Memilih Jasa SEO Indonesia – Harga Murah / Mahal Bukanlah Jaminan

jasa seo indonesia Memilih Jasa SEO Indonesia   Harga Murah / Mahal Bukanlah Jaminan

Jasa SEO Indonesia – Lagi-lagi saya menulis tentang SEO (search engine optimization). Topik ini memang sangat menarik karena sekarang ini banyak sekali orang yang mencari informasi melalui search engine seperti Google atau Bing. Meningkatnya pengguna mesin pencari membuat pemilik website berlomba-lomba agar situs mereka menjadi yang utama di halaman pencari mesin pencari untuk kata kunci tertentu, terutama mesin pencari Google. Dan salah satu langkah yang sering dilakukan oleh pebisnis untuk membuat situs mereka berada di halaman utama mesin pencari adalah dengan cara menyewa penyedia jasa SEO.

Kalau kita mengetikan kata kunci “Jasa SEO” (tanpa tanda petik) di halaman search engine Google, pasti kita akan menemukan banyak website yang menawarkan jasa optimasi posisi situs di halaman mesin pencari, terutama Google. Penyedia jasa optimasi posisi website ini bisa saja sebuah perusahaan yang fokus pada SEO atau bisa juga perorangan yang memiliki kemampuan dalam hal SEO.  Tidak perduli apakah itu sebuah perusahaan atau perorangan, yang pasti kita harus berhati-hati dan jeli dalam memilih penyedia jasa search engine optimization.

Ada banyak pemilik website yang melakukan kesalahan karena menyewa jasa optimasi website di mesin pencari dari penyedia jasa SEO yang tidak kompeten. Kesalahan tersebut mengakibatkan situs mereka ‘terlempar’ dari halaman pencarian di Google atau bahkan dihapus oleh Google dari halaman pencarian mereka karena penyedia jasa tersebut melakukan praktek optimasi yang berbahaya. Beberapa tahun yang lalu, Saya menjadi salah satu korban yang menyewa penyedia jasa SEO yang tidak kompeten yang akhirnya mengakibatkan salah satu website saya mengalami deIndex di halaman pencarian Google. Sedih memang, tapi harus dihadapi dengan lapang dada icon smile Memilih Jasa SEO Indonesia   Harga Murah / Mahal Bukanlah Jaminan

Dari pengalaman saya itu, akhirnya saya memutuskan untuk mengerjakan sendiri SEO untuk website saya. Cukup melelahkan memang, tapi jauh lebih baik daripada mengambil resiko dibanned dari search engine Google karena praktek SEO yang membahayakan situs saya sendiri. Bila Anda ingin menggunakan jasa SEO untuk situs Anda, sebaiknya lakukan sedikit riset tentang penyedia jasanya, jangan terburu-buru untuk memilih penyedia jasa optimasi mesin pencari.

Artikel terkait: Memaksimalkan SEO Sebuah Website

Berikut ini adalah tips singkat dalam memilih Jasa SEO Indonesia untuk situs bisnis Anda:

1. Anda Dapat Menemukan Situs Penyedia Jasa SEO di search engine Google

Poin 1 ini menurut saya adalah mutlak. Bagaimana mungkin kita bisa percaya pada sebuah penyedia jasa optimasi situs di mesin pencari jika ternyata website mereka sendiri tidak bisa ditemukan di mesin pencari? Yang saya maksud di sini adalah kita bisa menemukan situsnya di halaman pencarian bukan iklan yang ada di halaman pencarian, ini adalah dua hal yang berbeda.

Menurut saya situs penyedia jasa optimasi situs di mesin pencari tidak harus berada pada posisi #1 untuk keyword “Jasa SEO” tapi setidaknya website mereka berada pada halaman 1 atau halaman 2 untuk keyword tersebut. Namun, jika sebuah perusahaan SEO  baru membangun website mereka dimana dalam tim mereka terdiri dari orang-orang yang punya reputasi baik di dunia SEO dan website mereka belum berada di halaman pencarian Google, ada baiknya Anda mempertimbangkan juga jasa mereka.

