Kevin Rose – Pendiri Digg.com

Kevin Rose Kevin Rose   Pendiri Digg.com

Kevin Rose

Kevin Rose (Robert Kevin Rose, 21 Februari 1977) adalah seorang netpreneur muda dari Amerika yang turut membangun beberapa situs yang sangat terkenal seperti Digg.com, Revision3, Pownce, dan Milk. Kevin Rose lahir di Reading, California, Amerika serikat, dan tinggal di Oregon sebelum keluarganya akhirnya pindah ke Las Vegas, Nevada. Kevin menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Las Vegas, bersekolah di Vo-Tech High School di Las Vegas pada tahun 1992, dan kuliah di University of Nevada Las Vegas, jurusan ilmu komputer, dimana akhirnya dia keluar pada tahun 1998.

Kevin Rose kemudian terjun ke Silicon Valley dan bekerja sebagai programmer bagi perusahaan-perusahaan DotCom. Pekerjaannya tersebut akhirnya membawa Kevin menjadi seorang presenter di acara TechTV, inilah awal kepindahannya ke Los Angeles pada tahun 2003.

Pada tahun 2004, Kevin Rose memiliki ide untuk membuat situs portal berita. Rose kemudian mengambil $1000 dari tabungannya dan menyewa seorang programmer lepas dengan tarif $12 perjam untuk membuat halaman situs. Ia mendapatkan ruang server di internet dengan membayar sebesar $99 per bulan dan membeli sebuah domain untuk situs portal berita yang akan dibangunnya. Pada awalnya Kevin ingin menggunakan domain Dig.com untuk situsnya tersebut tapi tidak jadi karena domain itu sudah menjadi hak milik Disney. Akhirnya dia menggunakan nama domain Digg.com yang dia beli dari seseorang yang awalnya sudah memiliki domain tersebut, dan Kevin harus mengeluarkan uang sebesar $1200 untuk membeli domain Digg.com. Situs portal berita Digg.com resmi diluncurkan pada tanggal 5 Desember 2004.

Pada awalnya situs Digg.com adalah salah satu situs portal berita yang sangat populer dan banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia untuk mencari informasi dan berita terbaru. Namun kemudian muncul situs-situs baru yang menarik minat banyak orang bahkan pengguna Digg sendiri, contohnya adalah kemunculan situs microblog facebook dan twitter.

Kevin Rose dan tim mengaku telah melakukan beberapa kesalahan dalam mengembangkan Digg.com yang akhirnya banyak menuai kritik dari penggunanya. Situs portal berita itu tidak bisa menyaingi twitter dan facebook dalam kemudahan berbagi konten. Pada twitter dan facebook lebih mudah berbagi berita dan konten lainnya, sedangkan pada Digg dibutuhkan hingga 8 langkah hanya untuk memasukkan satu link.

Selain gagal mengimbangi perkembangan twitter dan facebook, peluncuran Digg terbaru pada pertengahan tahun 2010 justru memperburuk situasi mereka. Pada saat itu banyak member Digg.com yang akhirnya memutuskan untuk tidak menggunakan situs portal berita tersebut, yang berujung pada keputusan Kevin Rose untuk menjual Digg.com.

Situs Digg.com akhirnya di jual pada tahun 2010 lalu kepada 3 investor yaitu Betaworks, Washington Post, dan Linkedin dengan total harga USD 500 ribu, sangat jauh lebih sedikit dibandingkan dari penawaran Google pada tahun 2008 yaitu sebesar USD 200 juta.


1 comment on this postSubmit yours
  1. bagaimanapun juga beliau telah menginspirasi banyak orang. banyal yang meniru beliau. nice share

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com