Memanfaatkan Google Plus (g+) untuk Mendukung Kelancaran Bisnis

Memanfaatkan Google Plus Memanfaatkan Google Plus (g+) untuk Mendukung Kelancaran Bisnis

Image dari fundforumasia.com

Era teknologi yang senantiasa berkembang pesat selalu menyajikan produk-produk ter-update yang mempermudah manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Penemuan yang boleh dibilang mutakhir salah satunya adalah robot yang dapat membantu berbagai pekerjaan rumah tangga. Penemuan lainnya yang terasa lebih dekat dan useful bagi manusia adalah smartphone.

Penggunaan smartphone dengan beragam fitur social media di dalamnya memang memudahkan manusia untuk terhubung dengan kawan lama atau rekan kerja, bahkan juga menjadi sarana untuk melampiaskan perasaan melalui sepenggal kalimat status atau sebuah file foto. Social media yang akrab dengan para pengguna smartphone pun diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis.

Ada developer yang menyajikan social media khusus untuk mengunggah foto, ada pula #media sosial yang diciptakan agar para penggunanya dapat menginput rekam jejak aktivitasnya setiap hari. Dan salah satu social media yang menyediakan banyak fitur canggih bagi para penggunanya adalah Google Plus.

Salah satu pengembangan yang dilakukan Google Plus adalah fitur canggih di bidang fotografi. Fitur fotografi tersebut memungkinkan pengguna Google plus untuk menghapus bagian tertentu dari sebuah foto, membuat format GIF dari sebuah kumpulan foto serta membuat film pendek lengkap dengan penambahan musik dan foto yang diinginkan.

Meski data menunjukkan pencapaian #Google Plus dengan fitur tersebut masih jauh dari pencapaian #Instagram dan #Facebook, namun ada fitur lainnya di Google Plus yang dapat membantu pengguna dari kalangan pebisnis. Dan saya yakin sebenarnya jika mampu memanfaatkan dengan baik, Google Plus bisa kog jadi salah satu senjata online marketing yang mantab punya.

Fitur yang bakal kita bincangkan tersebut adalah fitur Local. Fitur ini memungkinkan para pengguna Google Plus untuk melakukan rekomendasi mengenai tempat-tempat populer yang pernah dikunjungi. Penggunaannya pun cukup mudah, tinggal mengklik menu Local pada Google+, maka fitur ini sudah dapat diakses dengan cepat dan mudah. Memanfaatkan fitur lokas dengan baik tentu akan menjadi sarana promosi yang menunjang kelancaran bisnis.

Artikel lain: Tentang Author Rank, SEO dan Google Plus ~ Mengapa Mereka Penting?

Mengapa fitur lokal dapat menunjang kelancaran bisnis? Mari kita simak beberapa benefit yang bisa diperoleh dari penggunaan fitur Local pada Google+ :

Lokasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah Ditemukan

Google Plus akan meminta input berupa alamat lokasi bisnis ketika si pemilik bisnis melakukan registrasi. Selanjutnya alamat bisnis ini akan ditampilkan pada Google Maps. Dengan ditambahkannya lokasi bisnis kita pada Google Maps, hal ini akan mempermudah para pengguna smartphone yang mengakses Google Maps untuk mendapatkan rekomendasi tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Sehingga pengguna smartphone kemungkinan besar dapat mengunjungi lokasi bisnis yang letaknya dekat dan strategis berdasarkan pencarian di Google Maps.

Membuat Rekomendasi Bisnis yang dapat Dipercaya Calon Pengunjung

Para pengguna internet cenderung melakukan berbagai rekomendasi mengenai suatu bisnis sebelum akhirnya memutuskan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Ulasan bisnis yang menarik melalui website bisnis pribadi atau pun tulisan review di website lain adalah ide yang bagus.

Selain itu, penambahan navigasi lokasi melalui fitur Local yang terintegrasi dengan Google Maps  juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan dari si calon pelanggan. Bila tempat bisnis kita mendapatkan banyak share rekomendasi dari pengguna Google Plus maka informasi mengenai tempat bisnis kita dapat menyebar secara lebih cepat dan luas.

Memantau Rekomendasi untuk Mengetahui Keinginan Pengunjung

Menggunakan fitur Local pada Google Plus akan membantu kita untuk mengetahui rekomendasi apa saja yang telah ditulis pengunjung mengenai bisnis kita. Pengunjung yang telah menyempatkan diri untuk pergi ke lokasi bisnis kita mungkin akan merasa lebih lepas dan bebas untuk menulis rekomendasinya di Local Google Plus.

Hal inilah yang bisa menjadi acuan kita untuk meningkatkan kualitas bisnis. Kita dapat mempelajari hal apa yang diharapkan pengunjung dari tempat bisnis kita untuk selanjutnya melakukan improve berkelanjutan untuk memenuhi ekspektasi pengunjung.

Berbagi Foto Lokasi Bisnis untuk Menarik Calon Pengunjung Lain

Lokasi yang strategis dengan suasana dan pemandangan yang menarik dapat menjadi salah satu media promosi bagi tempat bisnis. Melalui Local Google Plus, kita juga dapat memamerkan foto-foto tempat bisnis kita. Karena selain rekomendasi berupa tulisan, Google Plus juga menyediakan fitur Snapshot yang memungkinkan para pengunjung tempat bisnis kita untuk melakukan sharing foto yang pernah mereka ambil. Hal ini tentu menjadi suatu bentuk promosi yang efektif, mengingat bahwa aktivitas share foto-foto kuliner atau lokasi menarik telah menjadi saalah satu budaya sosial di masyarakat.

Mencari Tahu Tingkat Kepuasan Pengunjung terhadap Bisnis Kita

Fitur Local pada Google Plus menyediakan sistem scoring bagi suatu lokasi. Semakin banyak dan bagus rate yang diberikan pengguna Google Plus yang pernah mengunjungi bisnis kita, maka akan semakin tinggi pula score bisnis kita di Local Google Plus. Hal ini tentu akan menarik perhatian calon pengunjung lainnya untuk berkunjung ke tempat bisnis kita yang memiliki scoring tinggi.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Untuk Posting di Media Sosial?

Jadi pilihan akan kembali ke tangan kita. Akankah kita mulai memanfaatkan Google Plus dengan segala fiturnya untuk merekomendasikan bisnis kita melalui social media?


8 total comments on this postSubmit yours
  1. Share keren Gan, ternyata ada yg kelupaan ane pake, produk google satu ini. makasih2

  2. Info yang luar biasa, ternyata G+ sekarang ini sakti juga ya

    Makasih infonya

  3. memang banyak sekali manfaatnya yah gan google plus itu? dan sangat membantu bagi orang yang akan memulai bisnis online.
    thanks yah gan infonya

  4. Saya juga menggunakan google+, dan menurut saya sangat bagus untuk merekomdasikan atau share website disana

  5. Tidak ada tempat menanam backlink semudah, senyaman, secepat, seaman Google+ Page. Semoga tetap begini selamanya :)

  6. zaman sekarang ini memang teknologi ineternet sudah berperan penting dalam dunia bisnis, sampai ada bisnis online yang di gunakan. thanks mas informasinya :)

  7. saya baru tau sekarang bahwa google plus bisa dijadikan lahan untuk bisnis online saya mau coba sekarang thanks ya gan atas artikelnya yang sangat bermanfaat

  8. Saya lebih suka yang cara Forum Signature ala Angela Backlink

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com