Mengapa Kontes Media Sosial Bisa Menjadi Sarana Promosi Online Yang Efektif?

kontes media sosial Mengapa Kontes Media Sosial Bisa Menjadi Sarana Promosi Online Yang Efektif?

Seperti yang pernah saya sebutkan di dalam artikel sebelumnya, media sosial adalah salah satu media untuk promosi online yang efektif bagi sebuah bisnis. Di artikel ini saya akan sedikit membahas mengapa kontes di media sosial bisa menjadi sarana promosi online yang sangat ampuh bagi bisnis Anda. Kalau kita perhatikan trend di dunia online marketing saat ini, ada banyak sekali kontes di media sosial yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan dari berbagai industri yang menawarkan hadiah begitu besar bagi para pesertanya. Dan bagi pengguna situs media sosial, tentunya kesempatan untuk mendapatkan hadiah dari kontes tersebut adalah sesuatu yang tidak akan dilewatkan.

Bagi yang belum pernah memasarkan bisnis dengan cara membuat kontes, mungkin Anda belum bisa ‘menangkap’ apa manfaat dari kontes di media sosial ini. Sebenarnya apa kelebihan promosi melalui kontes di media sosial dibandingkan dengan promosi online lainnya, seperti iklan baris, atau program CPC yang selama ini sangat dipercaya dalam proses marketing sebuah bisnis. Sebenarnya apa tujuan kita ketika mengadakan kontes? Dampak positif seperti apa yang akan kita dapatkan dari kontes di media sosial ini? Lalu, bagaimana dengan biaya pelaksanaan kontesnya, apakah lebih murah dibanding biaya iklan lainnya?

Biarkan ahlinya yang menganalisa dan menjawab pertanyaan di atas, yang pasti bukan saya hehehe. Berikut ini adalah analisa yang saya kutip dari situs Wishpond.co.id.

1. Internet adalah sebuah revolusi media pemasaran

Internet jauh lebih efektif dibanding media informasi lainnya, seperti media cetak, radio, televisi, dan media lainnya. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di dunia, termasuk di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Menurut APJII, jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2013 ini saja sudah mencapai 82 juta orang, atau sekitar 30% dari total penduduk Indonesia.

Masih menurut APJII, jumlah pengguna internet pada tahun 2014 mendatang diprediksi akan mencapai angka 107 juta pengguna, atau meningkat sekitar 31%. Dan ini akan terus meningkat hingga mencapai 139 juta pengguna di tahun 2015, atau sekitar 50% dari total  penduduk Indonesia. Ini artinya potensi bisnis online di Indonesia masih sangat besar.

2. Dominasi hasil pencarian di mesin pencari (Google, Bing, dan Yahoo)

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh media internet adalah kemudahan dalam mencari informasi dan membeli barang atau jasa secara online. Mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo adalah situs yang sering digunakan untuk mencari informasi ini. Dan Google adalah mesin telusur yang selalu dijadikan acuan ketika mengadakan sebuah kontes SEO (Search Engine Optimization) karena penggunanya sangat banyak.

Halaman web/ blog peserta kontes SEO ini tentunya akan diindeks oleh Google. Ini adalah promosi yang sangat efektif karena semakin banyak halaman web/ blog yang mempromosikan perusahaan penyelenggara kontes tersebut, maka semakin besar kemungkinan halaman tersebut terlihat oleh pengguna mesin pencari.

Ketika seorang pengguna mesin pencari Google mengetikkan sebuah kata kunci yang berhubunga dengan kriteria kontes SEO tadi, maka halaman web/ blog yang menulis tentang produk/ usaha Anda akan terpampang di halaman utama pencarian mesin telusur tersebut. Dan ketika artikel tersebut dibaca, tentu saja informasi tentang bisnis Anda akan diketahui oleh banyak orang.

Promosi melalui platform kontes akan menjangkau lebih banyak orang dibandingkan media iklan. Bahkan jauh lebih ampuh dan tertarget dibandingkan dengan iklan di Televisi  yang biasanya tidak tertarget dan tidak memiliki konteks.

3. Jumlah pengguna media sosial dan smartphone semakin meningkat

Pertumbuhan pengguna situs media sosial di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, yaitu sebesar 51,7%. Selain itu, data yang diberikan oleh Popsurvey menyebutkan bahwa Indonesia berada pada urutan ke dua dalam hal penggunaan media sosial di seluruh dunia, dengan persentase mencapai 87,5% dari total pengguna internet.

Semakin mudahnya proses untuk mengikuti sebuah kontes media sosial dan juga meningkatnya pengguna media sosial melalui smartphone, tidak mengejutkan kalau para pengguna smartphone cenderung lebih konsumtif. Selain itu, biasanya pengguna smartphone ini suka membagikan informasi tentang kontes yang mereka ikuti kepada teman dan relasi mereka. Tentu saja proses ini akan menciptakan brand awareness yang efektif dan jauh lebih ampuh dibandingkan dengan sebuah iklan di Televisi yang sering dianggap mengganggu oleh para pemirsanya.

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh SocialMediaToday, sebagian besar orang menyebutkan bahwa postingan yang dilakukan teman-teman mereka di media sosial akan mempengaruhi mereka untuk ikut melakukan kegiatan yang ada di dalam postingan tersebut. Ini artinya sebuah komunitas yang melihat produk Anda di media sosial, kemungkinan besar akan menyebarkan informasi tersebut kepada teman-temannya.

Bagaimana Cara Mudah Kampanye di Media Sosial?

Sebenarnya saya sudah pernah menulisnya di artikel saya tentang Wishpond, silahkan dibaca. Anda pasti membutuhkan sebuah platform yang dapat mempermudah kampanye marketing di media Sosial. Platform ini bisa kita temukan di Wishpond, dimana kita bisa memanfaatkan beberapa fitur seperti kontes, Facebook Ads, Wishpond Contact Database, dan Real Time Campaign Reporting & Live Preview saat kita merancang kontes.

Cukup banyak perusahaan yang baru eksis di media sosial mengalami kesulitan dalam mengadakan sebuah kontes sehingga mereka tidak bisa mengoptimalkan media sosial, misalnya Facebook, untuk memasarkan bisnis mereka. Rendahnya jumlah fans di facebook membuat peserta kontes sangat sedikit. Untungnya Wishpond memiliki fitur integrasi dan juga Trik Jitu Menjalankan Kontes yang akan menambah visibilitas dan meningkatkan jumlah peserta kontes yang Anda jalankan.

Di Wishpond, kita bisa membuat sebuah kontes Undian dan juga kontes Vote pada tahap awal. Kedua jenis kontes ini sangat mudah untuk diikuti oleh siapa saja, bahkan bagi peserta baru sekalipun. Pengguna hanya perlu memasukkan email mereka dan mengklik tombol untuk masuk kontes. Sebagai informasi tambahan, mungkin Anda perlu membaca artikel ini:


3 total comments on this postSubmit yours
  1. perlu dicoba nih
    thank gan artikelnya sangat bermanfaat

  2. sangat perlu untuk di coba nih..
    terima kasih sharingnya gan…

  3. ga kepikiran nih gan kalo bisa di jadiin media promosi .

1 pingback on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com