2. Penyedia Jasa SEO Menawarkan Harga Yang Masuk Akal

Hati-hati dengan penyedia jasa yang menawarkan harga yang sangat murah atau sangat mahal. Harga murah bisa sangat menggoda bagi seseorang karena sudah menjadi kodrat manusia ingin mendapatkan sesuatu yang diinginkan dengan pengeluaran yang sesedikit mungkin, sebenarnya saya juga begitu LOL. Dan harga mahal bisa juga mempengaruhi pikiran seseorang, banyak orang yang berpikir “harga yang mahal, pasti kualitasnya bagus”.

Harga bukanlah patokan yang bisa diandalkan ketika kita ingin memilih penyedia jasa SEO. Karena itu, sebaiknya Anda membandingkan beberapa penyedia jasa, dan memilih perusahaan yang menawarkan harga yang masuk akal. Ukuran biaya optimasi situs di mesin pencari bisa kita perkirakan dengan melihat dari tingkat kesulitan persaingan yang ada di search engine untuk kata kunci yang Anda bidik. Sekali lagi, jangan pernah terjebak dengan judul “Jasa SEO Murah”, lebih baik sedikit mahal tapi memang benar-benar bisa diandalkan karena ini menyangkut website bisnis Anda untuk jangka waktu yang lama.

3. Perhatikan Testimonial Dari Pelanggan

Testimoni dari pelanggan sebelumnya adalah sesuatu yang perlu kita perhatikan sebelum memilih penyedia jasa SEO. Namun, ada beberapa penyedia jasa SEO yang membuat testimoni palsu di dalam situs mereka untuk mempengaruhi calon pelanggan, jangan sampai terjebak dengan bentuk testimonial seperti ini. Pastikan testimonial berasal dari orang yang nyata dan benar-benar pernah menggunakan jasa dari penyedia jasa SEO yang akan Anda sewa.

Untuk testimonial, Anda perlu memperhatikan siapa orang yang membuat testimonialnya dan bila memungkinkan Anda bisa melihat websitenya di mesin pencari untuk keyword yang dia bidik. Langkah lain yaitu dengan menghubungi si pemilik testimonial langsung untuk meminta ulasan lebih detail tentang penyedia jasa SEO yang pernah dia gunakan.

4. Penyedia Jasa SEO Bersedia Melakukan Analisa Website Yang Akan Dioptimasi

Biasanya penyedia jasa SEO memberikan layanan gratis yaitu analisa singkat tentang tingkat persaingan untuk niche atau kata kunci yang kita bidik. Pastikan bahwa si penyedia jasa yang akan Anda hire mau memberikan layanan ini agar Anda mengetahui tingkat kesulitan yang ada. Bila penyedia Jasa ternyata tidak mau memberikan analisa website Anda atau memberikan tarif tambahan maka sebaiknya Anda berpikir ulang untuk menggunakan jasa dari mereka.

Penyedia jasa SEO yang kompeten akan bersedia memberikan analisa singkat tentang website Anda dan juga tentang persaingan niche website Anda di mesin pencari secara gratis. Sebenarnya analisa singkat yang dilakukan tidak perlu terlalu mendalam dan hal ini bukanlah sesuatu yang rumit untuk dilakukan oleh seorang yang mengerti tentang SEO. Ini salah satu cara kita menilai kemampuan si penyedia jasa SEO, apakah dia mampu memberikan analisa yang profesional tentang persaingan pada niche Anda dan juga tentang kualitas SEO dari situs Anda.

5. Perhatikan Tampilan Website Penyedia Jasa SEO

Banyak orang mengatakan “jangan menilai seseorang dari tampilan luarnya”, yup … untuk banyak kasus memang kata-kata bijak itu bisa berlaku. Tapi bila kita bicara tentang sebuah jasa dari perusahaan ataupun perorangan maka tentunya dia harus bisa mempresentasikan jasanya dengan baik. Tampilan website yang profesional tentunya tidak cukup menjadi dasar penilaian kita, perhatikan juga struktur dari websitenya (penggunaan code HTML, H1, H2, meta tag, dan lain-lain).

Perhatikan juga apakah website si penyedia jasa SEO mudah diakses atau tidak. Jika websitenya sulit diakses, sering down, atau loadingnya sangat berat, tentunya ini perlu Anda pertanyakan. Orang yang mengerti tentang SEO pastinya mengerti bahwa loading website yang berat akan mempengaruhi SEO. Bagaimana mungkin penyedia jasa SEO bisa memberikan kualitas jasa yang baik pada pelanggan jika situsnya sendiri sulit diakses?

