Mario Teguh ~ Eksekutif Sekaligus Motivator Sukses Indonesia

Mario Teguh Mario Teguh ~  Eksekutif Sekaligus Motivator Sukses Indonesia

Image dari Kaskus.co.id

Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang satu ini. Pembawaannya yang santai dan pandai menyampaikan rangkaian kata-kata indah penuh motivasi. Dengan jargonnya, “Salam Super”… ialah Mario Teguh. Bersama acaranya Mario Teguh Golden Ways yang tayang di salah satu televisi nasional, nama Mario Teguh kian dikenal banyak orangebagai seorang motivator handal.

Tak banyak yang tahu asal muasal bagaimana beliau bisa terjun dan menjadi  salah satu motivator terbaik di negeri ini. Dan tahukah Anda bahwa ternyata perjalanan sang penggagas istilah Golden Ways tersebut ternyata juga tak semulus kata-katanya. Perjuangan mulai dari nol, pengorbanan, penolakan dan semua kata-kata motivasi yang pernah ia sampaikan bisa jadi merupakan intisari perjalanan hidup yang pernah dialaminya.

Bagaimanapun ia yang dulu juga pernah menjabat dalam jajaran eksekutif dunia perbankan tersebut, pastinya mempunyai cerita hidup yang menarik untuk kita ulas. Dan berikut ini Maxmanroe.com akan membahas sedikit tentang biografi Mario Teguh, yang semoga bisa menjadi informasi bermanfaat lagi inspiratif.

Perjalanan Hidup Mario Teguh

Mario Teguh lahir dengan nama asli Sis Maryono Teguh, pada tanggal 5 Maret 1956 di  kota Makasar, Sulawesi Selatan. Ia bisa dikatakan lahir dan hidup dari keluarga yang berkecukupan. Ayahnya adalah seorang tentara bernama Gozali Teguh, sedangkan ibunya bernama Siti Maria. Ayahnya sebenarnya bukan penduduk asli Sulawesi melainkan keturunan jawa dan cina yang tinggal lama dan menetap di Sulawasi setelah menikah dengan sang istri.

Banyak hal di masa kecil Mario teguh yang mungkin juga ikut membentuk karakternya hingga menjadi sosok seperti saat ini. Ia yang merupakan anak yang cukup pendiam, nyatanya mempunyai ketertarikan tersendiri dalam hal mengerti makna dan nilai dalam hidupnya. Banyak hal yang pernah ia catat dan ia renungkan. Kejadian-kejadian kecil namun menarik, hingga kejadian besar yang mengubah hidupnya. Tak pelak dari situ juga bakat menulis sang motivator tumbuh.

Artikel lain: Billy Boen, Motivator dan Pengusaha Muda Indonesia

Biografi Singkat Mario Teguh

  • Nama Asli : Sis Maryono Teguh
  • Nama Populer : Mario Teguh
  • Tempat, tanggal lahir : Makasar, 5 Maret 1956
  • Pendidikan :
  • Jurusan Arsitektur New Trier West High (setingkat SMA) di Chicago, Amerika Serikat, 1975.
  • Jurusan Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang (S1)
  • Jurusan International Business, Sophia University, Tokyo, Jepang.
  • Jurusan Operations Systems, Indiana University, Amerika Serikat, 1983 (MBA).
  • Karir :
  • BIMC sebagai Head of Manager, Zamre Ab. Wahab
  • Citibank Indonesia (1983–1986) sebagai Head of Sales
  • BSB Bank (1986–1989) sebagai Manager Business Development
  • Aspac Bank (1990–1994) sebagai Vice President Marketing & Organization Development
  • Exnal Corp Jakarta (1994–sekarang) sebagai CEO dan Senior Consultant
  • Website : www.marioteguh.asia

Rekam jejak pendidikan Mario ternyata cukup menarik juga. Dimulai saat ini bersekolah di New Trier West High, sebuah sekolah kejuruan yang berada di Chicago, Amerika Serikat. Ia masuk pada tahun 1975 dan mengambil jurusan arsitektur. Pada waktu itu memang cita-cita belum terlalu nampak. Setelah itu, ia kembali ke tanah air dan meneruskan pendidikan di IKIP Malang. Disana ia mengambil jurusan yang cukup melenceng dari studi awalnya, yaitu jurusan Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Menamatkan studi S1 nya, Mario kemudian melanjutkan ke salah satu universitas yang ada di Jepang yaitu Sophia University mengambil Jurusan International Business. Disini mungkin arah cita-citanya sudah mulai terbentuk. Terbukti pada jenjang pendidikan selanjutnya ia melanjutkan pendidikan di Indiana University, Amerika Serikat mengambil jurusan Operations Systems. Saat itu ketertarikannya di dunia bisnis terlihat sudah cukup matang.

