Membuat Related Post Pada Blog WordPress Dengan Plugin SEO ALRP

Membuat Related Post Membuat Related Post Pada Blog WordPress Dengan Plugin SEO ALRPMembuat related post atau artikel terkait di setiap akhir artikel blog adalah sesuatu yang sangat penting. Blog yang menunjukkan artikel terkait di setiap akhir postingannya biasanya memiliki page views yang tinggi karena pengunjung dapat mengetahui dengan mudah artikel lain yang ada di blog tersebut dan kemudian membukanya. Selain meningkatkan page views, membuat related post pada artikel juga akan memperkuat blog tersebut secara SEO karena setiap artikel saling memberikan link ke artikel lainnya di dalam blog tersebut. Oleh karena itu setiap blog – baik WordPress ataupun platform lainnya – sebaiknya membuat link related post di setiap artikel mereka.

Membuat related post bisa dengan cara manual, yaitu dengan memasukan kode tertentu di single.php tapi untuk orang yang kurang mengerti tentang coding lebih baik menggunakan plugins untuk menghindari kemungkinan terjadinya error. Untuk blog dengan platform WordPress tentu saja sangat mudah untuk membuat links related post atau artikel terkait di setiap akhir artikelnya. Ada banyak sekali plugins WordPress – baik premium ataupun gratis – yang bisa kita instal ke dalam blog dan membantu kita untuk memunculkan related post tersebut secara otomatis. Beberapa plugins yang sering digunakan untuk membuat related post adalah sebagai berikut:

Saya tidak akan membahas plugins tersebut satu persatu, tapi lebih fokus pada plugins SEO Auto Links & Related Posts karena blog maxmanroe.com menggunakan plugins ini untuk membuat related post di setiap akhir artikel secara otomatis. Plugins ini adalah hasil karya anak bangsa, yaitu mas Purwedi Kurniawan ini, sangat terkenal dan banyak digunakan oleh web/ blog berbasis WordPress. Plugins SEO ALRP yang ada pada blog maxmanroe.com adalah versi premium yang secara fungsinya menurut saya tidak jauh berbeda dengan versi gratis dan versi registered.

Untuk menginstal plugins SEO ALRP versi gratis sangat mudah, caranya sama seperti Anda menginstal plugins yang lain. Anda bisa menginstal langsung dari blog WordPress Anda dengan cara menuju link Plugins > Add New > Masukan keyword “SEO ALRP” ke kolom pencarian > lalu klik tombol search plugins. Untuk setting plugins SEO ALRP juga tidak sulit, Anda bisa membuat settingan plugins ini sesuai dengan keinginan Anda.

Kelebihan Plugins SEO ALRP Versi Premium

Walaupun secara fungsional SEO ALRP versi gratisan tidak jauh berbeda dengan SEO ALRP versi premium dan versi registered, saya tetap merekomendasikan Anda untuk menggunakan versi yang premium atau versi registerd karena versi ini memiliki beberapa kelebihan. Untuk melihat perbandingan fitur pada versi gratis, registered, dan premium, silahkan pelajari gambar di bawah ini:

seo alrp 1024x640 Membuat Related Post Pada Blog WordPress Dengan Plugin SEO ALRP

Dari gambar di atas, Anda tentu sudah bisa mengetahui apa saja kelebihan versi premium dari plugins ini. Oh ya, Anda bisa memiliki plugins SEO ALRP versi premium dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu hanya $4.97, dan plugins premium ini bisa diinstal di seluruh blog wordpress Anda.

Cara Setting Plugins SEO ALRP

Cara setting versi premium tidak jauh berbeda dengan versi gratis, bedanya adalah pada bagian slide out kita bisa menambahkan link affiliate, baik link affiliate amazon.com ataupun link affiliate lainnya. Tentu saja ini sangat cocok untuk bloger atau internet marketer yang ingin mendapatkan penghasilan dari blognya. Berikut ini cara sederhana untuk setting SEO ALRP versi premium:

1. Setelah plugins diinstal dan diaktifasi, akan muncul tombol SEO ALRP pada bagian toolbars di sebelah kiri Dashboard Anda. Langkah pertama adalah setting autolinks, silahkan klik tombol “SEO ALRP” lalu klik tombol “Auto Links”. Jika Anda ingin menggunakan auto links silahkan mencentang kotak “yes” lalu tentukan auto links tersebut berdasarkan tags atau meta keyword, atau bisa juga keduanya. Tentukan internal links per keyword/ tag, isi saja 2 atau 3, jangan terlalu banyak karena akan membuat artikel anda terlalu banyak internal link, klik save changes. Lihat gambar:

