Meg Whitman ~ CEO Wanita dengan Gaji Termahal Di Dunia

Meg Whitman Meg Whitman ~ CEO Wanita dengan Gaji Termahal Di Dunia

Image dari Webnews.it

Posisi CEO atau Chief Executive Officer dalam sebuah perusahaan pada umumnya memang banyak dipegang oleh kaum pria. Hal tersebut menjadi lazim mungkin dikarenakan pria dianggap lebih bisa memimpin dibanding wanita.

Namun anggapan tersebut lambat laun kian memudar, saat ini telah banyak bermunculan para CEO wanita yang memiliki kemampuan kepemimpinan dan managerial yang sama sekali tidak kalah dengan para CEO pria. Tidak hanya dengan kemampuan nalar dan logika, mungkin yang menjadikan para CEO wanita ini lebih berhasil adalah karena mereka juga menggunakan hati dan insting yang lebih kuat dari seorang wanita.

Pada artikel tokoh kali ini, kita akan membahas tentang perjalanan hidup salah satu CEO wanita yang pernah mendapat predikat sebagai CEO wanita dengan gaji tertinggi di dunia, ialah Meg Whitman.

Kisah Hidup Meg Whitman

Lahir dengan nama asli Margaret Cushing Whitman, Meg dilahirkan pada tanggal 4 Agustus 1956. Ia dilahirkan di pinggiran kota Long Island, New York. Mengenai keluarganya, bisa dikatakan ia lahir dalam keluarga yang biasa-biasa saja. Ayahnya yang seorang wiraswasta bernama Hendricks Hallett Whitman dan ibunya bernama Margaret Whitman.

Tinggal dan besar di daerah Long Island, Meg tumbuh menjadi anak yang cukup menonjol dibandingkan teman-teman nya. Meskipun secara umum kehidupan masa kecilnya sama seperti kebanyakan anak pada umumnya, namun tidak ada yang menyangka bahwa gadis kecil tersebut nantinya akan menjadi salah satu wanita paling sukses di dunia.

Saat masih bersekolah di Cold Spring Harbor High School, ia merupakan salah satu lulusan terbaik dengan nilai yang sangat tinggi. Lalu ia melanjutkan studinya ke Princeton University. Di sana ia mengambil bidang matematika dan ilmu pengetahuan. Keputusan nya mengambil kedua jurusan tersebut adalah untuk menunjang cita-citanya sebagai dokter.

Namun selepas menamatkan studinya, ternyata jalan hidup membawa Meg ke dunia yang sama sekali berbeda, yaitu dunia bisnis eksekutif.

Artikel lain: Marissa Mayer ~ Wanita Sukses Sang CEO Yahoo!

Biografi Singkat Meg Whitman

  • Nama : Meg Whitman
  • Nama Lengkap : Margaret Cushing Whitman
  • Tempat, Tanggal Lahir : New York, 4 Agustus 1956
  • Kebangsaan : Amerika
  • Pendidikan :
  • Jurusan Matematika dan Pengetahuan Alam
  • Princeton University
  • Harvard Business School
  • Suami : Griffith Harsh IV

Perjalanan Karir Meg Whitman

Karir Meg dimulai ketika selepas menamatkan studi MBA nya di Harvard Business School, ia ditarik masuk ke perusahaan yang bergerak dalam industri hiburan Walt Disney. Dari sana nama Meg sebagai seorang CEO kian santer terdengar, hingga jalan karir Meg pun bergulir ke beberapa perusahaan besar yang bergerak dalam bidang hiburan seperti Procter & Gamble, perusahaan film animasi DreamWorks hingga perusahaan mainan Hasbro.

Kecekatan serta visinya yang maju menjadikan dirinya banyak diinginkan perusahaan-perusahaan ternama. Dan mungkin salah satu batu pijakan terbesar dalam karir Meg adalah pada waktu ia diminta untuk mengisi posisi CEO di salah satu perusahaan berkembang yang sangat populer saat itu yaitu eBay.

eBay pada waktu itu memang sedang santer  naik daun. Dengan makin berkembangnya dunia internet, eBay menjadi salah satu ladang bisnis paling subur pada masa itu. Dan dengan masuknya Meg ke dalam jajaran eksekutifnya, perkembangan eBay melesat kian tinggi.

Keuntungan yang didapatkan eBay dari sebelumnya yang hanya US$ 4 juta pertahun saja bisa naik hingga US$ 8 miliar pertahun setelah beberapa tahun ia memegang perusahaan lelang online tersebut. Karirnya di eBay jugalah yang pernah mengantarkan dirinya mendapatkan predikat sebagai CEO wanita dengan gaji tertinggi di dunia versi salah satu majalah bisnis internasional.

Setelah 10 tahun berkarya di eBay, Meg memutuskan untuk pindah keperusahaan lain. Dan tawaran yang tidak bisa ditolak diberikan oleh salah satu perusahaan komputer kenamaan HP (Hewlett-Packard). Menjadi CEO disebuah perusahaan yang sudah sangat matang seperti HP tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi seorang Meg. Namun ternyata dengan masa penyesuaian yang cukup singkat ia berhasil membawa HP ke jenjang yang lebih tinggi lagi dan siap bersaing dengan pabrikan komputer besar yang lain.

Titik ini bisa dikatakan sebagai puncak karir seorang Meg Whitman. Dengan gajinya yang mencapai US$15,36 juta pertahun menjadikan dirinya masuk ke jajaran wanita terkaya di California, Amerika Serikat. Kepopuleran nya pun makin hari kian menanjak. Prestasi luar biasa yang ia torehkan tentunya menjadi bukti bahwa wanita pun bisa berkarya lebih dari apa yang mereka bisa bayangkan.

Baca juga: Merry Riana ~ Motivator Wanita Sukses Dari Indonesia

Meg Whitman merupakan sosok yang sangat inspiratif bagi banyak wanita tidak hanya di Amerika namun juga semua wanita di seluruh dunia. Mimpi besar dan usaha besar menjadikan dirinya mampu meraih apa yang ia dapatkan saat ini. Be Inspired!

Tags terkait: #Mompreneur, #Profil


4 total comments on this postSubmit yours
  1. Gan ane juga sangat salut bang Max..memang wanita itu sebagai kunci dunia baik dan buruknya dunia tergantung baik dan buruknya moral wanita..

  2. hebat bener tuh

  3. mantaab dah bang max artikelnya..btw, artikel2 seperti ini awalnya bang max buat setelah membaca artikel dari luar atau ide nya dari mana ya?

    thanks artikelnya..

    • Artikel ini tentunya punya referensi dari sumber lain, misalnya Wikipedia dan situs lainnya mas :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com