atau beranda facebook seputar beasiswa yang mungkin muncul saat itu. Sebagai rujukan, salah satu akun Twitter yang khusus menginformasikan tentang peluang beasiswa adalah @BeasiswaIndo.

Banyaknya aplikasi mobile untuk sosial media yang lebih praktis, juga memudahkan para pencari beasiswa untuk mendapatkan informasinya melalui ponsel sehingga tidak hanya menggunakan perangkat komputer, tapi hanya dengan gadget mini, informasi tersebut bisa didapat dengan cara yang lebih mudah.

Hal ini merupakan kemajuan yang pesat dan sangat efisien, baik efisiensi waktu, efisiensi uang serta efisiensi tenaga. Terlepas dari mudahnya mencari akses beasiswa, beberapa pengalaman orang lain yang pernah atau sedang mencari beasiswa, sering pula didapatkan dari internet, sehingga bisa menjadi bahan dalam persiapan pengaplikasian beasiswa ke tahap selanjutnya. Informasi seperti ini, biasanya didukung dengan adanya fasilitas blog khususnya blog pribadi.

Banyak yang menceritakan pengalamannya mulai dari pencarian informasi beasiswa pendidikan hingga pengalaman ketika mengikuti tes, bahkan ada juga yang menceritakan pengalamannya setelah lulus tes dan menjalani kehidupan sebagai pelajar yang menerima beasiswa khususnya yang sedang belajar di luar negeri.

Semakin Mudah Dengan Tips Pencarian Beasiswa

Tips seputar beasiswa, baik dalam hal bagaimana mencari informasi beasiswa melalui internet ataupun tips lainnya untuk mendukung persiapan pengajuan beasiswa juga sudah banyak tersedia di internet. Mulai dari cara menulis kata kunci yang banyak memberikan hasil di search engine, hingga tips apa saja yang harus dipersiapkan dalam pengaplikasian dan juga tes untuk mendapatkan beasiswa. Salah satunya seperti yang bisa anda dapatkan di website Beasiswabeasiswa.com. Selain itu pemerintah pun juga semakin memaksimalkan penggunaan internet sebagai media sosialisasi beasiswa. Salah satunya lewat website Dirjen Pendidikan yang secara  rutin menginformasikan beberapa beasiswa yang bisa di dapatkan oleh pelajar, mahasiswa ataupun akademisi.

Kedepannya, informasi-informasi ini bisa sangat berguna dan mempermudah para pencari beasiswa untuk mendapatkan beasiswa yang diinginkannya. Mereka tak perlu lagi susah payah mencari kemana-mana, keluar masuk kantor kedutaan ataupun mencari informasi di beberapa universitas. Cukup duduk didepan gadget seperti komputer ataupun menggunakan ponsel dengan akses internet, beragam pilihan informasi beasiswa bisa didapatkan dan jika ada yang cocok, tinggal melanjutkan prosedur pendaftaran dan melaksanakan persyaratan yang diberikan oleh pihak penyedia beasiswa.

Adanya internet, bisa membuat ruang di dunia semakin dekat. Begitupun akses masuknya informasi seperti informasi beasiswa, bisa semakin banyak dan lebih cepat didapatkan dengan cara yang tidak begitu menyulitkan.

Efisiensi semakin baik karena informasi serta komunikasi yang bisa menunjang proses mendapatkan beasiswa menjadi lebih mudah. Dengan begitu, semakin pesatnya perkembangan internet di Indonesia akan sangat berperan terhadap semakin mudahnya mencari beasiswa yang sesuai dengan keinginan para pencari beasiswa di penjuru nusantara.

Baca juga: Prof. Yohanes Surya PhD – Carikan Saya Anak Yang Paling Bodoh

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi anda, terutama anda para pelajar atau mahasiswa yang sedang mencari tawaran beasiswa. Sebagai penutup berikut kami sajikan sebuah video tentang informasi Beasiswa ITB Untuk Semua (BIUS).

Tags terkait: #Pendidikan, #Media online Indonesia


2 total comments on this postSubmit yours
  1. Owh, ternyata di twitter juga ada akun khusus untuk info beasiswa seperti ini, nanti tak follow deh.

  2. salam kenal admin, karean saya tidak tahu mau manggil mbak, mas, :)

    internet di jaman sekarang ini sudah menjadi suatu kebutuhan yang amat penting yaa, mulai dari sekolah dasar hingga mahasiswa, tua, muda semua sudah menggunakan interenet. dan manfaatnya pun begitu banyak seperti hal – hal di atas, thanks informasinya :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com