internal Membuat Related Post Pada Blog WordPress Dengan Plugin SEO ALRP

2. Mengatur Related Posts. Anda perlu mencentang kolom “yes” untuk mengaktifkan fitur related post, lalu tentukan berapa related post yang Anda inginkan di setiap akhir artikel. Tentukan related post yang muncul berdasarkan konten, tags, atau category. Yang paling penting adalah menentukan layout tampilan related post Anda. Pilihlah layout yang paling sesuai dengan themes Anda agar related post yang muncul terlihat lebih menarik, jangan lupa untuk klik save changes. Lihat gambar:

related Membuat Related Post Pada Blog WordPress Dengan Plugin SEO ALRP

3. Mengatur Slide Out. Pada bagian slide out kita dapat mengatur berapa banyak related artikel yang akan muncul, background slide out, menambahkan link affiliate amazon.com dan juga affiliate links lain. Setelah selesai, jangan lupa untuk klik save changes. Lihat gambar:

slide out Membuat Related Post Pada Blog WordPress Dengan Plugin SEO ALRP

Cukup mudah bukan? Anda bisa berkreasi dengan plugins ini agar tampilan related post Anda terlihat lebih menarik dan sesuai dengan keinginan Anda. Untuk membaca fitur plugins SEO ALRP selengkapnya, Anda bisa membacanya melalui Link ini. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu.

image: techinbits.com


25 total comments on this postSubmit yours
  1. Kebetulan saya lagi cari plugin related post yang bagus, ulasan ini sangat membantu
    Terima kasih banyak

  2. Sepertinya lebih bagus menggunakan plugin nrelate karena lebih ringan tidak membebani server. Plus nrelate ada fitur seonya juga

  3. mas, saya dah coba instal tp keterangannya selalu” An appropriate representation of the requested resource /wp/wp-admin/update.php could not be found on this server.

    Additionally, a 404 Not Found error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.”

    Penyebabnya apa ya? thanks ya mas..luar biasa infonya

  4. awal mula menggunakan plugin ini sya bingung, tp setelah ngikutin cara-cara diatas akhinya bisa juga.

    Makasih banyak ya mas.

  5. Kebetulan mas lagi mencoba platform wordpress nih, jadi utak atik informasi seputar cara membuat related post, makasih sudah memberikan solusi

  6. Aku juga pakai plugin ini, tapi tidak semua fiturnya aku aktifin.

  7. paling bagus yg mana
    alpr ya

  8. terima kasih, salam kenal dan salam silaturahim semoga sukses selalu

  9. akhirnya nemu juga nih plugin. heheh thanks gan ane langsung pasang :D

  10. Terima kasih informasinya, sangat membantu bagi pemula di wordspress seperti saya. hehehe
    salam sukses untuk semua….

  11. Penjelasanya… deail banget om….

    Ternyata plug in buat related post banyak jg ya…

    Mksh atas pnjelasannya…..

  12. ane pake plugin yang di bahas oleh akang,, di close oleh hosting,, berat katanya

    • Ah masa di close? Mungkin karena settingannya mas, jangan pake auto tags, biasanya ini bikin server berat

      • oh gitu ya kang.. makasih banyak kang sarannya.. kalau gitu ane mau pasang lagi kang.. ane cabuut aja kode HTML nya untuk related post nyaaaa

  13. Tengkiuh atas infonyaa…

    sangat membantu buat newbie sperty zaya..:D

  14. Thanks sharenya… udah berhasil ane aplikasikan di blog ane :-)
    Mantab!

  15. saya juga menggunakan SEO ALRP mas.. tp blm premium

    masih registered version :D

    • Yang premium lebih ringan mas, dan fiturnya sedikit lebih banyak… murah kog cuma $5.

  16. Saya pakai plugin Zemanta, cukup nyaman sih..

  17. Inilah Blog WordPress semua serba mudah mulai dari Plugin SEO Alrp,Plugin add this,plugin lainnya.Memang dulu saya sempat menggunakan Blog WordPress self hosting dan jujur SEOnya lebih cepat dibanding blogspot. :)

    • Iya mas, WordPress itu penggunaannya jauh lebih mudah dibanding platform lainnya. Fasilitas pluginsnya yg sangat banyak bikin blog semakin bagus, baik dari segi SEO, tampilan, dan juga fungsi.

      • Maka dari itu Mas saya juga sempat di self hosting WP 1 tahun.Tapi tujuannya bukan ngeblog melainkan bongkar pasang dan mencari semua plugin dan kelebihan dari sisi WP ini Mas.

        Tapi ketika mendekati masa expired saya tidak melanjutkan Mas,hehe saat itu lagi kuliah dan butuh uang jadi samai disitulah pembelajaran di WP.

        Teringat blog WP jadi rindu nih Mas mau pindah ke WP :)

  18. wah.. Ane pengguna blogspot hehe.. Tapi tambah tambah informasi aja nih..

    • Mang Mlebet mah jagonya Blogspot hehehe, thanks dah mampir mang :lol:

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com