6. Jangan Pernah Terlena Dengan Janji Yang Berlebihan Dari Penyedia Jasa SEO

Saya pernah beberapa kali membaca artikel di halaman website penyedia jasa SEO dimana mereka mengatakan bahwa dengan jasa mereka website pelanggan bisa menjadi No. #1 di halaman mesin pencari Google. Lalu saya tanya, memangnya yang punya Google itu siapa? Ini adalah janji semu, jangan langsung percaya pada penyedia jasa SEO yang mengatakan bahwa mereka bisa membuat situs Anda menjadi No. #1 di mesin pencari Google karena peringkat sebuah situs di mesin pencari dipengaruhi oleh banyak faktor.

Juga, jangan langsung percaya pada janji semu dari penyedia jasa SEO yang mengatakan bahwa dengan bantuan mereka situs Anda akan masuk halaman utama pencarian Google dalam tempo yang singkat. Optimasi website di mesin pencari itu adalah sebuah proses yang tidak terjadi hanya dalam satu malam, itu butuh waktu dan effort. Algoritma mesin pencari – terutama Google – selalu mengalami perubahan (update), hari ini Anda bisa berada di posisi #1 tapi bisa saja itu hanya sementara karena pesaing Anda juga melakukan optimasi pada situs mereka.

7. Pelajari Apa Yang Akan Dilakukan Penyedia Jasa SEO

Pastikan Anda bertanya pada penyedia jasa SEO bagaimana mereka akan mengoptimasi situs Anda di mesin pencari. Ini sangat penting karena website bisnis Anda sangat berharga. Mereka tidak harus menjelaskan secara detail bagaimana strategi mereka dalam melakukan optimasi, tapi paling tidak mereka bisa menjelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan agar optimasi website Anda dapat berjalan dengan maksimal.

Jika penyedia jasa SEO ternyata mengerjakan semua proses optimasinya dengan menggunakan software maka Anda harus berhati-hati. Banyak situs yang mengalami penurunan peringkat secara drastis atau bahkan deIndex di Google karena menggunakan software-software SEO dengan cara yang salah. Penggunaan software dengan cara yang salah dalam mendapatkan backlinks dapat membuat sebuah situs dianggap melakukan kegiatan SPAM, inilah yang membuat situs tersebut mengalami penurunan peringkat yang drastis atau deIndex.

8. Pastikan Penyedia Jasa SEO Memiliki Profil dan Daftar Kontak Yang Valid

Penting untuk memperhatikan keberadaan atau lokasi si penyedia jasa agar Anda bisa menghubungi mereka kapan saja. Idealnya, sebagai sebuah perusahaan jasa dibidang SEO, harusnya mereka memiliki beberapa fasilitas untuk berkomunikasi dengan pelanggan seperti alamat kantor, telepon, email, YM, BBM, skype, ataupun yang lainnya. Tidak harus semuanya, tapi paling tidak mereka bisa dihubungi melalui email, telepon, dan chating.

Menurut saya, penting juga untuk mengetahui profil tim dari penyedia jasa SEO tersebut. Jika mereka berani menunjukkan profil pribadi di situs bisnis mereka, ini berarti perusahaan itu serius dalam menjalankan bisnisnya sebagai penyedia jasa SEO. Saya tidak tahu pendapat Anda, tapi menurut saya penyedia jasa yang berusaha menutupi identitas tim mereka bukanlah perusahaan yang bisa langsung dipercaya.

Artikel ini sudah terlalu panjang, mudah-mudahan Anda tidak bosan membacanya hehehe. Delapan poin yang disebutkan di atas sangat penting untuk kita perhatikan sebelum memutuskan untuk menyewa jasa SEO dari sebuah perusahaan atau perorangan.  Harga mahal bukan berarti bagus, dan harga murah bukan berarti jelek, keputusan kita dalam memilih jasa orang lain harus didasari riset yang kita lakukan terlebih dahulu agar tidak ada penyesalan dikemudian hari. Terimakasih sudah membaca artikel saya, semoga bisa membantu icon smile Memilih Jasa SEO Indonesia   Harga Murah / Mahal Bukanlah Jaminan

Artikel terkait: Pakar SEO Indonesia


32 total comments on this postSubmit yours
  1. wah, saya jadi kepengin buat jasa seo juga nih jadinya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com