Melihat Media Sosial Yang Bakal Melesat Di 2014

Media Sosial Yang Bakal Melesat Di 2014 Melihat Media Sosial Yang Bakal Melesat Di 2014

Tahun 2014 diramalkan akan menjadi tahunnya bagi siapa yang mau bekerja keras untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Tidak hanya bagi tiap individu, nampaknya hal ini juga akan  berlaku pada persaingan yang ada di dunia maya, salah satunya adalah dalam hal kepopuleran sosial media di mata para penggunanya.

Setelah mendominasi selama beberapa tahun belakang, Facebook memang masih akan menjadi salah satu sosial media yang bisa bertahan di tahun 2014 ini. Namun apakah kepopulerannya masih akan seterang seperti sebelumnya? Di sini siapa yang bisa memberikan apa yang dibutuhkan orang saat ini, dialah yang akan menjadi yang terdepan.

Terlebih dengan makin majunya perkembangan dunia telekomunikasi, kini pengguna perangkat genggam smartphone atau tablet juga kian menjamur. Hal tersebut memungkinkan kita lebih mudah mengakses media sosial. Dampaknya aktifitas media sosial bukan lagi hanya sebagai pengisi masa senggang namun sudah menjadi kebutuhan bahkan lahan pekerjaan bagi siapa saja yang bisa memanfaatkannya.

Kita lihat saja kini beberapa sosial media sudah memasang ancang-ancang panjang menyambut tahun kuda kayu 2014. Twitter yang mulai melebarkan sayapnya dengan menambah beberapa layanan baru, sosial media besutan Google – Google Plus yang menawarkan kelebihan sinkronisasi berbagai layanannya, hingga beberapa sosial media lain yang lebih berfokus pada layanan real time chating seperti WeChat, KakaoTalk, Line dan masih banyak lainnya. Semuanya berlomba-lomba menawarkan keunikan yang dimilikinya guna menggaet para masyarakat maya.

Artikel lain: Cara Mengintegrasikan Blog Dengan Facebook

2014, Tahunnya Social Media Photo Sharing

Namun disadari atau tidak sejak pertengahan tahun lalu, salah satu platform sosial media yang pelan tapi pasti menyodok para pesaingnya adalah sosial media photo sharing. Yup, sosial media photo sharing mulai menjadi primadona seiring makin mudahnya orang menangkap momen-momen dengan berbagai perangkat fotografinya.

Selain mudah dan simple, dengan berbagi gambar atau foto sebenarnya kita tidak hanya menunjukkan apa yang sedang kita lihat, kerjakan atau rasakan namun lebih dari itu kita bisa menyampaikan pesan di dalamnya. Hal ini menjadi salah satu nilai plus kenapa social media photo sharing makin diminati.

Tidak hanya sebagai kebutuhan personal, layanan berbagi foto kini juga mulai dilirik tangan-tangan kreatif dunia bisnis. Para enterprenuer dan korporat sudah bisa menangkap celah positif photo sharing sebagai media promosi dan perluasan bisnisnya. Dan sosial media apakah yang diramalkan akan mengambil alih tampuk sosial media terpopuler tahun ini? ialah Instagram.

Instagram Di Tahun 2014

Menurut beberapa pengamat  media social asing, Instagram memang memiliki potensi untuk makin menanjak di tahun 2014. Hal ini didorong oleh beberapa alasan yaitu:

#1. Alasan yang pertama adalah karena orang akan lebih senang mengekspresikan dirinya lewat bentuk visual. Seperti yang telah dijelaskan di atas, hal ini tidak terlepas dari makin mudahnya seseorang mengabadikan momen sehari-hari dengan perangkat mulai dari telepon genggam, kamera saku bahkan kamera profesional yang dulu masih cukup asing digunakan secara umum. Hal tersebut nyatanya menjadikan photo sharing lebih banyak dibutuhkan, dan Instagram masuk ke celah ini membawa layanan yang unik dan fungsional seperti editing foto yang mudah dan variatif.

Artikel lain: Cara menambah followers Twitter

#2. Alasan yang kedua adalah saat ini Instagram juga makin dilirik sebagai media promosi. Hal ini menunjukkan bahwa angin segar dunia bisnis pun juga sudah mulai berhembus pada Instagram. Tidak sedikit merk-merk ternama yang mulai memasang produknya di platform tersebut. Tidak hanya itu kini banyak influencer seperti media korporat hingga marketing yang telah memandang potensi dari Instagram untuk menjaring lebih banyak audiance. Hal tersebut tentunya akan membawa nama Instagram makin melambung ke depannya.

#3. Dan alasan yang terakhir adalah Instagram dirasa belum sampai pada puncak kejayaannya. Seperti Facebook di tahun 2012, atau mungkin sosial media “jadul” Friendster yang populer pada pertengahan tahun 2008 semua pasti mempunyai titik puncak popularitas dimana akan semakin banyak orang yang menjadi pengguna setia sosial media tersebut, dan bukan tidak mungkin bahwa 2014 ini adalah tahunnya Instagram berjaya. We’ll see.

Berikut ini adalah video dari Cnet tentang penggunaan Instagram dengan cara yang lebih kreatif.

Related tags: #Media Sosial, #Twitter, #Facebook


8 total comments on this postSubmit yours
  1. Iya tuh gan, Instagram sekarang udah makin banyak aja penggunannya.

    Sukses aja buat Maxmanroe.com

  2. fb dan twitter lah
    media sosial yg paling
    saya sukai

  3. tahun ini media sosial
    memang sudah membosankan

  4. sepertinya masanya whatapps. karena harga whatapps sangat mahal ketika di beli facebook

  5. 2014, jadi kudu buat insagram nih, he..

  6. Instagaram sekarang memang semakin populer, apalagi pengguna gadget da semakin menjamur. Para remaja biasanya sangat senang berbagi photo di dunia maya, ditambah lagi orang yang mempunyai bisnis melihat peluang ini. Dan gak ketinggalan para blogger. Jadi, wajar sekali kalo instagram bakal melejit!

  7. Instagram tidak akan heboh tahun ini karena orang mulai bosan dengan photo sharing. Menurut saya Vine atau sosmed video sharing malah lebih menarik.

  8. 2014 masanya instagram ye? ;)
    seperti roda yang berputar ye ;)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com