Kunjungilah Orang Tua Mu – Ini Adalah Perintah!

orang tua Kunjungilah Orang Tua Mu   Ini Adalah Perintah!

Kunjungilah orangtuamu. Ini perintah!

Petikan di atas adalah judul dari sebuah artikel yang baru saya baca di Kompas. Pada hari jumat (28/12/2012) lalu, pemerintah China mengeluarkan sebuah Amandemen yang menurut saya sangat unik dan menginspirasi saya untuk membuat artikel ini. Pemerintah China mengeluarkan amandemen yang memerintahkan agar semua warganya lebih sering mengunjungi orang tua mereka, dan jika mereka tidak melakukannya maka pemerintah China akan menyeret warganya itu ke pengadilan.

Tidak dijelaskan seberapa sering warganya harus mengunjungi orang tuanya. Namun dengan dikeluarkannya amandemen baru ini memungkinkan bagi orang tua untuk melaporkan anaknya yang tidak pernah mengunjunginya dan mentuntutnya ke “meja hijau”. Menurut artikel yang saya baca, pemerintah China mengeluarkan amandemen baru ini karena banyak sekali laporan tentang anak yang menyia-nyiakan orang tua mereka.

Artikel lain: Hidup hanya sesingkat Sakura

Perkembangan negara China yang sangat pesat ternyata membawa masalah baru pada warganya sendiri, yaitu semakin berkurangnya perhatian anak-anak kepada orang tuanya. Reformasi besar pada pasar belakangan ini ternyata membuat para pekerja lebih mengutamakan pekerjaan mereka daripada memperhatikan orang tuanya sehingga kegiatan pekerjaan mereka sepertinya memutuskan ikatan keluarga yang sudah menjadi tradisi di negara China. Mengenai hal tersebut, ada alternatif yang bisa diambil, seperti; panti jompo atau rumah pensiun bagi para orang tuan yang sudah tidak mampu hidup sendiri.

Pada awal bulan Desember 2012 lalu, ada beberapa laporan dari media setempat yang menyatakan bahwa ada seorang nenek yang berumur 90 tahun terpaksa harus tinggal di sebuah kandang babi karena orang tua itu ditinggalkan oleh anaknya. Nenek malang ini tinggal di daerah Jiangsu, sebuah provinsi yang makmur yang terletak di sebelah timur China.

Media setempat memang sering kali melaporkan tentang orang tua yang disia-siakan oleh anak mereka. Dan ada juga kisah tentang seorang orang tua yang menderita karena anak-anaknya berusaha untuk mengambil aset miliknya secara ilegal. Selain itu, dilaporkan bahwa populasi orang tua di China semakin meningkat karena semakin tingginya tingkat harapan hidup di China.

Cerita ini sangat menggugah saya, dan mungkin anda juga. Bagaimana mungkin seorang ibu atau ayah yang telah merawat, membesarkan, menyekolahkan, dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit agar anaknya berhasil tapi akhirnya ditelantarkan oleh anak-anak yang mereka sayangi. Semoga kita tidak melakukannya pada orang tua kita!

Baca juga: Kisah elang dan kalkun

Image: Kompas.com


3 total comments on this postSubmit yours
  1. memang benar kalo ada pepatah mengatakan ” belajar lah hingga ke negeri Cina”..
    Artikel Nih buktinya..

  2. Ini merupakan kepedulian negara terhadap rakyatnya yang tidak lagi mempedulikan Orangtuanya.

  3. Nice Share :)

    Saya tidak akan pernah meninggalkan orang tua sampai kapan pun.

4 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com