Mario Teguh menamatkan gelar MBA nya pada tahun 1983. Banyaknya bidang ilmu yang telah ia pelajari tentunya membuat makin luas juga wawasannya. Ditambah dengan berbagai culture yang ia pelajari semasa kuliah di luar negeri juga menjadi tambahan pengalaman seorang Mario Teguh. Memang tak banyak orang memilih bidang studi yang “meloncat loncat” layaknya beliau, namun ia membuktinya bahwa perjalanan panjangnya tersebut bisa menghasilkan “sesuatu” yang berharga baginya nanti.

Perjalanan Karir Mario Teguh

Setelah menamatkan pendidikanya, ia pernah masuk ke beberapa perusahaan perbankan. Pertama kali ia bekerja di perusahaan BIMC sebagai Head of Manager. Karir tersebut ia jalani ketika dirinya masih berstatus sebagai mahasiswa di Indiana University.

Setelah keluar, ia melanjutkan jenjang karirnya di Citibank Indonesia. Memulai dari bawah, nyatanya bukan hal mudah. Ia benar benar berjuang. Kehidupan yang serba pas-pasan dan juga tuntuan hidup yang berat menjadi tantangan tersendiri. Pelan tapi pasti akhirnya ia bisa meraih posisi yang cukup strategis yaitu sebagai Head of Sales.

Ada cerita menarik, ketika dirinya masih menjabat di Citibank Indonesia, ia pernah diminta untuk membuat sebuah strategi pengembangan usaha bagi perusahaannya tersebut. Namun setelah membuat dengan susah payah ternyata hasil susunannya tersebut ditolak oleh petinggi perusahaan. Namun ia mempunyai kepercayaan bahwa suatu saat, proposal yang ia susun tersebut bakal menjadi hal besar. Tak disangka pada tahun 1990, proposal tersebut diterima oleh perusahaan penerbangan nasional dan dihargai USD 115,000. Angka yang sangat besar tentunya pada waktu itu. Proposalnya tersebut kini menjadi standart pengembangan budaya dan sistem pelatihan Service Excellence yang diterapkan baik di level nasional bahkan internasional.

Ia membuktikan bahwa kita harus selalu mempercayai apa yang telah kita kerjakan. Hasil bukan tolak ukur saat Anda berkarya, namun bagaimana kita bisa mempertahankannya hingga suatu saat ini bisa menjadi hal yang besar itulah yang harus kita kejar.

Perjalanannya sebagai seorang motivator dimulai ketika ia mendirikan perusahaan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp pada tahun 1994. Perusahaan yang bergerak dalam bidang konsultan bisnis. Disana ia mulai menelurkan intisari dari semua perjalanan yang telah ia jalani selama ini. Ia mulai aktif menjadi seorang motivator dan mengisi berbagai acara seminar motivasi di berbagai tempat. Puncaknya manakala dirinya didapuk menjadi pengisi acara motivasi bertajuk Mario Teguh Golden Ways di Metro TV.

Hingga saat ini Mario Teguh masih aktif menjadi motivator dan CEO Exnal Corp. Selain itu ia juga masih menjadi penulis. Beberapa karya buku yang telah ia telurkan diantaranya Becoming a Star (2006), One Million Second Chances (2006), Life Changer (2009), dan yang terakhir Leadership Golden Ways (2009).

Baca juga: Bong Chandra ~ Motivator Sukses Termuda Di Asia

Kisah hidup yang panjang pernah ia jalani, mulai dari awal hingga mencapai kesuksesan besar kini ia kristalkan menjadi teori dan nilai nilai yang bisa ia bagikan, menjadi inspirasi dan nilai yang bermanfaat tidak hanya bagi dirinya namun juga untuk orang lain. Itulah jalan hidup seorang Mario Teguh.

Tags terkait: #Motivator, #Profil


2 total comments on this postSubmit yours
  1. patut di tiru nih gan gaya hdup pak mario teguh, semua orang pasti bisa mencapai kesuksesan asal org trsebut bersungguh-sungguh dan mempunyai keinginan yang tinggi.
    good luck gan

  2. pak mario teguh memang orang yang mampu memberikan inspirasi

2 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com