Mengenal Konsep Bitcoin Mining / Penambang Bitcoin

Mengenal Konsep Bitcoin Mining Penambang Bitcoin Mengenal Konsep Bitcoin Mining / Penambang Bitcoin

Artikel sebelumnya saya sedikit membahas mengenai apakah itu Bitcoin dan seluk beluk tentang mata uang virtual baru yang kian santer diperbincangkan para pekerja dunia maya tersebut. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Bitcoin mining atau penambang Bitcoin. Nah apakah Bitcoin mining tersebut? Tetap simak artikel ini sampai habis ya.

Sedikit bergeser ke belakang, bagi anda yang belum sempat membaca artikel sebelumnya “Mengenal apa itu Bitcoin“, yang membahas tentang Bitcoin, secara singkat Bitcoin adalah sebuah mata uang virtual yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan transaksi online. Mata uang virtual yang mulai muncul beberapa tahun yang lalu tersebut ternyata memberikan sebuah peluang baru bagi para pekerja online untuk mendapatkan sumber keuntungan.

Bitcoin yang hadir dengan berbagai kelebihan serta kekurangannya tersebut, kini semakin banyak dicari banyak orang. Para pencari Bitcoin tersebutlah yang dijuluki sebagai Bitcoin miner. Tidak hanya yang sudah mengetahui seluk beluk dunia Bitcoin hingga yang baru mengetahuinya. Apakah yang dicari? Tentunya peluang mendapatkan pundi pundi rejeki dari internet.

Sekarang saya asumsikan anda sudah membaca artikel sebelumnya dan sudah mengetahui secara umum apakah Bitcoin tersebut, dan sekarang kita akan membahas mengenai Bitcoin mining. Secara sederhana Bitcoin mining adalah kegiatan seseorang untuk mendapatkan Bitcoin dengan menggunakan perangkat komputer yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur serta sistem yang dibutuhkan. Orang yang melakukan kegiatan tersebut disebut juga dengan para Bitcoin miner atau penambang bitcoin.

Ok, sebelum lebih dalam membahas tentang Bitcoin mining perlu diperhatikan bahwa artikel ini tidak akan memberikan langkah-langkah atau cara mudah untuk mendapatkan Bitcoin, namun pure menjelaskan konsep dari Bitcoin mining itu sendiri. Dikarenakan pada dasarnya melakukan Bitcoin mining adalah hal yang tidak mudah. Bahkan untuk orang yang sudah cukup mengenalnya, kegiatan tersebut membutuhkan proses serta perangkat komputer online yang tidak sederhana. Jika anda sedang mencari tips mudah dan praktis cara mendapat Bitcoin secara langsung, anda bisa mencari banyak referensi di google dengan keyword “cara mendapatkan bitcoin gratis”. Namun jika anda ingin mengenal lebih dalam dan memahami seperti apakah bitcoin mining, tidak ada salahnya untuk membaca artikel ini.

Konsep Bitcoin Mining

Bitcoin mining adalah sebuah proses penghitungan matematik yang dilakukan pada jaringan Bitcoin. Seperti yang telah diketahui, Bitcoin berjalan dalam sebuah sistem online, dan tujuan dari penghitungan matematik tersebut adalah untuk melakukan verifikasi transaksi bitcoin yang ada di Internet. Dengan melakukan verifikasi tersebut, seorang bitcoin miner akan mendapatkan sebuah celah blok baru dalam jaringan Bitcoin yang berisi sejumlah Bitcoin baru dan bisa diambil. Di situlah seorang Bitcoin miner akan mendapatkan Bitcoin untuk dirinya. Semakin banyak proses verifikasi dan pemenuan blok baru, maka bitcoin yang dapat ditambang akan semakin banyak pula. Got it?

Lalu bagaimana cara seseorang melakukan verifikasi dan menemukan blok baru dalam jaringan Bitcoin tersebut? sama seperti kita yang ingin membuka sebuah file word atau file mp3, Bitcoin mining juga bekerja dengan cara yang sama. Namun ketika kita sudah masuk jaringan bitcoin, proses yang akan dilakukan akan jauh lebih berat karena komputer diharuskan membuka data yang telah dilindungi dengan sistem keamanan yang ketat. Oleh karena itu dalam melakukan Bitcoin mining, mempunyai perangkat dengan spesifikasi tinggi merupakan sebuah kewajiban.

Beragam Tahapan Bitcoin Mining

Melihat sejarah perkembangan bitcoin mining, dulu kegiatan tersebut pertama kali dilakukan dengan mengandalkan salah satu perangkat hardware komputer yaitu CPU (Central Processing Unit). Dahulu berbekal sebuah komputer dengan CPU yang bagus, seseorang sudah bisa melakukan mining. Namun sekarang dengan sistem keaman bitcoin yang sudah ditingkatkan, sistem CPU mining sudah tidak bisa lagi diandalkan.

Berkembang lagi, berikutnya para miner menggunakan GPU (Graphical Processing Unit). Hardware yang dikenal dengan istilah populer kartu grafis tersebut memang dapat diupayakan untuk melakukan bitcoin mining. Dengan kemampuan prosesnya yang lebih kuat nyatanya sistem GPU mining jauh lebih handal dari CPU mining. Dan menurut pengalaman para miner yang pernah menggunakan sistem ini, kartu grafis ATI Radeon HD 5870 sempat dinobatkan sebagai yang terbaik untuk melakukan bitcoin mining.

Beberapa waktu terakhirnya perkembangan bitcoin mining semakin mutakhir hingga dikenal sebuah sistem yang dinamakan FPGA Mining (Field Programmable Gate Array). Secara mudahnya, ini merupakan gabungan perangkat komputer yang telah dilengkapi dengan tambahan Bitcoin mining rig. Bitcoin mining rig adalah sebuah perangkat hardware yang diciptakan sebagai pengganti fungsi CPU atau GPU yang mampu menjalankan proses pengolahan data mining bitcoin dengan lebih cepat dan maksimal. Dengan sistem gabungan tersebut, maka perangkat komputer hanya akan memiliki 1 tugas yaitu mining Bitcoin .. sama sekali tidak ada kegunaan yang lain.

Namun kekurangan dari sistem FPGA Mining  adalah tampilan perangkat yang digunakan akan sangat tidak teratur dan tidak enak dipandang mata karena penggunaan Bitcoin mining rig yang bersliweran dimana-mana. Oleh karena itu kini telah hadir teknologi perangkat penambang bitcoin yang lebih ringkas yang tetap mampu mengakomodasi keperluan mining bitcoin. Sistem tersebut adalah ASIC Mining.

ASIC Mining atau Application Specific Integrated Circuit pada dasarnya menggunakan sebuah perangkat hardware yang sudah ditanami  chip khusus yang memiliki fungsi untuk mining bitcoin. Dengan adanya teknologi ASIC Mining tersebut, tampilan perangkat para miner akan jauh lebih ringkas dan teratur. Namun tentunya tidak mudah untuk membuat sebuah perangkat ASIC Mining, sehingga tidak heran jika sebuah perangkat ASIC Mining bisa dihargai dengan nilai yang amat mahal.

Salah satu hardware ASIC Mining yang cukup terkenal dan diklaim sebagai yang terbaik ternyata berasal dari Indonesia! Pembuatnya adalah seseorang bernama Tiyo Triyanto. Ia adalah pembuat hardware Red Fury yang merupakan hardware penambang Bitcoin yang sudah terbukti kehandalannya.

Sebagai penutup berikut ini sebuah video interview dari Tiyo Triyanto tentang hardware bitcoin miner ciptaannya.

Melakukan kegitaan Bitcoin mining memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun dengan semua teknologi yang sudah ada saat ini, perkembangan kegiatan Bitcoin mining bisa dilakukan dengan lebih mudah. Meskipun Bitcoin masih belum benar-benar diterima sepenuhnya di dunia internet, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahuinya. Tertarik menjadi Bitcoin miner?

Tags terkait: #Bitcoin, #Transaksi Online


6 total comments on this postSubmit yours
  1. pak manurung,
    mohon petunjuknya dimana saya bisa dapatkan bitcoin sebab saya mau order sesuatu harus menggunakan bitcoin namun saat saya melalukan purchase bitcoin dengan credit card saat verifikasi bank tidak ditemukan indonsia (indonesia not covered) sedangkan pembelian yang saya lakukan harus menggunakan bitcoin.
    mohon petunjuknya, kalau saya bisa membeli bitcoin di indonesia sebesar yang di perlukan untuk pembelian online yang saya maksud di atas.

    ditunggu response nya lae..
    salam
    panjaitan
    batam

  2. bitcoin ya gan, denger2 mulai rame skrang. ditambah nilai tukarnya juga gede

  3. bitcoin memang luar biasa, disamping harganya mahal tetapibisa juga di didapatkan secara gratis

    thanks for sharing max

  4. bitcoin memang sangat populer sekarang ini,

    thanks infonya gan…

  5. bitcoin sekarang jadi trending ya :)

1 pingback on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com